Pembentukan Karakter Moral Qur’ani Anak di SDI Tunas Harapan Ilahi Tangerang, Banten

Authors

  • Akhmad Shunhaji Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Windy Dian Sari STAI Fatahillah Serpong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1855

Keywords:

karakter, moral, covid 19

Abstract

Kajian ini membahas tentang nilai-nilai Al-Qur’an terkait karakter moral manusia. Kajian dilakukan pada proses pendidikan di SDIT Tunas Harapan Ilahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study) berdasarkan praktik pembelajaran di SDIT Tunas Harapan Ilahi. Kajian ini menunjukkan bahwa karakter moral Qur’ani telah diparaktikkan pengajarannya di SDIT Tunas Harapan Ilahi. Pengajaran di kelas sebelum masa pandemic Covid-19 dianggap efektif untuk membentuk karakter moral manusia Indonesia. Pengajaran di kelas, pembentukan iklim belajar yang kondusif, dan komuniasi dengan orang tua, telah memiliki tahapan yang lebih jelas dan waktu pendidikan yang terukur. Keberhasilan ini, diperlukan pengembangannya di era kenormalan baru. Kebaikan-kebaikan yang dipraktikkan dimasa pandemic perlu ditingkatkan kembali menyesuaikan kebutuhan di masa kenormalan baru

References

Annur, Yusri Fajri, Ririn Yuriska, and Shofia Tamara Arditasari. 2021. “Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan.†Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021 330–35.

Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam.†Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06(12):45–61.

Fahroji, Oji. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter.†Qathrunâ 7(1):61. doi: 10.32678/qathruna.v7i1.3030.

Gestiardi, Rivan. 2021. “Strengthening The Responsibility Character Education Of Elementary Schools In The Pandemic Era.†1–11.

Gufron, Iffan Ahmad, Nani Rosini, and Taufiqurrahman Taufiqurrahman. 2020. “Pendidikan Holistik Berbasis Keagamaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ummah Sumber Kabupaten Cirebon.†Eduprof : Islamic Education Journal 2(2):149–61. doi: 10.47453/eduprof.v2i2.25.

Indarwati, Eni. 2020. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah.†Media Manajemen Pendidikan 3(2):163. doi: 10.30738/mmp.v3i2.4438.

Irsan, and Syamsurijal. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau.†JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 5(1):10–17.

Kurniawan, Syamsul. 2018. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah.†Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):197. doi: 10.19109/tadrib.v3i2.1792.

Kuswandi, Iwan. 2020. “TAHAPAN PENGEMBANGAN MORAL: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona, Lawrence Kohlberg Dan Al-Qur’an).†Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam 18(1):158. doi: 10.29062/arrisalah.v18i1.329.

Maya, Rahendra. 2017. “Karakter (Adab) Guru Dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î.†Jurnal Edukasi Islami 6(12):21–43.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, and Menteri dalam Negeri. 2021. “SKB 4 Menteri RI.â€

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. 2019. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.†Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2):50–57. doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Saifurrohman. 2017. “Pendidikan Berbasis Karakter.†Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 11(2):47–54.

Saihu, Saihu. 2020. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2(1):82–95. doi: 10.36671/andragogi.v2i1.76.

Sakman, S. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bagi Peserta Didik Di Sekolah.†SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu … 15.

Santika, I. Wayan Eka. 2020. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.†Indonesian Values and Character Education Journal 3(1):8–19.

Shunhaji, Akhmad. 2020. “Pendidikan Anti Hoaks Era 4.0 Perspektif Al-Qur’an.†Jurnal Online Studi Al-Qur An 16(1):37–54. doi: 10.21009/jsq.016.1.03.

Ulfah, Yettty Faridatul, Novianni Anggraini, and Fithriyah Nurul Hidayati. 2021. “Strategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta Curriculum Development Strategy of Islamic Modern.†09(01):67–75.

Yoga Purandina, I. Putu, and I. Made Astra Winaya. 2020. “Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19.†Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):270–90. doi: 10.37329/cetta.v3i2.454

Published

11-06-2022

Citation Check