Nilai-Nilai Perencanaan Pendidikan Islam (Kisah Nabi Musa As Bersama Nabi Khidir As ) Dalam Surah Al Kahfi Ayat 60-82
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2237Keywords:
nilai, pendidikan profetik, perencanaan, nabi musa, nabi khidirAbstract
Penelitian ini didasarkan pada kisah dalam al-Qur’an yang menyuguhkan nilai-nilai teologis dan sekaligus nilai-nilai moralitas sosial sebagai pesan penting yang hendak disampaikan kepada manusia. Apa yang terjadi pada kisah Nabi Musa dengan Nabi Khidir memberikan wawasan baru tentang pesan-pesan perencanaan pendidikan yang tersurat guna diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menggali konsep perencanaan yang dilakukan oleh Nabi Musa dan Nabi Khidir yang secara tersurat memiliki makna perencanaan. Oleh karena itu, penelitian ini terfokus pada bagaiamana kontruksi naratologi perencanaan dalam kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis library research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis yang bersifat normatif dan historis yang disesuaikan dengan sumber sumber kepustakaan. Teknik analisis datanya menggunakan metode interpretasi atau tafsir teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perencanaan yang disajikan dalam kisah tersebut yaitu; receiving, responding, valuing, organization, characterization by a value or value complex.
References
Adisusilo, Sutarjo, 2012 Pembelajaran Nilai – Karakter. Jakarta: RajaGrafindo Persada, Cet. I,
Al-Bukhari. Muhammmad bin Ismail Abu Abdillah, 1987, Jami‟ Shahih al-Mukhtashor min Umri Rasulallah wa Sunaninhi wa Ayyamih, Beirut: Daar Ibnu Katsir, Cet. 3, Hadis no 4450.
Al-Khalidy, Shalah, Kisah-kisah Al-Qur‟an. Jakarta: Gema Insani, 1999.
Al-Maraghi. Ahmad Musthafa, Terjemah Tafsir al-Maraghi, jilid XV, Semarang: CV Toha Putra, cet. 1, 1998
Anshori, Tafsir bil Ra‟yi. Jakarta: Gaung Persada Press, Cet. I, 2010.
Anwar, Arifin, 2005, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka, Cet. I.
Asy-Syafrowi. Mahmud,2013, Khidir As Nabi Misterius, Penguasa Samudra yang Berjalan Secepat Kilat, Yogyakarta: Mutiara Media, cet. 1
Al-Maraghi. Tafsir al-Maraghi. Jilid 15,Semarang: Toha Putra,1993
Arifin, H.2008, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis BerdasarkanPendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara,
Arikunto. S Prosedur Penelitian.Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya 1987
Baharudin,2008, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruzz Media, Cet. III,
Bukhari. Imam, Shahih al-Bukhari Kitab Tafsir al-Qur‟an no. 3221.
Chaplin, JP.2006, Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daradjat, Zakiah.2008, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara,Cet. 4,
Darmasyah,2010, Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara, cet. 1, 2010.
Daulay, Haidar Putra,2004, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana
Djamarah. Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Cipta, cet. 3,
Fatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Haitami, Munzir, 2004, Menggagas Kembali Pendidikan Islam. Yogyakarta: Infinite Press
Hakim, Lukmanul, 2009,Perencanaan Pembelajara. Bandung: Wacana Prima,.
Halim. Amanullah, 2011, Musa As Versus Fir‟aun, Jakarta: Lentera Hati, cet. 1,
Hamalik, Oemar, 2005, Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung, Pakar Raya,.
Kamal, Allamah FI, Tafsir Nurul Quran, Jakarta: Al-Huda, Cet. 1,.
Kamdani. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Kuntowijoyo. 1998., Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan,
Katsir. Ibnu, 1999, Tafsir al-Qur‟an al-Adzim, jilid V, Riyad: Daaru Thaibah,
Khoiru, Iif, 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka, Cet. II
Majid, Abdul, 2006, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet III.
Margono, 2003, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya,
Moleong, L.J.2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2001, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nata, Abuddin. 2005, Pendidikan dalam Pespektif al-Quran, cet. 1, Jakarta: UIN Jakarta Press
___________, 2009, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Cet. 1
Nawawi & Martin, 1994, Penelitian Terapan.Yogyakarta: Gadjah Mada University
Nasution, S, 1989, Kurikulum dan Pengajaran, Bandung: Bina Aksara,
Ormrod, Jeanne Ellis.2008, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, Ed. 6
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasonal, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Eds. 3,
Ramayulis.1994, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia,
Redaksi Sinar Grafika, 2009. UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 2003). Jakarta: Sinar Grafika, Cet. II,
Riyanto, Yatim, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana, cet. 1
Roqib, Moh, 2009, Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif, di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS, Cet I.
Rosyada, Dede, 2004 Paradigma Pendidikan Demokrasi. Jakarta: Kencana, Cet. I,
S, Effendi,1978. Daftar Istilah Psikologi Jakarta Pusat: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Sabri, Ahmad, 2005, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press, Cet. 1.
