Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam

Authors

  • Azizah Hanum OK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2332

Keywords:

Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Konsep Pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini berfungsi untuk menelaah pemikiran dari ahli filsfuf yang terkemuka tentang konsep pendidikan Islam. Adapun tokoh yang diteliti adalah Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun. Keduanya merupakan salah satu ahli yang berpengarah dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan merupakan penelitian kualititatif yang berjenis studi pustaka. Sumber data berasal dari buku literature dan artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan Islam, terutama buku Muqaddimah dan Kitab Assifa’. Penggunaan manual dan digital menjadi teknik dalam pengumpulan data. Kemudian data-data display sampai dengan direduksi menjadi data utuh yang baru. Setelah menjadi data yang utuh, dianalisis dan dituangkan dengan mengedepankan intertektualitas dan creativity meaning. Hasil penelitian memberikan bahwa dalam aspek tujuan pendidikan Islam, Ibnu Khaldun dan Ibnu Sina memiliki pandangan yang sama yaitu; 1) Guna membentuk Insan Kamil, 2) Guru harus memiliki model dan pendekatan dalam mengajar, 3) Penggunaan teknik yang sesuai ilmu yang ingin diajarkan, 4) Ilmu harus diimplementasikan sesuai kegunaannya. Sedangkan dalam (kurikulum, mapel, metode, pendidik, anak didik dan tingkatan pendidikan) terdapat perbedaan. Namun memiliki tujuan yang sama, walau berbeda pandangan dalam teori

References

Agus, Zulkifli. 2020. “Pendidkan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.†Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5 (1): 101–15.

Apriani, Minten, And Syahidin Syahidin. 2021. “The Ibn Sina Perspective On Education Concept.†Jurnal Kajian Peradaban Islam 4 (2): 71–80.

Arif, Zainal, And M. Pd Zulfitria. 2021. Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Azimah, M. A. 2018. “Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina.†Fitra 2 (2).

Azkia, Nura, And Nur Rohman. 2020. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sd/Mi.†Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 1–14. Https://Doi.Org/10.29240/Jpd.V4i1.1411.

Basri, Muhammad. 2021. “Sejarah Peradaban Islam.â€

Burga, Muhammad Alqadri. 2019. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.†Al-Musannif 1 (1): 19–31.

Dalimunth, Sehat Sultoni. 2018. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. Deepublish.

Darwis, Maidar. 2013. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.†Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13 (2).

Farihah, Irzum. 2014. “Agama Menurut Ibn Khaldun.†Jurnal Fikrah 2: 187–205.

Gaho, Onesius. 2016. “Kebijakan Rehabilitasi Terhadap Korban Tindak Pidana Terorisme Dalam Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia.†Phd Thesis, Uajy.

Gunawan, Imam. 2016. “Merevitalisasi Kepemimpinan Pancasila Dalam Bidang Pendidikan.†In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Manajemen Pendidikan Di Era Kompetisi Global, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 12:67–84.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Nurzakiah Simangunsong, Ely Rahmawati, And Rahmaini Rahmaini. 2020. “Humanization Of Education In The Challenges And Opportunities Of The Disruption Era At Nahdlatul Ulama Elementary School.†Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi 7 (2): 264. Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V7i2.6832.

Hidayat, Rahmat, And Candra Wijaya. 2016. “Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Di Indonesia.â€

Jauhari, Muhammad Insan. 2020. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern.†Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 9 (1): 187–210.

Komarudin, Komarudin. 2022. “Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun.†Pandawa 4 (1): 23–41.

Lisnawati, Lisnawati. 2017. “Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun Dan Hubungannya Dalam Konteks Pendidikan Modern.†Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2 (1): 54–73.

Lubis, Lahmuddin, And Wina Asry. 2020. Ilmu Pendidikan Islam. Perdana Publishing.

M.Pd, Darmawan Harefa, S. Pd, And Muniharti Sarumaha M.Pd. 2020. Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.

M.Pd, Siti Aisyah, S. Ag. 2015. Perkembangan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. Deepublish.

Nata, Abuddin. 2020. “Penguatan Materi Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2): 244–66.

Nata, H. Abuddin. 2021. Ilmu Kalam, Filsafat, Dan Tasawuf. Amzah.

Rahman, Abdul. 2012. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi.†Jurnal Eksis 8 (1): 2053–59.

Rasyid, Idris. 2019. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Dan Guru.†Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18 (1): 779–90.

Ratna Sari, Dewi. 2021. “(Upload Ulang Lembar Persetujuan Asli, Edit Watermark Seperti Pada Contoh Dokumen Di Etheses)... Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina.†Phd Thesis, Iain Ponorogo.

Rohman, Miftaku. 2013. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.†Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8 (2): 279–300.

Siswatini, Wiwin. 2008. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun Dalam Prolegomena: Analisis Epistemologi Dan Metode Pembelajaran.†Phd Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

S.Pd, Atika Kumala Dewi, Hasanuddin Manurung M.Pd.K, Agus Yulistiyono Mm Se, Kadek Ayu Ariningsih M.Pd.H, Ratna Wahyu Wulandari M.Pd, Ali Rif’an M.Pd.I, And Erpin Harahap Ma. 2021. Strategi Dan Pendekatan Pembelajaran Di Era Milenial. Edu Publisher.

Sulistyawati, Siti Yeni. 2012. “Tradisi Perkawinan Masyarakat Samin Di Desa Kemantren Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora.†Phd Thesis, Uns (Sebelas Maret University).

Sulistyorini, Sulistyorini. 2018. “Manajemen Pembelajaran Pada Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Mengembangkan Pendidkan Karakter Siswa (Studi Multi Kasus Di Sdi Al Azhar Tulungagung, Mi Perwanida Kota Blitar Dan Min Sumberjati Kademangan Kabupaten Blitar).†Akademia Pustaka.

Ulum, Ahmad Ridlo Shohibul. 2018a. Ibnu Sina: Sarjana, Pujangga, Dan Filsuf Besar Dunia Biografi Singkat 980-1037 M. Anak Hebat Indonesia.

———. 2018b. Ibnu Sina: Sarjana, Pujangga, Dan Filsuf Besar Dunia Biografi Singkat 980-1037 M. Anak Hebat Indonesia.

Uni, Siti Qurrotul A’yuni. 2020. “Analisis Pemikiran Pendidikan Menurut Ibnu Sina Dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Islam Di Era Modern.†Journal Of Islamic Education Research 1 (3): 225–38.

Wahyuningsih, Putri, Himmatul Hasanah, And Ahmad Tarmizi Hasibuan. 2020. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran Di Abad 21.†Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education 3 (1): 10–18.

Yusuf, Iskandar, And Khojir Khojir. 2021. “Pendidikan Menurut Filsafat Ibnu Sina (980 M-1037 M).†Cross-Border 4 (2): 764–79.

Published

10-10-2022