Optimalisasi Efektifitas Kualitas Pendidikan Tinggi Islam Menggunakan Metode Hungarian
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1347Keywords:
Efektifitas kualitas pendidikan, LINGO, Metode Hungarian, Pendidikan tinggi IslamAbstract
Penelitian ini membahas mengenai optimalisasi efektifitas kualitas pendidikan tinggi Islam menggunakan metode Hungarian dengan software LINGO (Linear Interactive and Discrete Optimization). Pada penggunaan metode LINGO ini, yaitu dengan cara merumuskan masalah ke dalam persamaan matematika, lalu merumuskan rumusan tersebut ke dalam software LINGO dengan menginput suatu SETS, fungsi tujuan, fungsi pembatas, serta data yang digunakan pada jendela baru, kemudian mengeksekusi permasalahan dengan memilih opsi solution pada menu solver, yang selanjutnya interpretasi dari hasil eksekusi tersebut. Hasil dari kedua metode tersebut menghasilkan nilai optimal yang sama, yang mana berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa, penugasan alokasi tenaga pendidik di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada mata kuliah tertentu adalah: tenaga A, B, C, D, dan E mengampu Mata Kuliah Bahasa Inggris, Biologi, Matematika, Kimia, dan Fisika. Hasil simulasi tersebut menunjukkan bahwa total kesempatan minimum yang akan memaksimalkan kualitas pendidikan tinggi Islam adalah 84 dengan total maksimum keefektifitasan kualitas pendidikan adalah 416.References
D. T. Syaifuddin. 2011. Riset Operasi (Aplikasi Quantitative Analysis for Management). Malang: Penerbit Percetakan CV Citra Malang.
S. M. M. Trihudiyatmanto. 2017. Riset Operasional (Operations research) & Penyelesaian menggunakan Software WinQSB. Jakarta: Lereng Sindoro.
H. A. Taha. 1996. Riset Operasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
J. Supranto. 1988. Riset Operasi untuk pengambilan keputusan. Jakarta: salemba empat.
N. Soemartojo. 1997. Program Linear. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
F. H. W. Ulfasari Rafflesia. 2014. Pemrograman Linier. Bengkulu: Badan Penerbitan Fakultas Pertanian UNIB.
F. d. Hiller. 1990. Pengantar Riset Operasi (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.
P. D. Subagyo. 1983. Dasar-Dasar Operations Research. Yogyakarta: BPFE.
Siswanto. 2006. Operation Research Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.
D. A. Thirupath I. 2015. An innovative method for finding optimal solution to assignment problems. International journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, vol. vol 6, no. Issue 8, pp. 2319-8753.
D. m. A. H. Humayra Dil Afroz. 2017. New Proposed Method for Solving Assignment Problem and Comparative Study with Existing Methods. IOSR Journal of Mathematics, vol. 13, no. 2, pp. 84-88.
S. d. Pangestu. 1985. Dasar-Dasar Operations Research. Yogyakarta: BPBE Yogyakarta.
S. Prawirosentono. 2005. Riset Operasi dan Ekonofisika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
G. D. R. S. Shweta Singh. 2012. A Comparative Analysis of Assignment Problem. IOSR Journal of Engineering (IOSRJEN), vol. Volume 2, no. Issue 8, pp. 01- 15.
D. M. A. H. Humayra Dil Afroz. 2017. Divide Column and Subtract One Assignment Method for Solving Assignment Problem. American Scientific Research Journal for Engineering, Technology, and Sciences (ASRJETS), vol. 32, no. 1, pp. 289-297.
S. S. A. A. a. A. U. Kabiru. 2017. An Optimal Assignment Schedule of Staff- Subject Allocation. Journal of Mathematical Finance, no. 7, pp. 805-820.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).