Salim, A, 2006, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Shihab, Q, 2000, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Qur’Än. Jakarta: Lentera Hati,
Soenardjo, dkk. 1990 Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir al-Qur’an.
Sumanto, 1999, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset,
Sardiman, Interuksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2004 Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, cet. 1, 2008.
Wina, 2008, Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Cetakan. IV Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Wina, 2008 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana, Cet.3,.
Wina, 2007, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana,
Wina. 2010, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Cet. III,.
Shihab,Q, 2012, Al-Lubâb Makna, Tujuan, dan Pelajaran daru Surah-Surah al-Qur‟an. Tangerang: Lentera Hati, Cet. I
Shihab,Q,, 2013. Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati,
Shihab,Q, 2002, Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur‟an,Jakarta: Lentera Hati, Cet. 1,.
Sudijono, Anas, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, Cet. 11, ,
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Remaja Rosdakarya,
Syah, Muhibbin, 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers,
Syaodih, Nana, 2012, Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama, Cet. 1.
Trianto, Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group, Cet. II, 2010.
Wagnalls, 1996, New College Dictionary. New York: De Funk Company,
Winkel, W.S, 1956. Psikologi Pengajaran I. Jakarta: Grasindo, Cet. 4.
http://biografi-tokoh-ternama.blogspot.com/2014/0/kisah-Nabi laihissalam.html?m=1, online tanggal 24 Februari 2021.
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Khidir As , online tanggal 1 april 2021
http://raflengerungan.wordpress.com/korupsi-dan-pendidikan/pengertian-mengajar- didaktik. diakses tanggal 24 Februari 2021
Kementrian Agama RI, 2002, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (CV : Pustaka Agung Harapan, Jakarta). h. 115
Al-Hafidh Imaduddin Abi Al-Fidza Ismail bin Katsir Ad-Dimasyqi, 2000, Tafsir Al- Qur’an Al-Adhim, (Mesir: Muassasah Qurthubah), Cet 1, Jilid 3, h. 26
Kementrian Agama RI, 2002, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (CV : Pustaka Agung Harapan, Jakarta). h. 107.
Syaikh An-Nawawi Al-Jawi, tafsir Marah Labid (Tafsir Munir) Juz II, h. 47
Kementrian Agama RI, 2002 , Al-Qur’an dan Terjemahnya, (CV : Pustaka Agung Harapan, Jakarta) h.28.
Muhammad Ali ash-Shabuni, Tafsir Shofwatut Tafaasir Juz II, h.253
Kementrian Agama RI, 2002, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (CV : Pustaka Agung Harapan, Jakarta) : h 89
Shihab,Q, 2003, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Lentera Hati: Jakarta), Vol.7, h.320
Kementrian Agama RI, 2002, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (CV : Pustaka Agung Harapan, Jakarta) : h : 38
Husaini Usman, 200 6, Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara), h. 3
Syamsudduha, 2004, Manajemen Pesantren, (Yogyakarta: Grha Guru), h. . 16
Muhammad, 2005, Manajemen Dana Bank Syariah, (Yogyakarta: Ekonisia), h. 13
Ismail Nawawi Uha, 2012, Manajemen Resiko: Teori dan Pengantar Praktik Bisnis, Perbankan Islam dan Konvensional (Jakarta: CV. Dwi Putra Pustaka), h.2
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Edisi Revis)i, h. 9
Mulyono, 2010, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta : Ar- Ruzz Media), h. 23
Rusniati dan Ahsanul Haq, 2014, Perencanaan Strategis dalam Perspektif Organisasi, (Banjarmasin:Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No.2, Nopember), h.102-209
Sofyan Effendi 1995, Unsur-unsur Penelitian Survei, dalam Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi (ed)., Metode Penelitian Survei, LP3ES, h. 33
Udin Syaefudin Sa’ud d an Abin Syamsuddin Makmun, , 2011, Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif, (Bandung: Roosda Karya), h. 3-4
Hadari Nawawi, 2000, Perencanaan SDM untuk Organisasi Profit yang Kompetitif, Yogyakarta, UGM Press, h. 30
Muhammad Rasyid Ridha, Tafsîr Al-Manâr, Jilid III, (Beirut: Daa Al-Fikr. Tt), h. 257
Ngalim Purwanto, . 2003, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Ros dakarya), h.15
Nanang Fattah, 2000, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), h. 49
Wiwik Wijayanti dkk, 2011, Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah Bagi Kepala Sekolah SMK, (Yogyakarta: Jurusan AP FIP UNY), h. 2
Manap Somantri, 2014, Perencanaan Pendidikan, (Bandung, IPB Press), h.13-14
Husaini Usman, 2011, Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Askara), h. 64
Handoko, Hani T, 2009, Manajemen, (Yogyakarta: BPFE), Edisi 2, Cet.20, h. 8
Ahmad Rofi’ Usmani, 2009, Muhammad Sang Kekasih, (Bandung: Mizania,), h. 160
Ibu Mandhur,1998, Lisanul ‘Arab, (Mesir: Daarul Maarif), h. 1198-1199
Ibrahim Hamid Al-Quayyid, 2008, 10 Kebiasaan Manusia Sukses Tanpa Batas, (Maghfirah Pustaka, ), h.28
.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).