Model Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan

Authors

  • Saiful Akhyar Lubis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Achyar Zein Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anjai Lasri Limbong Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1547

Keywords:

Model, Tahfiz Quran, Jabal Rahmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Bagaimanakah Program pembelajaran Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Apa kendala yang dihadapi Tenaga Pendidik di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan saat proses pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan, Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Bagaimanakah Mekanisme Rekruitment Tenaga Pendidik Tahfidz Alquran di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan field Research yang mana studi ini juga sering disebut dengan studi lapangan, dalam studi ini ada beberapa cara atau teknik yang peneliti lakukan untuk mendapatkan data, yaitu 1) dengan teknik wawancara, 2) observasi dan 3) studi dokumen. Dari hasil penelitian mengungkapkan temuan sebagai berikut 1) Program pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan pada pagi hari yakni mulai pukul 07.30 hingga 10.00 Wib. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan yakni, a). Murojaah hafalan hari sebelumnya, b). Menambah hafalan baru, c). Setoran hafalan. pelaksanaan ini diawasi oleh seorang kordinator dan tanggung jawab penuh diserahkan oleh kepala sekolah kepada Kordinator Tahfidz Alquran. 2) Kendala yang di hadapi tenaga pendidik dalam menjalankan pembelajaran Tahfidz Alquran terdapat dua hal yakni kendala Internal dan kendala eskternal, adapun kendala Internal ialah, metode yang belum tepat dan kurangnya pelatihan terhadap metode pembelajaran Tahfidz Alquran, adapun kendala eksternal ialah, rendahnya dorongan orang tua terhadap siswa dan berbedanya kemampuan setiap anak dalam menerima pembelajaran dan timbulnya kejenuhan pada anak pada saat menghafal. 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Alquran dilakukan dengan tiga tahapan pada setiap satu semester, yakni adanya a). evaluasi bulanan, b). evaluasi tengah semester dan c). evaluasi akhir semester, 4) Rekruitmen tenaga pendidik dilakukan dengan dua tahapan yakni tes lisan dan tulisan dan syarat utama ialah, memiliki hafalan Alquran sesuai dengan target peserta didik yakni 5 Juz Alquran

References

Ahmad, Solihin Bunyamin. 2000. Kamus Induk Alquran Metode Granada. Jakarta: Lentera.

Al- A’zami. 2014. The History of The Qur’anic Text: From Revelation to Compilation, Terj. Sohirin Solihin dkk, Sejarah Teks Alquran dari Wahyu sampai Kompilasi. Jakarta: Gema Insani.

Dewangga, Nazam. 2014. Mukjizat Keterbatasan. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Drajat, Amroeni. 2014. Ulum AlQuran, Pengantar Ilmu-Ilmu AlQuran. Bandung: Citapustaka Me-dia.

Khalil Al-Qattan, Manna. 2012. Mabahis fi Ulumil Qur’an (Studi Ilmu-Ilmu Quran), Terj. Mudzakkir AS. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Lidwa Pustaka Kitab Hadis 9 Imam E-sofware, Kitab Imam Abu Daud.

Malik bin Hisyam Al-Muafiri, Abu Muhammad Abdul. 2013. As-Sirah An-Nabawiyah li Ibni Hisyam, (Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jil. I), Terj. Fadhli Bahri, Lc. Bekasi: Darul Falah.

Milles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2009. Analisa Data Qualitatif , Terj. Tjejep Rohendi Rohidi, Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia -Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad, Ahsin Sakho. 2018. Oase Alquran, Penuntun Kehidupan. Jakarta: Qaf.

Naquib Al-Attas, Syed Muhammad.1994. The Concep of Education In Islam: A Framework For Anislamic Philosophy Of Education, Terj. Haidar Bagir, Konsep Pendidikan dalam Islam Cet. Ke VI. Bandung: Penerbit Mizan.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, volume 14. Jakarta, Lentera Hati.

Subro, Seno. 2000. Seri Bahasa Indonesia, Kata-Kata Mutiara. Semarang: Aneka Ilmu.

Wawancara

Wawancara dengan Pimpinan Sekolah Sd Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Bapak Ikhwan Yusuf, M.Pd. Senin 3 Desember 2018.

Abdul Kholik, S.Pd, Kepala Sekolah SDIT Bunayya. Senin 10 Desember 2018.

Ikhwan Yusuf. M.Pd, Kepala Sekolah SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Senin 3 Desember 2018.

Wawancara dengan Akhyar Nasution, Pembimbing Hafalan Guru Alquran dan seluruh pegawai di Yayasan Pendidikan

Wawancara dengan Direktur Harian SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, Hasnan, S.Pd. Sabtu 29 Juni 2019, Pkl 14.00 wib. Diruangan kerja Direktur.

Published

25-02-2022