Integrasi Sekolah dan Keluarga Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2345Keywords:
Integrasi sekolah dan keluarga, Pendidikan anak usia dini, Bait Qur’anyAbstract
Penelitian ini fokus pada integrasi sekolah dan keluarga pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dibatasi pada RA Bait Qur’any. Secara umum, penelitian ini memiliki tujuan khusus penelitian ini yaitu: menganalisa bagaimana integrasi sekolah dan keluarga pada anak usia dini di RA Bait Qur’any dan menganalisa type kerjasamanya. Adapun manfaat penelitian ini secara umum diharapkan dapat memberikan pengetahun tentang integrasi sekolah dan keluarga pada anak usia dini. Hasil penelitian ini yaitu, RA Bait Qur’any memiliki tipe kerjasama keluarga dan sekolah yang mencakup beberapa type yaitu: parenting, communicating dan decision making, dan learning At Home. Tipe kerjasama sekolah dan keluarga di RA Bait Qur'any belum ada yang berupa Collaborating with the comunity.Â
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta Bina Aksara, 1990).
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku 1). (Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2001).
Epstain, Joy, Memorial Candles: Children of The Holocaugh (America, Tavistock/Routledge, 1992).
Hikmah, Nurul Born To Be Star, Konvergensi Pendidikan dalam Al-Qr’an dan Implikasinya pada Pendidikan ANak USia Dini, (Ciputat, Bait Qur’any Multimedia, 2017)
Kamtini dan Husni Wardani Tanjung, Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2005).
Miller, Reina, The Developmentally Appropriate Inclusive Classroom in Early Education (New York: The United States of America, 1996).
Musfiroh, Tadkirotun, Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Panduan Bagi Guru Taman Kanak-kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).
Soenarya, Endang.. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem. (Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa, 2000)
Suriasumantri, Jujun S. Suriasumantri, “Penelitian Ilmiyah, Kefilsafatan dan keagamaan: Mencari Paradigma kebersamaanâ€, dalam M. Deden Ridwan (ed.), Tradisi baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Amtardisipkin Ilmu, (Bandung: Nuansa, 2001).
Suyanto, Slamet, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta, Direktur Pembina pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).
Tangung, Husni Wardi, Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan, dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).
Umaedi, Manajemen Berbasis Sekolah. (Jakarta: Depdiknas, 1999).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).