Sekolah Orang Tua pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Afif Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Baeti Rohman Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Nurul Hikmah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2268

Keywords:

Sekolah Orang tua, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia dini, parenting, Bait Qur’any.

Abstract

Anak usia dini merupakan fase yang unik dan disebut juga dengan fase Pra tamyiz. Utuk itu, maka pendidikan anak usia dini merupakan upaya membantu anak mengoptimalkan potensi dirinya untuk menghantarkannya masuk ke fase tamyiz, fase dimana anak dapat membedakan baik dan buruk aturan Tuha.  Orang tua merupakan pendidik dan pengasuh pertama dan utama dalam proses perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah orang tua yang diselenggarakan oleh RA Bait Qur’any. Program yang bertujuan meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua dengan meningkatkan kualitas pemahaman nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif guna memperoleh informasi berkaitan denganpenelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah orang tua di RA Bait Qur’any merupakan bentuk kerja sama antara sekolah dan orang tua dengan type parenting, communicating dan Keterlibatan (Parent Involepment).  Pada sekolah orang tua ada 2 bentuk program yait program kajian mingguan dan madrasah walidain. Sekolah orang tua di RA Bait Qur’any memberikan informasi tentang psikologi perkembangan anak dalam Islam, stimulant perkembangan anak berbasis al-Qur’an dan sunnah, pemahaman tentang metoda menghafal anak usia dini, dan metoda belajar, menghafal al-Qur’an dan mentarjamahkan Al-Qur’an. Selain itu juga sekolah orang tua tidak hanya menyelenggarakan parenting Al-Qur’an akan tetapi komunikasi dan diskusi timbal balik tentang perkembangan anak antara orang tua dan guru, melibat orang tua dalam kegiatan baik sebagai penyelenggara acara, mengadaan konsumsi, pembawa acara, dan pengisi acara berupa penampilan orang tua dan anak serta bazar sekolah.

References

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Ashrah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, (Bairut, Libanon: Dar Al-Kitab Al-Arabi, 1935) 50.

Ayuningrum, Desy dan Nur Afif, Interaksi Anak Down Syndrome di TK Nusa Indah Jakarta, Jurnal IQ, V3, 2020.

Bredekamp, Sue, Developmentallay Appropriat Practice in early Childhood Programs Serving Children from The Birth Through Age 8, Washington: National Association for the Education of Young Children, 1992.

Bahruddin, Musthafa, Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya bagi Penulisan Buku Ajar, Yogyakarta: Makalah Pelatihan Penulisan Buku Ajar Bagi Dosen Program DII PGTK Se-Indonesia, 2002.

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku 1). Jakarta: 2001

Depdiknas, Partisipasi Masyarakat. Jakarta: 2001.

Depdikbud. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Epstain, Joy, Memorial Candles: Children of The Holocaugh, America, (Tavistock/Routledge, 1992).

Hikmah, Nurul, Born to Be Star, Konvergensi Pendidikan dalam Al-Qr’an dan Implikasinya pada Pendidikan ANak USia Dini, Ciputat, Bait Qur’any Multimedia, 2017.

Huzaemah Tahido Yanggo, Fiqh Anak, Metoda Islam dalam Mengasuh dan Mendidik Anak serta Hukum-Hukum yang berkaitan dengan aktivitas Anak, Jakarta: Al-Mawardi Prima: 2004.

Imron, Arifin, “Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaanâ€, (Malang: Kalimasahada, 1999).

Kagan, Jerome, Emotions, Cognition, and Behavior ( Autrslia, Syndicate of University of Cambridge, 1984).

Jamilah, Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat), SIMULACRA, Volume 2, Nomor 2, November 2019.

Latifah, Ambarwati, “Penggunaan Bahasa Anak Usia Prasekolah ( studi kasus di taman kanak-kanak islam Bakti 1 Sawahan) “, Skripsi. UMS. 2011.

L. Bogdan, Robert & Sari Knoop Biklen, “Qualitative Reseach For Education an Introduction to Theory And Methodsâ€, (Boston: Allyn & Bacon, 1982).

Mathew, B. Miles & A. Michael Huberman, “Qualitative Data Analysisâ€, (London: Sage Publications, 1984).

Masud Hoghuhi Nicholas Log, Hand Book of Parenting, 239.

Miller, Reina The Developmentally Appropriate Inclusive Classroom in Early Education (New York: The United States of America, 1996).

Musfiroh, Tadkirotun, Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Panduan Bagi Guru Taman Kanak-kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005.

Oktavianingsih, Eka, Pengembangan Program Pelibatan Orangtua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Journal Of Early Childhood Care & Educationvol. 1 No. 2, October 2018, h. 15.

Oktavina, Konsep Parenting, Wordprss. Com, 28 Desember 2010.

Prasanti, Ditha dan Dinda Rakhma Fitriani, Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas, Jurnal Obsesi V2 N1 (2018).

Soenarya, Endang. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem. (Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa), 2000.

S. C. Wortham, Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching, New Jersey: Pearson Education Inc. 2013.

Ulwan Abdullah NÄshih ’Ulw Än, Tarbiyah al-AulÄd,

Umaedi, Manajemen Berbasis Sekolah, (Jakarta: Depdiknas1999).

Published

25-10-2022

Citation Check