Inovasi Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah

Authors

  • Darliana Sormin Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, Indonesia
  • Samsidar Samsidar Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Muksana Muksana Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Mira Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Maesaroh Maesaroh PIAUD UM Tasyikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2357

Keywords:

Modernization, Education, Muhammadiyah

Abstract

Muhammadiyah merupakan organisasi terbesar kedua di Indonesia, tajdid (modernisasi) merupakan salahsatu identitas Muhammadiyah. Bidang yang ditangani oleh Muhammadiyah sangat luas, salahsatunya bidang pendidikan yang merupakan program terpenting pada organisasi ini, sehingga muhammadiyah terkenal sebagai organisasi yang sukses dalam mengembangan pendidikan di Indonesia terutama perkembangan pada tingkat sekolah sampai perguruan tinggi. Muhammadiyah memiliki bidang khusus dalam mengurus sekolah-sekolah dari tingkat SD sampai SMA dikelola oleh Majelis Dikdasmen dan untuk perguruan tinggi dikelola oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan. Usaha memahami ide dan gagasan pendiri atau generasi awal gerakan ini maka dapat dilihat dari pemikiran Islam yang terangkum dalam Filsafat Islam. Dalam mengupayakan usaha tersebut, maka setidaknya ada tiga gagasan penting dari generasi pendiri dalam menyusun Filsafat Pendidikan Muhammadiyah, Pertama, Pidato Kiai Dahlan pada Kogres Muhammadiyah 1922 yang berjudul kesatuan hidup manusia. Kedua, Praedvies HB Muhammadiyah pada Kogres Islam Besar Cirebon 1921 yang berisikan bahwa orang Islam itu memiliki karakter pembelajar. Ketiga, Muktamar Muhammadiyah ke-46 di Yogyakarta tentang Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah, pada bab II terkait rumusan filsafat pendidikan Muhammadiyah. Pembaharuan pendidikan terus menerus dilakukan, misal dalam peningkatan mutu lembaga, SDM dan kurikulum.

References

Asari, Hasan, 2007. Modernisasi Islam, Tokoh, Gagasan dan Gerakan, Bandung, Cita Pustaka Media.

Asari, Hasan, 2009. Esai-Esai Sejarah, Pendidikan dan Kehidupan, Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Aziz, Mursal dan M. Hasbie Ashshiddiqi, 2020. “Al-Ittihadiyah Education Development in North Sumateraâ€, dalam Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2.

Azra, 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos.

Bruinessen, Martin Van, 2013. Contemporary Development in Indonesia Islam: Explaning the Conservative Turn, Singapore: ISEAS Publising.

Data BAN PT, diolah oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah pada Rakornas PTMA di Yogyakarta tanggal 18-20 Oktober 2019.

Daulay, Haidar Putra, 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Citapustaka Media.

Haedar Nashir, 2016. Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

http://mastertindo.com/dapodik/data-didik.html.

Munir, Abdul. 2019. Jejak-jejak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Musthafa Kamal Pasha, Ahmad Adaby Darda, 2005. Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, Yogyakarta: Pustaka SM.

Nakamura, Mitsuo et al, prolog Ahmad Syaf’i Maarif, 2005. Muhammadiyah menjemput perubahan oleh suhardi, menengok peran muhammadiyah, Jakarta: Kompas.

Noer, Deliar, 1990. Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1990-1924, Jakarta: LP3S.

Noer, Deliar, 1991. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES.

Samsul Hidayat, 2016. Studi Kemuhammadiyahan Kajian Historis, Ideologi dan Organisasi, Anggaran Dasar Muhammadiyah BAB III pasal 6, Surakarta: LPIK.

Siddik, Dja’far, 2007. Pendidikan Muhammadiyah Perspektif Ilmu Pendidikan, Bandung: Ciptapustaka Media.

Web resmi Muhammadiyah, http://www.muhammadiyah.or.id/content-8-det-amal-usaha.html,19 Oktober 2019.

Published

25-10-2022

Citation Check