Model Pengelolaan Lembaga Pendidikan di Tengah Komunitas Penghayat Kepercayaan Masade (Studi di SMA Tabukan Utara, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2222Keywords:
Pengelolaan, Lembaga Pendidikan, Penghayat Kepercayaan Masade, SMA 1 Tabukan UtaraAbstract
Â
Abstrak
Pengelolaan lembaga pendidikan di tengah komunitas penghayat kepercayaan masade di Kabupaten Kepulauan Sangihe memerlukan keterbukaan dan akomodatif dari pihak sekolah. Bagaimanakah model pengelolaan lembaga pendidikan di tengah-tengah komunitas masade khususnya di SMA Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lembaga pendidikan di SMA Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe menerapakan model akomodatif, berkeadilan, dan kolaboratif. Dengan model yang diterapkan ini peserta didik yang berasal dari penghayat kepercayaan masade mendapatkan akses dan kesempatan yang sama di sekolah tersebut, serta tidak mendapatkan diskriminasi dari pihak sekolah.
References
DAFTAR PUSTAKA
Athhar, Zaki Yamani. 2015. “Kearifan Lokal dalam Ajaran Islam Wetu Telu di Lombokâ€, dalam Jurnal Ulumuna, Vol IX, Edisi 15 Nomor 1 Januari-Juni 2015. Dalam https://www.researchgate.net/publication/294280642_KEARIFAN_LOKAL_DALAM_AJARAN_ISLAM_WETU_TELU_DI_LOMBOK diakses 16 Agustus 2019.
Ardianto, A., Gonibala, R., Hadirman, H. and Lundeto, A., 2020. Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Tradisi Katoba Pada Masyarakat Etnis Muna. Potret Pemikiran, 24(2), pp.86-107.
Bolotio, Rivai. 2009. “Pemberdayaan Pendidikan Islam†dalam Jurla Iqra’ Vo.7, No.2 Desember 2009. Manado: FTIK STAIN Manado
Ellong, TD Abeng. 2019. “Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islamâ€, dalam Jurnal Ilmiah Iqra’ Vo. 11, No. 1 (2017). Manado: FTIK IAIN Manado, http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/index Diakses 15 Agustus 2019.
Ghafur, Hanief Saha.2010. “Integrasi Tradisi dan Perubahan Sosialâ€. The SEBUMI International Conference on Cultural Relationship Indonesia and Malaysia, diselenggarakan Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur 11- 14 Oktober 2010.
Hadi, Sumandiyo Y. 2006. Seni dalam Ritual Agama. Yogyakarta: Pustaka.
Hadirman, H., 2021. Sinergitas Budaya dan Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Katoba: Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Agama, 1(1), pp.1-1
Kaunang, Ivan R.R. 2013. Bulan Sabit di Nusa Utara: Perjumpaan Islam dan Agama Suku di Kepulauan Sangihe dan Talaud. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.
Lahindah, dkk. 2018. “Islam di Desa Langaneng Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe†dalam Jurnal Holistik, Tahun XI, No.21/Januari-Juni 2018. Diakses https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/download/19497/19047 15 Agustus 2019.
Luma, M., Tola, A. and Hadirman, H., 2020. Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(2), pp.186-204.
Madjid, Nurcholish.1997. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Penerbit Paramadina.
Salim, Agus. 2005. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Edisi Kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Gonibala, R., Ardianto, A. and Hadirman, H., 2018. Strategi Pelestarian Tradisi Katoba sebagai Media Pendidikan Islam pada Masyarakat Etnis Muna di Sulawesi Tenggara. Journal of Islamic Education Policy, 3(1).
Rosidi, Achmad. 2011. Perkembangan Paham Agama Lokal di Indonesia. Jakarta: Litbang Kehidupan Beragama Kemenag RI.
Salim, Agus. 2005. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Edisi Kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Sumolang, Steven. 2011. Kain Tenun Tradisional “Kofo†di Sangihe. Jakarta: Dirjen Nilai Budaya, Seni, dan Filmi Kemenbudpar RI. http://repositori.kemdikbud.go.id/8363/1/KAIN%20TENUN%20TRADISIONAL%20%20KOFI%20DI%20SANGIHE.pdf diakses 16 Agustus 2019
Suseno, Hg. Dan Aloysius Triwanggono, 2018. “Karakteristik Budaya Organisasi, Kemampuan Adaptasi, dan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah†dalam Jurnal EXERO, Vol,01, No. 01, November 2018, Yogyakarta: Universitas Sanata Darma. Diakses dalam https://e-journal.usd.ac.id/index.php/exero/article/download/1663/1307 15 Agustus 2019.
Wanggi, Raden, dkk. 2016. Dari Bayan untuk Indonesia Inklusif. Yogyakarta: Yayasan Satuna.
Team Penyusun , 1997. Monografi Daerah Nusa Tenggara Barat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wekke, Ismail Suardi. 2013. “Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Dakwah di Wilayah Minoritas Muslimâ€, Jurnal Dakwah Al-Hikmah, Vol.4 (2) 2013. Diakses di https://www.academia.edu/26674180/LEMBAGA_PENDIDIKAN_SEBAGAI_PILAR_DAKWAH_DI_WILAYAH_MINORITAS_MUSLIM, 16 Agustus 2019.
Zuhdi, Muhammad Harfin. 2017. Islam Wetu Telu di Bayan Lombok: Dialektika Islam Normatif dan Kultural, dalam Jurnal Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 17, No. 2 (2012) diakses http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/164 16 Agustus 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).