Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP-IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1419Keywords:
Korelasi, Kemampuan, Hafalan Al-Qur`an, Prestasi Pelajaran Matematika.Abstract
Permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah SMPIT Ibnu Abbas Klaten setiap siswa berkewajiban menghafalkan Al-Qur’an minimal 20 juz selama menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan hafalan Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika di SMPIT Ibnu Abbas Klaten. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SMPIT Ibnu Abbas Klaten pada tahun 2018 dengan subjeknya adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan hafalan Al-Qur`an. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil penelitian: Pertama penerapan hafalan Al-Qur`an sesuai dengan hasil observasi dan berdasarkan hasil angket tergolong cukup baik, ini dapat dilihat dari analisis data melalui skor rata - rata sebesar 57.433 yang berada dalam klasifikasi diantara 51 – 75, maka dapat diketahui penerapan hafalan Al-Qur`an termasuk kategori sedang. Kedua prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika setelah melalui kegiatan hafalan Al-Qur`an berada pada kategori baik dengan siswa mencapai belajar tuntas sebanyak 27 siswa. Ketiga adanya hubungan antara kemampuan hafalan Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Matematika di SMPIT Ibnu Abbas Klaten dengan interpretasi kuat atau tinggi. Hal ini dapat diketahui dari hasil formulasi statistik product moment dengan hasil 0,870 yang terletak antara 0,70 – 0,90 pada tabel angka korelasi “râ€.
References
Al-hafizh, Mushlihin. 2014. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar (http://ahmadbinhanbal.wordpress.com), diakses pada tanggal 05 Oktober 2017.
Azwar, Saifudin. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Munawir, Ahmad Warson. 1997. Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.
Oemar, Hamalik. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2013. Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Jogjakarta: Diva press.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).