Pelaksanaan Budaya Belajar Di Sekolah Islam Terpadu Al-Husnayain Mandailing Natal
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2362Keywords:
elaksanaan, Budaya, BelajarAbstract
Budaya belajar merupakan proses dalam menciptakan pembiasaan pada siswa, sehingga muncul kesadaran dalam melaksanaan proses dengan keinginan sendiri tanpa diperintah oleh guru, karena budaya belajar sudah tertanam pada diri siswa tersebut. Pembiasaan belajar muncul ketika sekolah membuat perencanaan dalam peningkatan mutu guru sehingga mutu belajar siswa juga akan meningkat, dimana rencana ini tertuang dalam peraturan sekolah baik akademik maupun non akademik. Sekolah Islam Terpadu Al-Husnayain sudah berhasil menerapkan peraturan dalam menciptakan kebiasaan belajar pada siswa mereka, hal ini sangat mudah dilaksanakan karena sekolah ini merupakan sekolah boarding school dan keunggulan siswa pada sains, tahfiz, dan bahasa (Arab dan Inggris). Keunggulan tersebut dapat diraih melalui pembiasaan yang ditanamkan pada diri siswa dan pelaksanaan budaya belajar tersebut terkontrol dengan baik sehingga dapat diukur sudah sampai dimana tingkat keberhasilan siswaReferences
Agus, Et.al, 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar, Sukoharjo: ANDY Yogyakarta.
Amirul Hadi, H.Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, tt
Fathullah, M. I Suhi. Mengembangkan Budaya Belajar Kreatif Untuk Mewujudkan Generasi Unggul Dalam Karya Inovatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No, 1, Desember 2014.
Hamalik, 2004. Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hedley, Brian J., And Ross H Creating an excellent school, Some New Management Techniques. London and New York: Routledge, 1989
Koentjaraningrat, 1990. Bunga Rampai: Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J. Moleong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mattew B. Miles dan A. Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.
Mesiono. Manajemen dan Organisasi. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, tt
Ranjabar, 2013. Sistem Sosial Budaya Indonesia, Bandung: Alfabeta Bandung.
Rusyan, Tabrani. 2007. Budaya Belajar Yang Baik. Jakarta: PT. Panca Anugerah Sakti.
Rusyan dan Atang Kusdinar. 1992. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsa Putra, 2013. Administrasi pendidikan, Bandung: PT. Refika Aditama.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan keempat (Jakarta: Rineka Cipta.
Syafaruddin dan Asrul, 2014. Manajemen Kepengawasan Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).