Pembaharuan Pendidikan Keagamaan Islam di Banten: Pendidikan Diniyah Takmiliyah

Authors

  • Samudi Samudi STAI La Tansa Mashiro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1617

Keywords:

pembaharuan, pendidikan keagamaan islam, diniyah takmiliyah, majelis

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji, menganalisis dan merumuskan pembaharuan Pendidikan Diniyah Takmiliyah, Pondok Pesantren dan Majelis Taklim yang berkenaan dengan kurikulum, pembelajaran dan tenaga pendidik dan kependidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian dasar melalui pendekatan paradigma fenomenologi, unit analisisnya  adalah Pendidikan Diniyah Takmiliyah, Pondok Pesantren dan Majelis Taklim Miftahul Ula Bani Idris Cibadak Lebak. Pengumpulan datanya yaitu: observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validasi teori memakai triangulasi data. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: Pembaharuan lembaga pendidikan keagamaan Islam dipengaruhi oleh faktor pembinaan dari kebijakan pemerintah daerah, akan tetapi terhambat oleh resistensi kultural dari masing-masing lembaga pendidikan keagamaan Islam tersebut, kendati demikian proses pembaharuan berjalan terus dan sudah terjadi pada kurikulum, pembelajaran dan tenaga pendidik dan kependidikan. Bentuk pembaharuan meliputi: pengembangan materi pembelajaran, penerapan sumber bahan ajar yang beragam, penerapan kriteria penerimaan peserta didik atau santri, penerapan peraturan pembelajaran, penerapan media, metode dan evaluasi pembelajaran yang bervariasi, penerapan kriteria penerimaan dan legalitas tenaga pendidik dan kependidikan, penerapan jumlah dan kelengkapan struktur pengurus.

Author Biography

Samudi Samudi, STAI La Tansa Mashiro

Pendidikan Agama Islam

References

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2010.

_______. Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan,†dalam Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan, Nurcholish Madjid, Jakarta: Paramadina, 2010

Admodiwirio, S. (2000). Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT Ardadizya Jaya, 2000.

Abdullah, M. Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integrative Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Ali. A.Mukti, Beberapa Masalah Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Yayasan Nida, 2010.

Agung, L. & Suparman. (2012). Sejarah pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak. 2012.

Djuwaeli, Irsyad, Membawa Mathla’ul Anwar ke Abad XXI, Jakarta: PB Mathla’ul Anwar, 1997.

Djojonegoro, Wardiman, Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia, Jakarta: Depdikbud, 1996.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, cet. ke-3, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.

Iskandar, Mohammad, Para Pengemban Amanah: Pergulatan Pemikiran Kiai dan Ulama di Jawa Barat, 1900-1950, Yogyakarta: Matabangsa, 2001.

Kartodirdjo, Sartono, The Peasants’ Revolt of Banten in 1888: Its Condition, Course and Sequel (‘S Gravenhage: Martinus Nijhoff, 1966

_______, Pemberontakan Petani Banten 1888: Kondisi, Jalan, Peristiwa dan Kelanjutannya, terj. Hasan Basari, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1984.

Keputusan Bupati Lebak Nomor: 900/Kep.243-Kesra/2019 tentang Bantuan Dana Hibah Barang Kegiatan Program Pendidikan Nonformal Pengadaan Mebeulair Sarana dana Prasarana Pendidikan Keagamaan, 2019

Keputusan Bupati Pandeglang Nomor: 978.3/Kep.149-Huk/2019 tentang Pemberian Hibah berupa Uang kepada Masjid, Mushola, Pondok Pesantren dan Majelis Taklim, 2019

Keputusan Bupati Lebak Nomor: 42.19/Kep. 235/Sos/ 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Wajib Belajar Madrasah Diniyah, 2006.

Peraturan Bupati Lebak Nomor: 16 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah, 2010

Keputusan Bupati Lebak Nomor: 400/Kep.633-Kesra/2018, tentang Penetapan Penerima Bantuan Operasional Sekolah.

Keputusan Bupati Lebak Nomor: 420/Kep. 633-Kesra/2018 tentang Penetapan Guru Madrasah Diniyah sebagai Penerima Insentif.

Kotter, J.P. & Schlesinger, L.A. â€Choosing Strategies for Changeâ€. Harvard Business Review, March-April, 1979

Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2011

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014

Muhaimin, dkk 2010. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah /Madrasah, Jakarta : Kencana Prenada Mulia Group. 2010.

Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 2010

Oreg, Shaul. Resistance to change: Developing an Individual Differences Measure. Journal of Applied Psychology. 4: 680-693. 2003

Peraturan Pemerintah No. 55/2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Pemerintah Daerah Provinsi Banten. Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 7 Tahun 2012. Banten, 2014.

Pemerintah Provinsi Banten, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Banten, 2018.

Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 12 Tahun 2005 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah di Kabupaten Lebak.

Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Majelis Taklim.

Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang No.27 tahun 2007 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah

Robert G. Burgess, In the Field; an introduction to field research, (Canada: Taylor & Francis e-Library, 2006

Rusli, Ris’an, Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Shihab, Alwi, Membendung Arus: Respons Gerakan Muhammadiyah terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia. Bandung: Mizan, 2010.

_______, Membendung Arus: Respons Gerakan Muhammadiyah terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia. Jakarta: Mizan, 2010

Sudirman, N. dkk, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Soetopo, Hendyat, Dan Wasti Sumanto, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara, 2000.

Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 2010.

Published

30-11-2021

Citation Check