Inovasi Kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Jamilurrahman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1274Keywords:
Model-model inovasi, kurikulum, Media pembelajaran, Madrasah Aliyah Jamilurrahman.Abstract
Madrasah merupakan bagian penting dari identitas yang tinggi nilainya bagi bangsa Indonesia, sehingga umat Islam harus mempertahankannya dan mengembangkan eksistensinya.Madrasah Aliyah Jamilurrahman  mampu merespon perubahan secara cepat dan tepat, sehingga bisa mrngembangkan secara berkesinambungan, dibidang kurikulum dan menjadi Madrasah yang unggul. Pada penelitian ini berusaha mengungkap inovasi kurikulum yang dimiliki oleh madrasah aliyah jamilurrohman yang berlokasi di bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. oleh itu karena penelitian ini tergolong kualitattif. Hasil dari penelitian ini adalah bahawa madrasah Aliyah Jamilurrahman mampu memadukan kurikulum Madrasah dengan kurikulum tahfidz. Sejatinya kurikulum madrasah sarat dengan muatan agama disamping materi umum. Sehingga output lulusan MA jamilurrohman selain menguasai mataeri dinyah dan umum, juga hafal Alqur’an hingga 30 juz.
References
Al-Khauly, Ali, (tth), Kurikulum Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta
Anonim. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika. P. 4
Burhan Nurgiyantoro.1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Dakir, H. 2004. perencanaan dan pengembangan kurikulum. jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Komsiyah, Indah. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.
Kosim, Muhammad, “Madrasah di Indonesia (Pertumbuhan dan perkembanganâ€),Tadris Jurnal Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan.,Vol. 2 No. 1 (2007)
Ramayulis. 2011. Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep,filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam, dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia.
Saylor, J. Galen dan Alexander, William M. 1974, “Planning Curriculum for Schollsâ€. Holt Rine hart and Winston, Inc , New York.
Suryosubroto, B.. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).