Kajian Referensi Ayat Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1808Keywords:
Metode Penelitian Al-Qur’an, Hikmah, Mauidzah Hasanah, MujadalahAbstract
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk menganalisa surat an-Nahl//16: 125 yang menjelaskan mengenai metode-metode pendidikan dan pengajaran. Adapun metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Yaitu sebuah metode penelitian dengan hasil penelitian berdasarkan literature dan dokumen yang berkaitan. Adapun untuk menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan metode Maudu’i, yaitu metode penafsiran ayat berdasarkan tema-tema tertentu. Metode pendidikan berbasis Al-Qur’an adalah sebuah metode yang bersumber dari Al-Qur’an. Isyarat mengenai metode pendidikan tersebut salah satunya adalah terdapat dalam Al- Qur’an surat an-Nahl//16: 125. Kandungan ayat ini mengisyaratkan bahwa dalam metode pendidikan menggunakan metode hikmah, mauidzah hasanah dan mujadalah. Metode hikmah bertujuan mendapatkan kemaslahatan dan kebaikan. Sedangkan metode mauidzah hasanah sebuah metode yang menekankan pada anjuran (targhib) dan ancaman (tarhib). Metode mujadalah adalah metode yang dilakukan untuk berdebat dengan cara yang baik. Untuk menghasilkan metode yang efektif diperlukan prinsip dalam melaksanakan metode. Prinsip tersebut adalah integral, seimbang, transparan, menghargai perbedaan setiap individu dan pendidikan berlangsung sepanjang hayat.
References
Abd Baqi, Muhammad Fu’ad. (1987). Mu’jam Al-Mufahras Lii Al- Fadz Al-Qur’an. Beirut: Dar Fikr.
Ahmadi, Abu. Nur Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Alim, Akhmad. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasbullah. (2001). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Kadir, Abdul dkk. (2012). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kharisma,
Langgunung, Hasan. (2004). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.
Nasution, Zulkifli. (2019). Metode Pembelajaran Pendidik Profesional dalam Al-Qur’an. Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).
Nata, Abuddin, 2005, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: UIN Jakarta Press,
Qowim, Agus Nur. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 01
Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia,
Rokib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Sastradiharja, Edi Junaedi. (t.t.). Makalah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.
Sholichah, Aas Siti. (2020). Pendidikan Karakter Anak Pra Akil Balig. Pekalongan: Nem
Syafri, Ulil Amri. (2011). Metodologi Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Bogor: Disertasi UIKA.
Shihab, Quraish M. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Zaini Miftah, Al Ulya. (2019). Warisan Metode Pendidikan Islam untuk Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 4(I).
Umiarso. Zamroni. (2011). Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Usman, Basyiruddin. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press
Pascasarjana PTIQ. (2014). Panduan Penyusunan Tesis dan Disertasi. Jakarta: Pascasarjana PTIQ.
Pito Abdul Haris. (2019). Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Andragogi Diklat Teknis, VII(I).
Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari. (1999). Al-Jami’il Ahkam Al-Qur’an. Beirut: Daar-al-Fikr.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).