Analisis Kompetensi Tenaga Pendidik Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Qodratullah Desa Langkan Kabupaten Banyuasin
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1312Keywords:
Kompetensi, Madrasah, Tenaga PendidikAbstract
Penelitian ini didasarkan pada kasus kompetensi guru Madrasah lebih umumnya guru pondok pesantren secara kompetensi tidak sebaik guru yang ada di sekolah umum. Khusus dalam penelitian ini yaitu kompetensi guru yang ada di Madrasah, dimana secara kelembagaan madrasah, mampu menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas, namun jika diamati lebih dalam guru-guru yang ada kompetensi pendidikannya masih belum pada kualitas yang seharusnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kompetensi tenaga pedidik madrasah yang ada di Madrasah. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode penelitian adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari keseluruhan pemaparan bahwa para tenaga Pendidik di Madrasah masih mempunyai sisi lemah di bidang pengembangan kurikulum/Silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran serta pemanfaatan sarana teknologi bagi guru-guru usia lanjut serta sistem mengajar yang harus dirubah, tidak lagi di dominasi dengan sistem satu arah namun harus sudah dua arah, dimana santri sebagai mitra belajar. Kompetensi akademik/profesional guru Madrasah belum begitu menguasai penelitian, sehingga penelitian yang bisa dilakukan hanya sebatas penelitian tindakan kelas. Kompetensi kepribadian tenaga pendidik sudah baik, hal ini dikarenakan, faktor lingkungan Madrasah yang mempengaruhi kepribadian tenaga pendidik untuk bersikap arif dan bijak, kemudian latar belakang tenaga pendidik yang pernah belajar di Madrasah waktu sekolah, tentu sudah membentuk karakter yang baik bagi pribadi tenaga pendidik. Kompetensi sosial sudah bisa dikatakan memiliki kompetensi sosial yang baik, hal ini tidak lepas daripada kompetensi pribadi guru, yang sebagian memiliki kemampuan di luar mengajar, yaitu bisa sebagai pendakwah, guru pengajian dan lain-lain, sehingga sering kali guru atau tenaga pendidik di Madrasah juga menjadi tokoh agama atau masyarakat di tengah masyarakat.
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. “Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi.â€
———. 2006. “Prosedur Penelitian: Surat Pendekatan Praktis.†Assisi, Abbas. Biografi Dakwah Hasan Al-Banna. Bandung: Harakatuna Publishing.
Fahdini, Reni, Ence Mulyadi, Deni Suhandani, and Julia Julia. 2014. “Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang.†Mimbar Sekolah Dasar 1 (1): 33–42.
Haedari, H. 2004. “Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas Dan Kompleksitas Global (A. Amin & A. Hanif, Eds.).†Jakarta: IRD Press.
Ilanlou, Maryam, and Maryam Zand. 2011. “Professional Competencies of Teachers and the Qualitative Evaluation.†Procedia-Social and Behavioral Sciences 29: 1143–50.
Indonesia, Presiden Republik. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Liakopoulou, Maria. 2011. “The Professional Competence of Teachers: Which Qualities, Attitudes, Skills and Knowledge Contribute to a Teacher’s Effectiveness.†International Journal of Humanities and Social Science 1 (21): 66–78.
Miles, M. 1994. “Huberman. Qualitative Data Analysis (an Expanded Sourcebook).†London: Sage.
Nasir, M Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Pustaka pelajar.
Nata, Abuddin. 2018. “Pendidikan Islam Di Era Milenial.†Conciencia 18 (1): 10–28.
Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Penerbit Kanisius.
Sumitro, Dwi Siswoyo, T Sulistyiono, Wisnu Giyono, L Hendro Wibowo, and Suryati Sidharto. 2006. “Pengantar Ilmu Pendidikan.†IKIP Yogyakarta.
Tanang, Hasan, and Baharin Abu. 2014. “Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia.†Journal of Curriculum and Teaching 3 (2): 25–42.
Usman, Husaini. 2008. “Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah.†Jurnal Tenaga Kependidikan 4 (3).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).