Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Wayang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2266Keywords:
Nilai, Pendidikan, Islam, WayangAbstract
References
Achmadi. 1990. Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
AG, Muhaimin. 2001. Islam dalam Bingkai Budaya Lokal Potret Dari Cirebon. Jakarta: Logos.
Alip Nuryanto, Saefullah. 2020. “WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA DAKWAH KI ANOM SUROTO.†Ri’ayah 5(2):152–80.
Anggoro, Bayu. 2018. “‘Wayang Dan Seni Pertunjukan’ Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang Di Tanah Jawa Sebagai Seni Pertunjukan Dan Dakwah.†JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 2(2):122. doi: 10.30829/j.v2i2.1679.
Al-Naisaburi, Abu Al-Qasim Abd Al-Karim bin Hawzan Al-Qusyairi. 2008. Al-Risalah Al-Qusyairiyyah fi ‘Ilm al-Tashawwuf. Kairo: Al-Maktabah Al-Taufiqiyah.
Budi, Setyo. 2002. Wayang-wayang Katolik Surakarta; Spesifikasi dan Karakteristiknya. Bandung: Proyek Penelitian Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Djajasoebrata, A. 1999. Shadow Theatre in Java: The Puppets, Performance & Repertoire. Amsterdam: The Pepin Press.
Effendi, Muhamad Ridwan. 2020. “Mitigasi Intoleransi Dan Radikalisme Beragama Di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif.†Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 1(1):54–77. doi: 10.52593/pdg.01.1.05.
Febria Syavanny, Silvia Anggreni BP, Ade Kurnia. 2021. “DAMPAK GLOBALISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.†IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education 2(1):13–18.
Hardjowirogo, R. 1953. Sedjarah Wajang Purwa. Jakarta: Balai Pustaka.
Haryanto, S. 1992. Bayang-bayang Adhiluhung Filsafat Simbolis dan Mistik Dalam Islam. Semarang: Dahara Prize.
Hasyimi, Muhammad Ali. 1993. Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Jakarta: Gema Insani Press.
Helmi, Masdar. 1971. Peranan dakwah Ilsam dalam Pembinaan Umat. Semarang: IAIN Walisongo.
Irawati, Eli-. 2020. “Transmisi, Musik Lokal-Tradisional, Dan Musik Populer.†Panggung 30(3):392–410. doi: 10.26742/panggung.v30i3.893.
Ismunandar, R.M. 1994. Wayang, Asal-Usul Dan Jenisnya. Jakarta: Dahara Prize
Isnaniah. 2010. Dewa Ruci: Sebuah Alternatif Sistem Pendidikan. Sebuah Alternatif Sistem Pendidikan. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra.
Krishna, I. B. W., and IBPE Suadnyana. 2020. “Wayang Kulit Bali Sebagai Media Komunikasi.†Pp. 164–71 in Kapitalisme Media Dan Komunikasi Politik Di Era Revolusi Industri 4.0.
Machfoeld, Ki Moesa A. 2004. Filsafat Dakwah Ilmu Dakwah Dan Penerapannya. Jakarta: PT.Bulan Bintang.
Masdub. 2015. Sosiologi Pendidikan Agama Islam; Suatu Pendekatan Sosio Religius. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mukzizatin, Siti. 2018. “Understanding The Religious Behavior of Tuban Coast Communities Reconstruction of Wali Songo ’ s Da ’ Wah Strategy and Method Meneropong Perilaku Keberagamaan Masyarakat Pesisir Tuban Rekonstruksi Strategi Dan Metode Dakwah Wali Songo.†Jurnal Bimas Islam 11(2):249–76.
Mustofa, Idam. 2021. “LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM.†JIEM: Journal of Islamic Education and Management 1(2):24–33.
Musthofa, Ahmad. 1997. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Nata, Abuddin. 2002. Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
______. 2012. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
______. 2002. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Qurrataayun, R., Parikesit, and S. Withaningsih. 2021. “Feasibility Study of the Development of Grand Forest Park in Gunung Wayang, Bandung Regency, West Java, Indonesia.†Pp. 1–8 in E3S Web of Conferences. Vol. 249.
Ricklefs, M.C. 1930. MengIslamkan Jawa Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangannya dari 1930 sampai Sekarang. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Rifa’i, Moh. 2009. Akhlak Seorang Muslim. Semarang: Wicaksana.
Saihu. 2019. “RINTISAN PERADABAN PROFETIK UMAT MANUSIA MELALUI PERISTIWA TURUNNYA ADAM AS KE-DUNIA.†3(1):268–79.
Saihu. 2020. “Pendidikan Sosial Yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72.†Jurnal Pendidikan Islam 09(01):127–48.
Saihu, Saihu. 2019. “Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1(2):197–217. doi: 10.36671/andragogi.v1i2.54.
Sarbini, Ahmad. 2000. Dakwah Kontemporer, Dakwah Islam Dan Unsur Budaya Lokal. Bandung: Pusdai Frees.
Sardjono, Maria A. 1971. Paham Jawa. Jakarta: Sinar Harapan.
Setiawan, Eko. 2017. “Makna Filosofi Wayang Purwa Dalam Lakon Dewa Ruci.†Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 5(2):400–418. doi: 10.21274/kontem.2017.5.2.399-418.
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedijarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Suastra, I. W., B. Jatmiko, N. P. Ristiati, and L. P. B. Yasmini. 2017. “Developing Characters Based on Local Wisdom of Bali in Teaching Physics in Senior High School.†Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6(2):306–12. doi: 10.15294/jpii.v6i2.10681..
Sunyoto, Agus. 2011. Wali Songo Rekonstruksi Sejarah yang Disingkirkan. Jakarta: Transpustaka.
Surakarta, Pujangga. 1999. Serat Dewa Ruci. Semarang: Effhar dan Prize.
Wahyuni, Akhtim. 2001. Pendidikan Karakter. Siduarjo: UMSIDA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).