Kesadaran Beragama Ritual dan Verbal Pada Anak Sebagai Perwujudan Pilar Belajar Untuk Mempercayai Dan Meyakini Tuhan Yang Maha Esa

Authors

  • Tri Endang Jatmikowati Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Bahar Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Sofyan Rofi Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1874

Keywords:

kesadaran beragama, verbal dan ritual, anak usia dini, pilar pembelajaran

Abstract

Belajar untuk mempercayai dan meyakini Tuhan yang Maha Esa (learning to believe and convince almighty of god), menjadi paradigma baru terkait dengan pilar pendidikan dalam konteks ke-Indonesiaan. Corak pilar ini selaras dengan dasar filosofi yaitu ketuhanan yang maha Esa, sila pertama Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Perwujudan pilar tersebut dapat didorong dari bidang pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini pada jenjang umur 5-6 tahun. Salah satu kesadaran beragama yang dapat disenergikan dengan konsep pilar yaitu kesadaran beragama secara verbal dan ritual. Kesadaran beragama secara verbal dapat hubungkan dengan hafalan do’a-doa, surat-surat pendek dan kemampuan dalam membaca al-qur’an. Adapun untuk kesadaran ritual disandarkan pada praktek ibadah sholat dan puasa. Penelitian dengan tujuan mengetahui tingkat kesadaran beragama baik secara verbal dan ritual, menggunakan 11 sekolah jenajang TK/PAUD sebagai tempat penelitian. Kuantiatif dengan corak analisis data kuantitatif deskriptif menjadi basis metode penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menguraikan bahwa perkembangan kesadaran beragama baik secara verbal dan ritual pada tingkatan baik, dengan pembiasaan sebagai metode pembelajaran pilihan yang digunakan guru maupun orang tua

References

Abdurrahman. (2019). Kesadaran Beragama Pada Anak. Al-Irsyad, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1 No 1.

Afriani, A., & Wijaya, F. (2021). Pendekatan Tekstual Dan Kontekstual Dalam Study Hadist. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(1). https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.91

Ahmadiy, A. (2016). Islam Kâffah: Tinjauan Tafsir Q.S. Al-Baqarah: 208. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 2(02). https://doi.org/10.32699/syariati.v2i02.1128.

Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Baihaqi, N. N. (2021). Masuklah dalam Islam Secara KÄffah: Analisis atas Tafsir Q 2: 208 dalam Ceramah Ustadz Adi Hidayat di Youtube. Contemporary Quran, 1(1). https://doi.org/10.14421/cq.2021.0101-01

Basir, A. (2014). Penerapan Metode Hafalan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Sdn Sidomulyo 2 Kecamatan Wanaraya Kabupaten Batola. … Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.

Fikri, M., et.al (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1).

Firdaus, F. (2014). URGENSI PSIKOLOGI AGAMA DALAM PENDIDIKAN (keluarga, sekolah, dan masyarakat). In Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama (Vol. 9, Issue 2).

Fitrianah, R. D. (2019). Perkembangan Jiwa Agama Pada Anak (Analisis Kajian dan Pemikiran dalam Psikologi Agama). Al Fitrah, 2(2).

Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968

Kahar, A. (2019). PENDIDIKAN IBADAH MUHAMMAD HASBI ASH- SHIDDIEQY. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1902

Kastolani, K. (2016). IBADAH RITUAL DALAM MENANAMKAN AKHLAK REMAJA. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2). https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.642

Kurniawan, A. (2015). Perkembangan Jiwa Agama Pada Anak. Elementary, 1(1).

Maksum, K. (2016). Konsep Dasar Pembinaan Kesadaran Beragama Dalam Dunia Pendidikan Anak. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.21927/literasi.2012.3(1).31-42

Muhibuddin, J. (2020). PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA ANAK-ANAK. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.617

Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di MIN 4 Bungo 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 02.

Nurlaila, N. (2020). ANAK-ANAK DAN HAFALAN AL-QURÃN: STUDI METODE MENGHAFAL AL-QURÃN UNTUK ANAK-ANAK. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 16(1). https://doi.org/10.47466/hikmah.v16i1.168

Oktonika, E. (2020). Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama Pada Remaja di Abad 21. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3). https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.389

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).

Rahmat, J. (2005). Psikologi Agama : Sebuah Pengantar. Bandung : Mizan Pustaka

Ratna Sari, R. (2019). Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2). https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.46

Reri Berlianti dkk. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 12(2).

Retnowati, Y. (2019). Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(1). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-07

Syah, I. J. (2019). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’ah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat). JCE (Journal of Childhood Education), 2(2). https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.36

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Published

25-10-2022

Citation Check