Praktik Pembentukan Pendidikan Karakter Bangsa di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MIN 1 Minahasa)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2375Keywords:
praktik, pembentukan, pendidikan karakter, pandemi covid-19Abstract
Pendidikan karakter bangsa merupakan hal yang sangat penting diwujudkan oleh lembaga pendidikan Islam, khususnya madrasah. Dengan menggalakkan pendidikan karakter pada siswa, maka akan melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan pendidikan karakter bangsa di MIN 1 Minahasa pada era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pembentukan karakter siswa di MIN 1 Minahasa dilakukan dengan sosialisasi melalui visi dan misi, integrasi pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran, pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan membudayakan pendidikan karakter di MIN 1 Minahasa.
References
Ardianto, A., Gonibala, R., Hadirman, H., & Lundeto, A. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Tradisi Katoba Pada Masyarakat Etnis Muna. Potret Pemikiran, 24(2), 86-107.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan INternalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Bolotio, R., Hadirman, H., & Musafar, M. (2021). Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra', 15(1), 32-47.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadirman, H. (2021). SINERGITAS BUDAYA DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Katoba: Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Agama, 1(1), 1-10.
Hadirman, H. (2022). Problematika Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Lembaga Pendidikan Islam di Tengah Komunitas Minoritas Muslim (Studi di MIN 1 Minahasa). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 304-315.
Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.
Koesoema, Dhoni. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Madjid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maleong, Lexi, J. (2017). Metodologi Kulaitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prasetyo, Agus dan Emusti Rivasintha. 2011. Konsep Urgensi dan Implementasi pendidikan Karakter di Sekolah. Tersedia dalam http://edukasi.kompasiana.com /2011/05/27/konsep-urgensi-danimplementasi- pendidikan-karakter-disekolah/
Reksamunandar, R. P., & Hadirman, H. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. CENDEKIA, 14(01), 27-38.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD: Konsep, Praktik, dan Strategi. Jogjakarta: Ar-Russ Media.
Wiyanti, Asri. (2015). Pembentukan Karakter Siswa di MTs Ma’aruf NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purworejo: IAIN Purworejo.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter KonSepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).