Eksistensi Pondok Pesantren Nur Hidayah Totabuan dalam Meningkatkan Pemahaman Beragama Santri di Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow Induk

Authors

  • Kudrat Dukalang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Indonesia
  • Juita Mokodompit Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1824

Keywords:

pemahaman beragama, santri, pondok pesantren

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman beragama di masyarakat. Penulisan ini membahas tentang keberadaan pondok pesantren yang memiliki peran intern untuk pendidikan santri yang ada di dalam pondok sangatlah penting melalui kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren mampu meningkatkan pemahaman beragama santri, dalam proses meningkatkan pemahaman beragama santri melalui beberapa kegiatan keagamaan yang wajib di pondok. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi yang menggambarkan semua kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren Nur Hidayah.

References

Bakhtiar Amsal, Filsafat Agama, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.

Daradjat Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Dian Nafid M., Praktis Pembelajaran Pesantren dari Transformasi, Yogyakarta: PT Pelangi Aksara, 2007.

Hadayanti Mustafidah dan Tukiran Taniredja, Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar, Bandung: Alfabeta, 2011.

Hakim Lukman, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2008.

Joko P. Subagiyo, Metode Penelitian, Jakarta: Renika Cipta, 2004

Karman dan Supiana, Materi PendidikaN, Jakarta: Kencana, 2007.

Misrawi Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keumatan, dan Kebangsaan, Jakarta: Kompas. 2010

Muhammad az Za’lawi Sayyid, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007.

Pudji Muljono dan Djaali, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan Jakarta: Grasindo, 2007.

Qomar Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2007.

Shaleh A.R, Pendidikan Agama dan Keagamaan : Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: Germawindu Pancaperkasa, 2000.

Subhan Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20 Jakarta: Kencana 2012.

Sudjiono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda karya, 1992.

Umar Nasaruddin, Rethinking Pesantren, Jakarta: PT Gramedia 2010.

Wangsa Gandhi Teguh, Filsafat Pendidikan; Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Published

30-11-2021

Citation Check