Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan

Authors

  • Abd Mukti UIN Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Syaukani Syaukani UIN Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1630

Keywords:

Student Management, Graduate Quality, Islamic Junior High Schools Al-Ulum Terpadu Medan.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan peserta didik di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan dalam peningkatan kualitas lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles & Huberman, dengan siklus yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, dalam peningkatan kualitas lulusan kegiatan peserta didik di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 1) Perencanaan dilakukan dengan membuat target capaian, menentukan cara mencapainnya dan identifikasi terhadap kemungkinan yang akan terjadi; 2) Pengorganisasian terhadap kegiatan peserta didik dilakukan dengan menetapkan pembagian tugas pada pihak yang terlibat; 3) Pelaksanaan kegiatan peserta didik dilakukan sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan dalam kegiatan perencanaan; 4) Pengawasan melibatkan pihak internal dan eksternal dalam kegiatan peserta didik; 5) Evaluasi terhadap kegiatan peserta didik dilakukan dengan melihat tingkat keberhasilan, mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan mencari solusi perbaikan. Hasil evaluasi terhadap kegiatan kesiswaan, dipergunakan sebagai umpan balik (feedback) dalam membuat program perbaikan.

References

Adodo, and Agbayewa. “Effect of Homogenous and Heterogeneous Ability Grouping Class Teaching on Student’s Interest, Attitude and Achievement in Integrated Science.†International Journal of Psychology and Counselling 3, no. 3 (2011): 49.

Akilah, Fahmiah. “Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan: Manifestasi Dan Implementasi.†Didaktika Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (2017): 87.

Ali Ma’shum, and Zainal Abidin Munawwir. Kamus Al-Munawwir. (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Amirin, Tatang. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Ananda, Rusdi, and Tien Rafida. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Andang. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Badrudin. Manajemen Peserta Didik. (Jakarta: PT. Indeks, 2014.

Dedi Iskandar. “Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.†Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 9, no. 2 (2016): 182.

Fadhli, Muhammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.†TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 36.

Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Harfiani, Rizka, and Hasrian Rudi Setiawan. “Model Penilaian Pembelajaran Di Paud Inklusif.†Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 5, no. 2 (2019): 236.

Hidayat, Rahmat, and Candra Wijaya. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI, 2017.

Jacobs, George. “Student Centered Learning An Approach to Fostering Democracy in Schools.†Jurnal Beyond Words 4, no. 2 (2016): 81.

Knezevich, Stephen J. Administration of Public Education. New York: Harper and Brothers Publisher, 1961.

Miles, Matthews B., and A. Michael Huberman. An Expanded Source Book Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publication, 1992.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Ros. Bandung., 2002.

Musrofi, M. Melesatkan Prestasi Akademik Siswa, Cara Praktis Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Tanpa Kekerasan Dan Tanpa Harus Menambah Jam Belajar. Yogjakarta: PT. Pustaka Intan Madani, 2010.

Nurmadiah. “Konsep Manajemen Kesiswaan.†AL-AFKAR Jurnal Keislaman Dan Peradaban 3, no. 1 (2014): 46.

Nurzannah, Nurman Ginting, and Hasrian Rudi Setiawan. “Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System.†In Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 9. Medan: UMSU Press, 2020.

Rifa’i, M., and Muhammad Fadhli. Manajemen Organisasi. Medan: Cipta Pustaka Media Perintis, 2013.

Rosnita. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media, 2007.

Setiawan, Hasrian Rudi, and Danny Abrianto. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Bildung, 2019.

Syafaruddin, and Nurmawati. Pengelolaan Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2011.

Terry, George R. Principles of Management. University of California: R.D. Irwin, 1968.

Wicaksono, Anggit Grahito. “Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesiaâ€, Dalam.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 1, no. 1 (2017): 10.

Wijaya, Candra, and Muhammad Rifa’i. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Published

30-11-2021

Citation Check