Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP-IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Erwan Cakra Yudha Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
  • Yusup Rohmadi Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1419

Keywords:

Korelasi, Kemampuan, Hafalan Al-Qur`an, Prestasi Pelajaran Matematika.

Abstract

Permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah SMPIT Ibnu Abbas Klaten setiap siswa berkewajiban menghafalkan Al-Qur’an minimal 20 juz selama menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan hafalan Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika di SMPIT Ibnu Abbas Klaten. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SMPIT Ibnu Abbas Klaten pada tahun 2018 dengan subjeknya adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan hafalan Al-Qur`an. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil penelitian: Pertama penerapan hafalan Al-Qur`an sesuai dengan hasil observasi dan berdasarkan hasil angket tergolong cukup baik, ini dapat dilihat dari analisis data melalui skor rata - rata sebesar 57.433 yang berada dalam klasifikasi diantara 51 – 75, maka dapat diketahui penerapan hafalan Al-Qur`an termasuk kategori sedang. Kedua prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika setelah melalui kegiatan hafalan Al-Qur`an berada pada kategori baik dengan siswa mencapai belajar tuntas sebanyak 27 siswa. Ketiga adanya hubungan antara kemampuan hafalan Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Matematika di SMPIT Ibnu Abbas Klaten dengan interpretasi kuat atau tinggi. Hal ini dapat diketahui dari hasil formulasi statistik product moment dengan hasil 0,870 yang terletak antara 0,70 – 0,90 pada tabel angka korelasi “râ€.

References

Al-hafizh, Mushlihin. 2014. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar (http://ahmadbinhanbal.wordpress.com), diakses pada tanggal 05 Oktober 2017.

Azwar, Saifudin. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Munawir, Ahmad Warson. 1997. Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Oemar, Hamalik. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Wahid, Wiwi Alawiyah. 2013. Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Jogjakarta: Diva press.

Published

25-10-2022

Citation Check