Integrasi Sekolah dan Keluarga Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Hariyadi Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Aas Siti Sholichah Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2345

Keywords:

Integrasi sekolah dan keluarga, Pendidikan anak usia dini, Bait Qur’any

Abstract

Penelitian ini fokus pada integrasi sekolah dan keluarga pada pendidikan anak usia dini.  Penelitian ini dibatasi pada RA Bait Qur’any. Secara umum, penelitian ini memiliki tujuan khusus penelitian ini yaitu: menganalisa bagaimana integrasi sekolah dan keluarga pada anak usia dini di RA Bait Qur’any dan menganalisa type kerjasamanya. Adapun manfaat penelitian ini secara umum diharapkan dapat memberikan pengetahun tentang integrasi sekolah dan keluarga pada anak usia dini. Hasil penelitian ini yaitu, RA Bait Qur’any memiliki tipe kerjasama keluarga dan sekolah yang mencakup beberapa type yaitu: parenting, communicating dan decision making, dan learning At Home. Tipe kerjasama sekolah dan keluarga di RA Bait Qur'any belum ada yang berupa Collaborating with the comunity. 

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta Bina Aksara, 1990).

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku 1). (Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2001).

Epstain, Joy, Memorial Candles: Children of The Holocaugh (America, Tavistock/Routledge, 1992).

Hikmah, Nurul Born To Be Star, Konvergensi Pendidikan dalam Al-Qr’an dan Implikasinya pada Pendidikan ANak USia Dini, (Ciputat, Bait Qur’any Multimedia, 2017)

Kamtini dan Husni Wardani Tanjung, Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2005).

Miller, Reina, The Developmentally Appropriate Inclusive Classroom in Early Education (New York: The United States of America, 1996).

Musfiroh, Tadkirotun, Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Panduan Bagi Guru Taman Kanak-kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

Soenarya, Endang.. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem. (Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa, 2000)

Suriasumantri, Jujun S. Suriasumantri, “Penelitian Ilmiyah, Kefilsafatan dan keagamaan: Mencari Paradigma kebersamaanâ€, dalam M. Deden Ridwan (ed.), Tradisi baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Amtardisipkin Ilmu, (Bandung: Nuansa, 2001).

Suyanto, Slamet, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta, Direktur Pembina pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

Tangung, Husni Wardi, Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan, dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

Umaedi, Manajemen Berbasis Sekolah. (Jakarta: Depdiknas, 1999).

Published

10-10-2022

Citation Check