Eksistensi Pondok Pesantren Nur Hidayah Totabuan dalam Meningkatkan Pemahaman Beragama Santri di Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow Induk
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1824Keywords:
pemahaman beragama, santri, pondok pesantrenAbstract
Pondok pesantren mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman beragama di masyarakat. Penulisan ini membahas tentang keberadaan pondok pesantren yang memiliki peran intern untuk pendidikan santri yang ada di dalam pondok sangatlah penting melalui kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren mampu meningkatkan pemahaman beragama santri, dalam proses meningkatkan pemahaman beragama santri melalui beberapa kegiatan keagamaan yang wajib di pondok. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi yang menggambarkan semua kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren Nur Hidayah.
References
Bakhtiar Amsal, Filsafat Agama, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
Daradjat Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Dian Nafid M., Praktis Pembelajaran Pesantren dari Transformasi, Yogyakarta: PT Pelangi Aksara, 2007.
Hadayanti Mustafidah dan Tukiran Taniredja, Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar, Bandung: Alfabeta, 2011.
Hakim Lukman, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2008.
Joko P. Subagiyo, Metode Penelitian, Jakarta: Renika Cipta, 2004
Karman dan Supiana, Materi PendidikaN, Jakarta: Kencana, 2007.
Misrawi Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keumatan, dan Kebangsaan, Jakarta: Kompas. 2010
Muhammad az Za’lawi Sayyid, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007.
Pudji Muljono dan Djaali, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan Jakarta: Grasindo, 2007.
Qomar Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2007.
Shaleh A.R, Pendidikan Agama dan Keagamaan : Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: Germawindu Pancaperkasa, 2000.
Subhan Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20 Jakarta: Kencana 2012.
Sudjiono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda karya, 1992.
Umar Nasaruddin, Rethinking Pesantren, Jakarta: PT Gramedia 2010.
Wangsa Gandhi Teguh, Filsafat Pendidikan; Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).