Praktik Pembentukan Pendidikan Karakter Bangsa di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MIN 1 Minahasa)

Authors

  • Mastang Ambo Baba Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia
  • Hadirman Hadirman Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia
  • Rhyan Prayuddy Reksamunandar Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2375

Keywords:

praktik, pembentukan, pendidikan karakter, pandemi covid-19

Abstract

Pendidikan karakter bangsa merupakan hal yang sangat penting diwujudkan oleh lembaga pendidikan Islam, khususnya madrasah. Dengan menggalakkan pendidikan karakter pada siswa, maka akan melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan pendidikan karakter bangsa di MIN 1 Minahasa pada era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa praktik  pembentukan karakter siswa di MIN 1 Minahasa dilakukan dengan sosialisasi melalui visi dan misi,  integrasi pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran, pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan membudayakan pendidikan karakter di MIN 1 Minahasa.

References

Ardianto, A., Gonibala, R., Hadirman, H., & Lundeto, A. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Tradisi Katoba Pada Masyarakat Etnis Muna. Potret Pemikiran, 24(2), 86-107.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan INternalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Bolotio, R., Hadirman, H., & Musafar, M. (2021). Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra', 15(1), 32-47.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hadirman, H. (2021). SINERGITAS BUDAYA DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Katoba: Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Agama, 1(1), 1-10.

Hadirman, H. (2022). Problematika Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Lembaga Pendidikan Islam di Tengah Komunitas Minoritas Muslim (Studi di MIN 1 Minahasa). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 304-315.

Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.

Koesoema, Dhoni. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Madjid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maleong, Lexi, J. (2017). Metodologi Kulaitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prasetyo, Agus dan Emusti Rivasintha. 2011. Konsep Urgensi dan Implementasi pendidikan Karakter di Sekolah. Tersedia dalam http://edukasi.kompasiana.com /2011/05/27/konsep-urgensi-danimplementasi- pendidikan-karakter-disekolah/

Reksamunandar, R. P., & Hadirman, H. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. CENDEKIA, 14(01), 27-38.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD: Konsep, Praktik, dan Strategi. Jogjakarta: Ar-Russ Media.

Wiyanti, Asri. (2015). Pembentukan Karakter Siswa di MTs Ma’aruf NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purworejo: IAIN Purworejo.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter KonSepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published

25-10-2022

Citation Check