Inovasi Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Saintifik Untuk RA/PAUD di Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2244Keywords:
Inovasi, kurikulum, pengembangan, saintifik, usia diniAbstract
Inovasi pengembangan kurikulum yang dilakukan untuk anak usia dini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan anak. Pendekatan saintifik dapat menstimulasi pemikiran anak dalam kegiatan sains. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengkaji proses inovasi kurikulum dan implementasi pendekatan saintifik dalam inovasi kurikulum untuk RA/PAUD di Banten. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada RA/PAUD di Banten. Hasil penelitian menjelaskan pengembangan inovasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan isi kurikulum sebagai solusi peningkatan anak usia dini,. Implementasi pendekatan saintifik pada siswa RA/PAUD diterapkan dengan metode melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan pembelajaran pada anak usia dini.References
Abdulhak, I. (2002). Metodologi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Andira
Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asmani, Jamal Ma'ruf. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press
Cheng-Man Lau, Diana. (2001). Analysing the curriculum development process:three models, Pedagogy, Culture and Society, 9:1, 29-44, DOI: 10.1080/14681360100200107To link to this article: https://doi.org/10.1080/14681360100200107
Cui, L. (2018). Perancangan dan Implementasi I & P Resource Sharing Platform Berdasarkan Excellent Curriculum Repository. Ilmu Pendidikan-Teori & Praktek, 18, 3784-3795.
Davis, EA, Krajcik, J. (2015). Merancang materi kurikulum edukatif untuk mendorong pembelajaran guru. Peneliti Pendidikan, 343, 3–14.
Xiaolan, G., Yiwei, Y., Ying, W. (2018). Modus Pendidikan MOOC dari Kurikulum Umum PE di Perguruan Tinggi dan Perguruan Tinggi Berbasis Data Mining. Ilmu Pendidikan-Teori & Praktek, 18 6, 3160-3168.
Ditjen PAUDNI, (2015). Pedoman Pengenalan Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta:Kemendikbud
Fitroh,2011, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dan Strategi Pencapaian, Studi Informatika: Jurnal Sistem Informasi ,4(2), Hal. 1-7
Franco, I., Saito, O., Vaughter, P., dkk. (2019). Pendidikan tinggi untuk pembangunan berkelanjutan: mewujudkan tujuan global dalam kebijakan, kurikulum, dan praktik. Ilmu Keberlanjutan, 14, 1621–1642.
Gerde, H., Schachter, E., & Wasik, B. (2013). Using the Scientific Method to Guide Learning. Early Childhood Education Journal, 41, 315-323.
Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php?kode=280000&level=1
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications
Huizinga, T. (2014). Mengembangkan Keahlian Desain Kurikulum Melalui Tim Desain Guru, Tesis PhD,
Kirk, S., Newstead, C., Gann, R. (2018). Pemberdayaan dan kepemilikan dalam internasionalisasi efektif kurikulum pendidikan tinggi. Pendidikan Tinggi, 76, 989-1005.
Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).
Madjid, Abdul . 2017, Pembelajaran Tematik-Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy, J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
Mudlofir, Ali. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Ponnusamy, LD. (2019). Pembelajaran Guru dalam Inovasi Kurikulum, Kasus Unik untuk Pembelajaran Tertanam. Dalam Peters M., Heraud R. Eds., Ensiklopedia Inovasi Pendidikan. Singapura: Springer.
Sa`Ud, Udin Syaefudin. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sani, Abdullah Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyadi. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Voogt, J., Pieters, J., Handelzalts, A. (2016). Kolaborasi guru dalam tim desain kurikulum: efek, mekanisme, dan kondisi. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22 3-4, 121-140.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).