Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Perilaku Siswa Berbasis Multikultural

Authors

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.2883

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku, Multikultural

Abstract

Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Sehingga guru dapat memanfaatkan nilai-nilai multikultural untuk membentuk kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan perilaku siswa berbasis multikultural. Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan menggunakan sumber data pimer yang mencakup kepala sekolah, guru PAI dan siswa dan sumber data sekunder mencakup berkas-berkas kegiatan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan perilaku siswa berbasis multikultural di SDN Lombokita yakni memandang dan menempatkan semua siswa sebagai orang yang sederajat, dan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti nilai menghormati perbedaan, bersikap adil, perilaku jujur, tanggungjawab, ketulusan amanah, percaya diri, kerjasama dan musyawarah.

References

Agustina, P. (2018). Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2).

Chandler Jr, A. D. (1993). The visible hand. Harvard university press.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 1–12.

Hadijaya, Y. (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif.

Ikhwan, A. (2014). Akreditasi Madrasah Aliyah (MA) Dalam Kebijakan Pendidikan Nasional. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 2(2), 182–200.

Indonesia, P. R. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 200 tentang. Guru Dan Dosen.

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85.

Marimba, D. (n.d.). Ahmad. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Mubit, R. (2016). Peran Agama dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1), 163–184.

Muhyani, M., Yusup, A. H., & Yono, Y. (2022). Hubungan Peran Guru PAI Dengan Kesehatan Mental Siswa Di SMK Negeri 1 Cibinong Selama Covid-19. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

NATA, A. A. D. A. N. A. (n.d.). PEMIKIRAN FILOSOFIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Parekh, B. (2008). Multiculturalism and the Integration Agenda. Translocations, 3(1), 164–168.

Pratiwi, P. H. (2010). Multikultur Dalam Ethnic dan Cultural Groupsâ€. Makalah Pada Diskusi Pendalaman Materi Sosiologi, Kerjasama Antara Prodi Pendidikan Sosiologi FISE UNY Dan MGMP Sosiologi Kabupaten Blora, 31.

Ramdhani, D. R. (2022). Nilai-nilai keteladanan nabi Muhammad Saw dalam Al-Qur’an surat Ali-‘Imran ayat 159 dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian pendidik: Analisis ilmu pendidikan Islam. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rogers, T. B. (1974). An analysis of two central stages underlying responding to personality items: The self-referent decision and response selection. Journal of Research in Personality, 8(2), 128–138.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.

Sutono, A. (2016). Pendidikan Multikultural dan Multikulturalisme di Indonesia (Realitas, Tantangan, dan Harapan). JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 15(8), 3–11.

Syaodih Sukmadinata, N. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 169–170.

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, 1994. Bandung: PT. Rosdakarya.

Virgatama, D. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KESEHATAN GIGI PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN BANGLI TAHUN 2021. Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Yunus, M., & Kosmajadi, E. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Unit Penerbitan Universitas Majalengka. z-Lib. Org.

Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).

Published

21-08-2023

Citation Check