Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1665Keywords:
Effectiveness, On-line Learning, Islamic EducationAbstract
Transformasi pembelajaran sebagai dampak dari pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai polemik bagi warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas pelaksanaan sistem pembelajaran daring pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dengan sistematika analisis menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan pada masa pandemi kurang efektif. Hal ini terlihat dari persentase respon siswa dan guru yang berada pada kategori rendah.
References
Adit, A. (2020a). 5 Langkah Susun Strategi Pendidikan di Masa Depan Pasca Pandemi. Kompas. Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/09/180742171/5-langkah-susun-strategi-pendidikan-di-masa-depan-pasca-pandemi?page=all.
Adit, A. (2020b). Ini Peran dan Tuntutan Kompetensi Guru di Masa Pandemi. Kompas. Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/08/113530671/ini-peran-dan-tuntutan-kompetensi-guru-di-masa-pandemi?page=al
Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Chovid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Jurnal Pendidikan & Ekonomi, 5(9).
Bahasoan, A. N., Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, & Aswar Rahmat. (2020). Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2). https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30
Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dascalu, M. D., Ruseti, S., Dascalu, M., McNamara, D. S., Carabas, M., Rebedea, T., & Trausan-Matu, S. (2021). Before and during COVID-19: A Cohesion Network Analysis of students’ online participation in moodle courses. Computers in Human Behavior, 121. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106780
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.
Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).
Hermanto, Y. B., & Srimulyani, V. A. (2021). The Challenges of Online Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 46–57. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759
Harususilo, Y. E. (2020). Mendikbud Susun Kebijakan Pembelajaran Terbaik di Masa Pandemi. Kompas. Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/11/182639071/mendikbud-susun-kebijakan-pembelajaran-terbaik-di-masa-pandemi.
Husaini, R. (2020). Student’s response in online learning process: A case study of English Education students. JETLe (Journal of English Language Teaching and Learning), 2(1), 16–22. https://doi.org/10.18860/jetle.v2i1.10127
Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26–30. file:///D:/PD Manajemen Pembelajaran/Kahfi, 2020.pdf
Kamil, I. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all.
Locke, L. E., Spirduso, W. W., & Silverman, S. J. (2007). Proposals that work: A Guide for Planning Dissertation and Grant Proposal (5th ed.). CA: Sage.
Mavianti, & Ananda, R. D. (2020). Strategi Mengurangi Rasa Bosan Anak Selama SFH (School From Home) Melalui Kegiatan Berkebun Dengan Sistem Vertikultur Di Dusun IV Desa Manik Maraja Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun. Maslahah, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 164–168. https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. CA: Sage.
Nugroho, T. T. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Tempo.Co. https://kolom.tempo.co/read/1342106/pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi/full&view=ok
Nuryana, & Munsi, M. F. (2021). Aktualisasi Distance Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah A . Pendahuluan Isu pandemi Covid 19 hingga hari ini masih menjadi catatan dan perhatian penting bagi semua pihak . Pandemi menarik untuk dicermati bukan saj. Edueksos, X(1), 149–169.
Padli, F., & Rusdi. (2020). Respon Siswa dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Social Landscape Journal, 1(3), 1–7.
Purniawan, & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 784–789.
Putri, S. F. (2021). The effectiveness of Online Learning during the Covid-19 Pandemic. AMCA Journal of Education and Behavioral Change, 1(2), 5–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012089
Rahadi, F. (2021). Pembelajaran Daring Harus Dilakukan Secara Menyenangkan. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qob47i291/pembelajaran-daring-harus-dilakukan-secara-menyenangkan
Rahman, N. (2009). Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum). Pustaka Felicha.
Rompas, M. (2021). Respon Siswa terhadap Belajar dari Rumah pada Masa Corona Virus Melalui Pembelajaran Jarak Jauh dalam Jaringan. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(1), 32–43.
Shalihah, N. F. (2020). 4 Hal yang Beda Saat Belajar Tatap Muka di Sekolah pada Masa Pandemi. Kompas. Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/08/203100665/4-hal-yang-beda-saat-belajar-tatap-muka-di-sekolah-pada-masa-pandemi?page=all.
Soni, V. D. (2020). Global Impact of E-learning during COVID 19. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3630073
Sujarwo, S., Sukmawati, S., Akhiruddin, A., Ridwan, R., & Suharti Siradjuddin, S. S. (2020). An Analysis of University Students’ Perspective On Online Learning in The Midst of Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 125–137. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.24964
Syafi’i, M., Wiranti, W. R. A., & Yusnawati. (2021). Respon Siswa Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Dumai. Riau Education Journal, 1(1), 27–31.
Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325
Syafitri, A. S. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Kompas. Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all.
Tempo. (2020). Kemendikbud Keluarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi Covid-19. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1354002/kemendikbud-keluarkan-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-tahun-ajaran-baru-di-masa-pandemi-covid-19
Volery, T., & Lord, D. (2000). Critical success factors in online education. International Journal of Educational Management, 14(5), 216–223. https://doi.org/10.1108/09513540010344731
Wijaya, L. D., & Kurniawati, E. (2020). Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Tempo.Co. https://metro.tempo.co/read/1391861/dampak-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19/full&view=ok
Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).