Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Meyniar Albina Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2414

Keywords:

Hakikat, Manusia, Filsafat, Pendidikan Islam

Abstract

Memahami manusia adalah memahami diri sendiri. Individu lain adalah representasi dari dirinya sendiri. Akan tetapi di dalam diri setiap manusia, baik sebagai individu maupun dalam suatu komunitas, tetap mengandung misteri yang tidak dapat terungkap secara tuntas. Manusia adalah ciptaan Allah swt. yang memiliki peran strategis sebagai seorang hamba dan sekaligus khalifah di muka bumi. Manusia dilahirkan dalam keadaan suci, dalam makna sesuai fitrah. Dalam sebuah hadis shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, disebutkan bahwa setiap anak lahir dalam keadaan fitrah. Kedua orangtuanyalah yang memungkinkan ia menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Hadis ini mengisyaratkan bahwa sejak lahir, manusia sudah dibekali berbagai potensi yang disebut fitrah. Fitrah adalah suatu istilah Bahasa Arab yang berarti tabiat yang suci atau yang baik, yang khusus diciptakan Allah swt. bagi manusia sebagai potensi utama dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam. Informasi terkait dengan manusia sangat banyak disebutkan dalam Alquran sebagai referensi dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh jalan yang benar.

References

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar. 2005. Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. 2019. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita.

Aziz, Mursal dan Siti Fatimah. 2018. Sejarah Peradaban Islam: Mengambil I’tibar Pembelajaran dari Sejarah dalam Mengembangkan Potensi Pendidikan yang Berkualitas. Medan Febi UIN SU Press.

Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. 2020. Metode Pembelajaran Bata Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ.

Aziz, Mursal et.al. 2020. Ekstrakurikuler PAI. Serang: Media Madani.

Aziz, Mursal. 2020. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Darajat, Zakiah dkk., 2012. Ilmu Pendididkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daudy, Ahmad, 1986.Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Langgulung, Hasan. 1985. Pendidikan dan Peradaban Islam, cet. III. Jakarta: Pustaka al Husna.

Mushthafa Al-Maraghi, Ahmad. 1992. Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV. Toha Putra.

Noor Syam, Mohammad. 1988. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional.

Rizal, Fahrul dkk, 2009. Humanika: Meteri IAD, IBD dan ISD, Jakarta:Hijri Pustaka Utama,

Saleh, Abdurrahman Abdullah. 1990. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharto, Toto. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar Ruzz.

Suparlan, Suhartono. 2007. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz.

Wurya, Kasmiran dan Ali Syaifullah. 1982. Pengantar Ilmu Jiwa Sosial. Jakarta: Erlangga.

Zanti Arbi, Sutan. 1988. Pengantar Kepada Filsafat Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Published

10-10-2022

Citation Check