Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2414Keywords:
Hakikat, Manusia, Filsafat, Pendidikan IslamAbstract
Memahami manusia adalah memahami diri sendiri. Individu lain adalah representasi dari dirinya sendiri. Akan tetapi di dalam diri setiap manusia, baik sebagai individu maupun dalam suatu komunitas, tetap mengandung misteri yang tidak dapat terungkap secara tuntas. Manusia adalah ciptaan Allah swt. yang memiliki peran strategis sebagai seorang hamba dan sekaligus khalifah di muka bumi. Manusia dilahirkan dalam keadaan suci, dalam makna sesuai fitrah. Dalam sebuah hadis shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, disebutkan bahwa setiap anak lahir dalam keadaan fitrah. Kedua orangtuanyalah yang memungkinkan ia menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Hadis ini mengisyaratkan bahwa sejak lahir, manusia sudah dibekali berbagai potensi yang disebut fitrah. Fitrah adalah suatu istilah Bahasa Arab yang berarti tabiat yang suci atau yang baik, yang khusus diciptakan Allah swt. bagi manusia sebagai potensi utama dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam. Informasi terkait dengan manusia sangat banyak disebutkan dalam Alquran sebagai referensi dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh jalan yang benar.
References
Al-Rasyidin dan Samsul Nizar. 2005. Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. 2019. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita.
Aziz, Mursal dan Siti Fatimah. 2018. Sejarah Peradaban Islam: Mengambil I’tibar Pembelajaran dari Sejarah dalam Mengembangkan Potensi Pendidikan yang Berkualitas. Medan Febi UIN SU Press.
Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. 2020. Metode Pembelajaran Bata Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ.
Aziz, Mursal et.al. 2020. Ekstrakurikuler PAI. Serang: Media Madani.
Aziz, Mursal. 2020. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung.
Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Darajat, Zakiah dkk., 2012. Ilmu Pendididkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daudy, Ahmad, 1986.Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Langgulung, Hasan. 1985. Pendidikan dan Peradaban Islam, cet. III. Jakarta: Pustaka al Husna.
Mushthafa Al-Maraghi, Ahmad. 1992. Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV. Toha Putra.
Noor Syam, Mohammad. 1988. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional.
Rizal, Fahrul dkk, 2009. Humanika: Meteri IAD, IBD dan ISD, Jakarta:Hijri Pustaka Utama,
Saleh, Abdurrahman Abdullah. 1990. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta.
Suharto, Toto. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar Ruzz.
Suparlan, Suhartono. 2007. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz.
Wurya, Kasmiran dan Ali Syaifullah. 1982. Pengantar Ilmu Jiwa Sosial. Jakarta: Erlangga.
Zanti Arbi, Sutan. 1988. Pengantar Kepada Filsafat Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).