Karakteristik Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Berbasis Pesantren di Sumatera Selatan

Authors

  • Syamsuddin Tubingan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan Indonesia
  • Duski Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Saipul Annur Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ari Sandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1536

Keywords:

Karakteristik, Perguruan Tinggi, Pesantren, Swasta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik Pesantren pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif, dengan menggunakan model penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dalam tulisan ini adalah perguruan tinggi agama islam swasta pada (PTKIS) Berbasis Pesantren Di Sumatera Selatan (Studi Di STITQI  Ittifaqiyah, Ogan Ilir, IAI Al-Azhar Lubuk Linggau Dan STIQ Annur  OKI). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisisnya melalui proses reduksi, verifikasi, display, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah karakteristik manajemen di perguruan tinggi berbasis pondok pesantren, suasana pembelajaran yang meliputi pola interaktif, metode, bahan ajar, media pembelajaran, struktur organisasi memiliki dua sayap di perguruan tinggi, serta memprioritaskan para alumni yang memiliki kompetensi dalam ha lilmu Al-Qur’an, menyelenggarakan pembelajaran yang lebih mendalam mengenai ilmu Al Qur’an menjadikannya sebagai cirri khas perguruan tinggi berbasis pesantren yang memiliki visi mencetak kader-kader calon ulama.

References

Al-Qawardi, M. Yusuf. Manajemen Pendidikan Islam. Bekasi: Pustaka Isfahan, 2005.

Ali Yafie. Pengantar Pendidikan Islam. Bandung: Mizan, 2005.

Arif, Mahmud. “Islam, Kearifan Lokal, Dan Kontekstualisasi Pendidikan: Kelenturan, Signifikansi, Dan Implikasi Edukatifnya.†Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 15, no. 1 (2015): 67–90.

Baharun, Hasan. “Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren.†Ulumuna 21, no. 1 (2017): 57–80.

Barthos, Basri. Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Cipto, Bambang. Pengelolaan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Darwan, Raharjo M. Pergulatan Dunia Pesantren Membangun Dari Bawah. Jakarta: P3M, 2009.

Dhofier, Zamakhsyari. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Persada, 2006.

———. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES, 1982.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Junaidi. Pengantar Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Kartono. Manajemen Kurikulum. Bandung: Bandar Maju, 2008.

Kurniadin. Manajemen Pendidikan: Konsep Dan Prinsip Pengelolan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad XXI. Jakarta: Pustaka Al- Husna, 1998.

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina, 1997.

Masyud. Manajemen Pondok Pesantren; Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2010.

Muali. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 2008.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia. Ciputat: PT. LOGOS WACANA ILMU, 2001.

Sanjaya, Wina. “Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur.†Jakarta: Kencana, 2013.

Wijatno, Serian. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, Dan Ekonomis Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Mutu Lulusan. Penerbit Salemba Empat, 2009.

Published

10-10-2022