Experiential Learning Pada Model Pembelajaran Ta’lim Yaumiyah Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nur Afif Institut PTIQ Jakarta
  • Desy Ayuningrum Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2183

Keywords:

ta’lim yaumiyah, PAUD, bimbingan, kontrol

Abstract

Penelitian ini membahas ta’lim yaumiyah pada pendidikan anak usia dini di RA Bait Qur’any.  ta’lim yaumiyah pada pendidikan anak usia dini di RA Bait Qur’any  menggunakan model belajar home learning dan experiental learning yang merupakan model pembelajaran holistik. Model ini bermaksud memberi penekanan pada aktifasi pengalaman belajar untuk mengonstruksi pengetahuan dan keterampilan hidup peserta didik PAUD. Tta’lim yaumiyah juga menerapkan type kerja sama  Joy Epstein, tipe kerjasama keluarga dan sekolah yang mencakup beberapa type yaitu: parenting, communicating dan decision making. Tipe kerjasama sekolah dan keluarga di RA Bait Qur'any belum ada yang berupa Collaborating with the comunity. Jadi ta’lim yaumiyah merupakan bagian dari bentuk kerjasama sekolah dan keluarga di RA Bait Qur’any dan merupakan program lanjutan dan penguatan pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan di rumah oleh orang tua dalam arahan, bimbingan, kontrol dan evaluasi dari pihak sekolah

References

Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku 1). Jakarta: 2001

Depdiknas. Depdiknas. 2001. Partisipasi Masyarakat. Jakarta: Depdikbud. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Soenarya, Endang. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem. Yogyakarta: Adi Cita Karya: 2000

Nusa. Umaedi. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas: 1999

Joy Epstain, Memorial Candles: Children of The Holocaugh (America, Tavistock/Routledge: 1992).

Slamet Suyanto, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Joy Epstain, Memorial Candles: Children of The Holocaugh (America, Tavistock/Routledge: 1992).

Tadkiroatun Musfiroh, Bermain sambil belajar dan mengasah kecerdasan. (Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanak-Kanak) (Jakarta, Direktur Peembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: 2005).

Bredekamp, Sue & Copple, Carol, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Program (Washington, DC: National Association for the Education of Young Children: 1999).

Catron, Carol E. dan Allen, Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model, (New Jersey: 1999).

Bodrova, Elen & Leong, Deborah, Tool of The Maind: The Vygotskian approach to Early Childhood Education, (New Jersey: Merril Prentice: 1996).

Dewey, John. Play and Work in the Curriculum, (t.tp, 1994).

Huzaemah Tahido Yanggo, Fiqh Anak, Metoda Islam dalam mengasuh dan mendidik anak serta hukum-hukum yang berkaitan dengan aktifitas anak, (Jakarta, Al-Mawardi; 2004).

Abdullah al-Amir Syamsuddin, al-Fikru at-Tarbawi ‘inda Ibn Tufail, (Dar Iqra: 1984).

Ibn Qayyim al-Jauziyah, Tuhfa Al-Maudud, (Daar al-Fikr: tp.T.th).

Dewey, John, Democracy and Education. (New York: 1964)

Bredekamp, Sue & Copple, Caril. Developmentally Appropriate Practive in Chilhood Program, (Wasington, D.C: National Association for the Education of Young Children: 1999).

Bredekamp, Sue dan Copple, Carol, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. (Wasington, D.C: National Association for the Education of Yuong Children: 1999)

Downloads

Published

10-10-2022