PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SWASTA BERBASIS MODERASI BERAGAMA

Authors

  • Nur Hidayah IAI AN Nur, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2361

Keywords:

Pengelolaan, Lembaga Pendidikan Islam, Moderasi Beragama

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam swasta sebagai lembaga penyelenggara kegiatan belajar mengajar dituntut untuk berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut maka lembaga pendidikan islam swasta harus di kelola secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana membutuhkan kemampuan peneliti dalam memahami masalah yang akan diteliti terutama referensi literatur terhadap berbagai fenomena empirik yang relevan. Adapun hasil penelitian ini adalah pengimplementasian pengelolaan lembaga pendidikan islam dengan menerapkan fungsi manajemen pendidikan islam (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan) secara komprehensif dan konsisten dengan menginternalisasi nilai – nilai moderasi beragama sebagai langkah strategis yang cerdas dan futuristik.

References

Ahmad Agis Mubarok dan Diaz Gandara Rustam. (2018). Islam Nusantara: Moderasi Islam di Indonesia. Journal of Islamic Studies and Humanities, Vol. 3. No. 2

Ali Mudlofir, Desain Pembelajaran INOVATIF, (Surabaya : Raja Grafindo, 2015).

Hafifidin, Didin dan Henri, Manajemen Syariah dakam Praktek, (Gema Insani, Jakarta, 2003)

Hageman, Robins, Karekteristik Organisasi Islam, 1996

Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996)

Hasibuan, M S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi Revi). (PT Bumi Aksara, Jakarta, 2016)

Hilman Hadikusuma, Adat Istiadat Daerah Lampung, (Depdikbud. Jakarta: 1977)

Imam Nafi’a, Modernisasi Kurikulum Madrasah. Tesis, (Jakarta: IAIN Syarif, 1998)

James D. Mooney, The Principles of Organizationa. 1931

Kementerian Agama RI, Moderasi Beragama ( Jakarta : Balitbang Kemenag RI, 2009)

Klaus Schawb, Revolusi Industri Keempat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019)

M. Nazir, Metode Penelitian, (Ghalia Indonesia : Jakarta,1998)

Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)

Muchlis M. Hanafi, Moderasi Islam : Menangkal Radikalisasi Berbasis Agama (jakarta : IKatan Alumni Al Azhar dan Pusat Studi Al Qur’an, 2013)

Muhammad ‘Atiyah Al Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Terjemah Bustami A. Ghani. (Jakarta: Bulan Bintang, 1975)

Muhammad Ali, Teologi Plural- Multikultural: Menghargai Kemajemukan, Menjalin Kebersamaan (Jakarta : Penerbit Buku Kompas, 2003)

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum (Jakarta: UI-Press, 1986)

St. Rodiyah, Manajemen Pendidikan : Sebuah Konsep dan Aplikasi (Jember : IAIN Jember Press, 2015, 28)

Sukatin, Budaya Organisasi STAI YASNI Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi, Jurnal IDARAH Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 2

Sulistyorini & M. Fathurrohman, Esensi Manajemen Pendidikan Islam : Pengelolaan Lembaga untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Islam (Yogyakarta : Kalimedia, 2016,)

Sumarto dan Emmi Kholilah Harahap. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam melalui Peranan Pengelolaan Pondok Pesantren. RI’AYAH vol. 4. No. 2

Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad 21, (Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama,2001),

Yedi Purwanto, dkk. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan,

Published

10-10-2022