Tinjauan Terhadap Tripusat Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1329Keywords:
Tripusat Pendidikan, Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan, Pendidikan NasionalAbstract
Lingkungan pendidikan yang dikenal oleh masyarakat sampai saat ini terdiri atas di lingkungan pendidikan keluarga; sekolah; dan masyarakat yang disebut dengan Tripusat Pendidikan. Gagasan ini dilandasi oleh sebuah argumen bahwa setiap manusia akan selalu berada dan mengalami perkembangan dalam tiga lingkungan pendidikan tersebut. Konsep tripusat pendidikan yang terdiri atas lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat telah terselenggara sejak kali pertama digagas hingga saat ini masih tetap berlangsung, bahkan mendapat penguatan dan pengakuan dari pemerintah dalam Konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Padahal dalam perspektif pendidikan Islam, seorang anak sebelum mendapat pendidikan dari tiga lingkungan tersebut telah mendapat pendidikan dari ibunya selama di dalam kandungan sebagai lingkungan pendidikan pertama. Tujuan penelitian ini untuk melakukan tinjauan terhadap Tripusat Pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan menganalisis secara yuridis-normatif terhadap ayat-ayat al-Quran tentang konsep pendidikan Islam yang berkaitan dengan pendidikan dalam kandungan dan konsep tripusat Pendidikan berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagai obyek kajian atau sasaran penelitian. Hasil dan pembahasan dalam penelitian disimpulkan bahwa lingkungan pendidikan dapat diperluas dari tiga menjadi empat lingkungan pendidikan, yaitu: lingkungan pendidikan dalam kandungan, lingkungan pendidikan keluarga, lingkungan pendidikan sekolah, dan lingkungan pendidikan masyarakat. Empat lingkungan Pendidikan ini harus sejalan secara paralel dan bersinerji untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
References
Abrasyi, Muhammad Athiyah al-. 1975. Al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falsafatuhu. Kairo: Isa al-Babiy.
Abdullah, Abdul Rahman. 1965. Usus al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Thuruq Tadrisiha. Damaskus: Dar al-Nahdhah al-Arabiyah.
Attamimi, A. Hamid S. 1993. Hukum Tentang Peratutan Perundang-undangan dan Peraturan Kebijakan (Hukum Tata Pengaturan), Pidato Purna Bakti Guru Besar Tetap Fakultas Hukum UI, tidak diterbitkan).
Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yokyakarta: Ar-Rum Media.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Attas, Muhammad Naquib al-. tt. Konsep Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Djumransyah, H.M. dan Abdul Malik Karim Amrullah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Menegukuhkan Eksistensi. Malang: UIN Malang Press.
Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fudyartanta. 1990. Buku Ketamansiswaan. Yogyakarta.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Indrakusuma, Amir Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Isna, N. 2012. Mencetak Karakter Anak Sejak Janin. Yogyakarta: Diva Press.
Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al Qur’an. Yogyakarta: Teras.
Latief, H. Abdul. 2005. Hukum dan Peraturan Kebijakan pada Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: UII Pres.
Nizar, Samsul. 1999. Peserta Didik Dalam Perspektif Islam, (Sebuah Pengantar Filsafat Pendidikan Islam). Padang: IAIN Imam Bonjol Press.
Nasution S. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 1985. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya.
Rohman, Arif. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
Rosyadi, A. Rahmat. 1993. Islam Problema Sex, Kehamilan dan Melahirkan. Bandung: Angkasa.
----------, 2017. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor: UIKA PRESS.
Ramayulis. H. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ridha, Rasyid. 1373 H. Tafsir al-Manar. Mish: Dar al-Manar.
Mujib, Abdul dan Muzdakkir Jusuf. 2006, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir AL-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Said, Muhammad As. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mira Pustaka.
Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).