Bergerak Dalam Naungan Negara: Transformasi Kelembagaan Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas PTKIN di Aceh

Authors

  • Basri Ibrahim IAIN Langsa, Indonesia
  • Wahidah Wahidah Institute Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1716

Keywords:

Transformasi, Mutu, PTKIN

Abstract

PTKIN di Aceh sebelumnya dalam bentuk IAIN, STAIN dan STAI Swasta, melakukan transformasi kelembagaan menjadi UIN, IAIN, dan STAIN sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2016.  Artikel ini mendiskusikan bagaimana proses transformasi kelembagaan PTKIN di Aceh? Bagaimana dampaknya terhadap tradisi akademik civitas akademika dan kehidupan keagamaan masyarakat pasca transformasi. Analisis kajian fokus pada tata kelola, pendidikan dan pengajaran, sumber daya manusia, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh PTKIN di Aceh. Metode penelitian yang dipilih secara kualitatif dan teknik pengumpulan data secara wawancara dengan lima pimpinan PTKIN, observasi lapangan dan telaah literatur, serta dokumen yang diperoleh dari lima PTKIN di Aceh. Penelitian ini menemukan bahwa PTKIN di Aceh telah terjadi perbaikan tata kelola manajerial, peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran, semakin tinggi kualitas SDM, bertambahnya jumlah penelitian dan publikasi ilmiah, dan semakin meningkat kreatifitas pengabdian kepada masyarakat. Hal ini telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat Aceh.

References

Afandi, Agus. 2011. “Gerakan Sosial Intelektual Muslim Organik Dalam Transformasi Sosial.†Religio: Jurnal Studi Agama-Agama 1 (2): 96–119.

Aminuddin, M Yusuf. 2019. “Perubahan Status Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Indonesia.†TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 2 (1): 22–44.

Arianto, Muhammad Solihin, and Sri Rohyanti Zulaikha. 2018. “Implementasi Diseminasi Pengetahuan Islam Lokal Digital Pada Perpustakaan PTKIN Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan World Class Library.†Pustakaloka Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan 10 (1): 50–66.

Azra, Azyumardi. 1994. Pendidikan Tinggi Dalam Islam; Sejarah Dan Peranannya Dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Logos Publising House.

Barr, Nicholas. 2009. “Financing Higher Education: Lessons from Economic Theory and Reform in England.†Higher Education in Europe 34 (2): 201–9. https://doi.org/10.1080/03797720902867419.

Guangcai, Yan. 2011. “Thoughts on the Role of Government in the Development of World-Class Universities in China.†Chinese Education and Society 44 (5): 57–66. https://doi.org/10.2753/CED1061-1932440505.

Hasbiyallah, Moh. Sulhan, Heri Khoiruddin, and Undang Burhanudin. 2019. “UIN: Studi Islam Dan Arah Baru Islam Indonesia.†Jurnal Ilmiah Islam Futura 18 (2): 298–311. https://doi.org/10.22373/jiif.v18i2.3455.

Ilyas, Hamim. 2018. Fikih Akbar; Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil’Alamin. Edited by M. Iqbal Dawami. Cetakan 1. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Institut Agama Islam Negeri Langsa. 2015. Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2015/2016. Langsa: IAIN Langsa.

Kadarisman, M. 2011. “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Era Persaingan Global.†Sociae Polites khusus: 3–20.

Minhaji, H. Akh. 2007. “Masa Depan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia (Perspektif Sejarah-Sosial).†TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2): 145–75. https://doi.org/10.19105/JPI.V2I2.218.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Mujahidah, and Ismail Suardi Wekke. 2019. “Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.†In Seminar Nasional Kepemimpinan Transformatif. https://osf.io/preprints/inarxiv/46evm/.

Mujiburrahman. 2016. “Urgensi Perguruan Tinggi Dalam Pembentukan Karakter Bangsa.†Jurnal Mudarrisuna 6 (1): 159–74.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. 2014. “Integritas Dan Interkoneksitas Ilmu-Ilmu Agama Dan Sains Menuju Pendidikan Tinggi Islam Center of Excellences.†Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 1 (2): 171–82.

Panday, Rorim. 2014. “Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Untuk Penguatan Daya Saing Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara: Studi Kasus.†In Proceedings SNEB 2014, 1–6. Bandung: Arpanji.

Pomalingo, Samsi. 2014. “Perguruan Tinggi Dan Transformasi Nilai-Nilai Islam Dalam Konteks Sosial Budaya Masyarakat Indoenesia.†Jurnal Ilmiah Peuradeun: International Multidisciplinary Journal 2 (3): 119–34.

Pramono, Agus Joko, and Hendy Hendharto. 2017. “Model Transformasi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.†Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara 3 (2): 91–111. https://doi.org/10.28986/jtaken.v3i2.105.

Putro, Bambang Dharwiyanto. 2000. “Peranan Elite Intelektual Dalam Dinamika’ Masyarakat Antara Harapan Dan Kenyataan.†Humaniora XII (2): 161–69.

Salahuddin, Marwan. 2014. “Model Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam Di Indonesia.†Ulumuna Jurnal Studi Keislaman 18 (1): 121–38.

Santana K, Septiawan, and Suriani. 2009. “Budaya Akademik Internasional Mahasiswa Indonesia Di Australia Dan Kanada.†MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan XXV (2): 119–42.

Sarmadipour, Mahla. 2018. “Government’s Role in Universities Financing.†IJMAE: International Journal of Management, Accounting and Economics 5 (4): 272–81.

Setiawan, Bahar Agus, and Abd. Muhith. 2013. Tranformational Leadership: Ilustrasi Di Bidang Organisasi Pendidikan. Cet. ke-1. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sztompka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial. Edited by Tri Wibowo Santoso. Cet.Ke-4. Jakarta: Prenada Media Group.

Utama, Indra, Yusaini Yusaini, and Darmawati Darmawati. 2021. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Komitmen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Provinsi Aceh.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10 (02): 891–906.

Wijatno, Serian. 2009. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, Dan Ekonomis. Jakarta: Salemba Empat.

Published

31-05-2022

Citation Check