Efektivitas Model Pembelajaran Karakter pada Mata Pelajaran Ektrakulikuler di sekolah full day school
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.180Abstract
Model pembelajaran karakter berbasis Al-Qur’an ini mengusung teori Integral Character Teosentris sebagai upaya menggali potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode R & D. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di sekolah Islam full day school dengan asumsi bahwa pada pendidikan full day school para peserta didik memiliki keistimewaan yaitu mereka belajar dengan suasana gembira walaupun pulang hingga petang. Peserta didik senang dengan mengembangkan minat serta bakat mereka di sekolah karena pendidikan karakter berkaitan dengan minat atau dengan kata lain karakter adalah suatu kebiasaan yang dilakukan dengan senang hati tanpa adanya paksaan.Sintak atau langkah-langkah model pembelajaran berkarakter dengan nilai-nilai karakter meneladani kisah Nabi Ibrâhîm as adalah sebagai berikut; (1) Salam pembuka (nilai karakter menebar salam), (2) Membaca Basmalah (nilai karakter ikhlas), (3) Membaca QS. Al-‘Ashr (nilai karakter sabar dan menghargai waktu), (4) Kegiatan inti pembelajaran, (5) Evaluasi inti pembelajaran, (6) Penutup; ucapan hamdalah (nilai karakter syukur) dan doa kafaratul majelis (nilai karakter taubat). Model pembelajaran karakter ini sangat efektif bila dilaksanakan setiap pertemuan matapelajaran ekstrakulikuler berdasarkan hasil angket kepuasan pada peserta didik serta guru di SDI Mafaza Jakarta Utara dan SMPIP Az Zahra Depok.
Sedangkan untuk nilai-nilai karakter yang lainnya seperti; Hanifa/yang selalu cenderung kepada kebenaran, Muhsin/mawas diri dan merasakan kehadiran Allah swt atau muhsinin/orang yang merasakan kehadiran dan kebersamaan dengan Allah swt, monoteisme atau lam yaku min al-Musyrikin atau tabarra’ atau aslam wajhah lillah, rasional, ketenangan hati, tawakkal, menghormati tamu, dapat diajarkan dan disesuaikan dengan materi pelajaran serta alokasi waktu pada program semester.
Â
Â
Kata kunci: Model Pembelajaran, efektif dan menyenangkanDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).