Kesadaran Beragama Ritual dan Verbal Pada Anak Sebagai Perwujudan Pilar Belajar Untuk Mempercayai Dan Meyakini Tuhan Yang Maha Esa
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1874Keywords:
kesadaran beragama, verbal dan ritual, anak usia dini, pilar pembelajaranAbstract
Belajar untuk mempercayai dan meyakini Tuhan yang Maha Esa (learning to believe and convince almighty of god), menjadi paradigma baru terkait dengan pilar pendidikan dalam konteks ke-Indonesiaan. Corak pilar ini selaras dengan dasar filosofi yaitu ketuhanan yang maha Esa, sila pertama Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Perwujudan pilar tersebut dapat didorong dari bidang pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini pada jenjang umur 5-6 tahun. Salah satu kesadaran beragama yang dapat disenergikan dengan konsep pilar yaitu kesadaran beragama secara verbal dan ritual. Kesadaran beragama secara verbal dapat hubungkan dengan hafalan do’a-doa, surat-surat pendek dan kemampuan dalam membaca al-qur’an. Adapun untuk kesadaran ritual disandarkan pada praktek ibadah sholat dan puasa. Penelitian dengan tujuan mengetahui tingkat kesadaran beragama baik secara verbal dan ritual, menggunakan 11 sekolah jenajang TK/PAUD sebagai tempat penelitian. Kuantiatif dengan corak analisis data kuantitatif deskriptif menjadi basis metode penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menguraikan bahwa perkembangan kesadaran beragama baik secara verbal dan ritual pada tingkatan baik, dengan pembiasaan sebagai metode pembelajaran pilihan yang digunakan guru maupun orang tua
References
Abdurrahman. (2019). Kesadaran Beragama Pada Anak. Al-Irsyad, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1 No 1.
Afriani, A., & Wijaya, F. (2021). Pendekatan Tekstual Dan Kontekstual Dalam Study Hadist. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(1). https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.91
Ahmadiy, A. (2016). Islam Kâffah: Tinjauan Tafsir Q.S. Al-Baqarah: 208. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 2(02). https://doi.org/10.32699/syariati.v2i02.1128.
Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Baihaqi, N. N. (2021). Masuklah dalam Islam Secara KÄffah: Analisis atas Tafsir Q 2: 208 dalam Ceramah Ustadz Adi Hidayat di Youtube. Contemporary Quran, 1(1). https://doi.org/10.14421/cq.2021.0101-01
Basir, A. (2014). Penerapan Metode Hafalan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Sdn Sidomulyo 2 Kecamatan Wanaraya Kabupaten Batola. … Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
Fikri, M., et.al (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1).
Firdaus, F. (2014). URGENSI PSIKOLOGI AGAMA DALAM PENDIDIKAN (keluarga, sekolah, dan masyarakat). In Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama (Vol. 9, Issue 2).
Fitrianah, R. D. (2019). Perkembangan Jiwa Agama Pada Anak (Analisis Kajian dan Pemikiran dalam Psikologi Agama). Al Fitrah, 2(2).
Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968
Kahar, A. (2019). PENDIDIKAN IBADAH MUHAMMAD HASBI ASH- SHIDDIEQY. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1902
Kastolani, K. (2016). IBADAH RITUAL DALAM MENANAMKAN AKHLAK REMAJA. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2). https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.642
Kurniawan, A. (2015). Perkembangan Jiwa Agama Pada Anak. Elementary, 1(1).
Maksum, K. (2016). Konsep Dasar Pembinaan Kesadaran Beragama Dalam Dunia Pendidikan Anak. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.21927/literasi.2012.3(1).31-42
Muhibuddin, J. (2020). PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA ANAK-ANAK. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.617
Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di MIN 4 Bungo 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 02.
Nurlaila, N. (2020). ANAK-ANAK DAN HAFALAN AL-QURÃN: STUDI METODE MENGHAFAL AL-QURÃN UNTUK ANAK-ANAK. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 16(1). https://doi.org/10.47466/hikmah.v16i1.168
Oktonika, E. (2020). Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama Pada Remaja di Abad 21. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3). https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.389
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).
Rahmat, J. (2005). Psikologi Agama : Sebuah Pengantar. Bandung : Mizan Pustaka
Ratna Sari, R. (2019). Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2). https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.46
Reri Berlianti dkk. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 12(2).
Retnowati, Y. (2019). Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(1). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-07
Syah, I. J. (2019). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’ah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat). JCE (Journal of Childhood Education), 2(2). https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.36
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).