Metodologi Tafsir Maudhu’i Perspektif Al-Sa’di dalam Taisir Al-Lathif Al-Mannan Fi Khulashah Tafsir Al-Qur’an (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahman Ibn Nashir Al-Sa’di)
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4658Abstract
Al-Sa’dî dan berbagai karyanya banyak menarik minat para peneliti untuk melakukan penelitian terhadapnya. Di antara karya Al-Sa’dî yang patut diapresiasi dan mendapatkan atensi penelitian adalah karya tafsir keduanya yang berjudul Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân. Namun dalam realitasnya, tafsir tersebut belum banyak dijadikan sebagai objek penelitian, dibandingkan kitab tafsir primer dan populer karya Al-Sa’dî, yaitu Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber-sumber literatur dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisnya mengunakan analisis isi secara deskriptif dan kualitatif-interpretatif. Tujuan dari artikel ini adalah mengintroduksi Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân sebagai karya tafsir Al-Sa’dî lainnya yang layak untuk dijadikan objek penelitian dan dengan menganalisis isi kandungannya secara deskriptif-interpretatif.
References
Abdul Majid, Zamakhsyari. (2019). Refleksi Al-Quran dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’i dalam Kajian Literasi). Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 81-90. https://doi.org/10.38153/alm.v3i2.33.
Abdurrohman, Barkah, Hidayat, Syamsul, dan Muthoifin. (2022). Karakteristik Pendidikan Profetik dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 45-46: Studi Komparatif Tafsir Al-Baidhawi dan As-Sa’di. Suhuf: International Journal of Islamic Studies, 34(2), 97-117. https://doi.org/10.23917/suhuf.v34i2.20947.
Adib, M. Afiqul. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Agama Islam. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 1-18. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i1.351.
Aisyah. (2013). Signifikansi Tafsir Maudhu’i dalam Perkembangan Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal Tafsere, 1(1), 23-35. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/article/view/7449.
Al-‘Abbâd, ‘Abd Al-Razzâq ibn ‘Abd Al-Muhsin. (1993). Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Sa’’dî wa Juhûduhu fî Taudhîh Al-‘Aqîdah. Riyadh: Maktabah Al-Rusyd.
Al-‘Affânî, Sayyid ibn Husain. (1997). Shalâh Al-Ummah fî ‘Uluww Al-Himmah. Beirut: Mu’assasah Al-Risâlah.
Al-Ahmad, Sa’ad Sa’ad Mas’ûd. (2022). Al-Manhajiyyah Al-Naqdiyyah ‘inda Al-Imâm Al-Sa’dî fî Tafsîrihi. Hauliyyah Kulliyyah Al-Da’wah Al-Islâmiyyah, 36(2), 227-303. https://dx.doi.org/10.21608/bfdc.2022.277677.
Al Banna, Mohammad Rif’at & Hilmi, Moch. Ihsan. (2022). Tafsir Maudhu’i dan Ramifikasi Permasalahannya. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 2(2), 233-238. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v2i2.18319.
Al-Rub’î, ‘Abd Al-‘Azîz ibn Muhammad ibn Shâlih. (1437 H.). Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân: Dirâsah wa Tahqîq. Disertasi. Qism Al-Tafsîr wa ‘Ulûm Al-Qur’ân Kulliyyah Al-Qur’ân Al-Karîm wa Al-Dirâsât Al-Islâmiyyah Al-Jâmi’ah Al-Islâmiyyah Madinah.
Al-Sa’dî, ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir. (2001). Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân. Riyadh: Wizârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah wa Al-Auqâf wa Al-Da’wah wa Al-Irsyâd.
Al-Sa’dî, ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir. (2002). Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. ed. ‘Abd Al-Rahmân ibn Mu’allâ Al-Luwaihiq. Beirut: Mu’assasah Al-Risâlah.
Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân ibn Nîshir dan Al-Sa’dî, Musâ’id ibn ‘Abd Allâh ibn Sulaimân. (2007). Mawâqif Ijtimâ’iyyah min Hayâh Al-Syaikh Al-‘Allâmah ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî. Riyadh: Dâr Al-Maimâan.
Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân, et.al. (2011). Majmû’ Mu’allafât Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî: Al-Muqaddimah (Vol. 1). Riyadh: Syirkah Al-Dâr Al-‘Arabiyyah dan Idârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Wizârah Al-Auqâf wa Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Qatar.
Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân, et.al. (2011). Majmû’ Mu’allafât Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî: Al-Tafsîr wa ‘Ulûm Al-Qur’ân (Vol. 3). Riyadh: Syirkah Al-Dâr Al-‘Arabiyyah dan Idârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Wizârah Al-Auqâf wa Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Qatar.
Al-Sirjânî, Râghib. (2007). Al-‘Ilm wa Binâ’ Al-Umam: Dirâsah Ta’shîliyyah li Daur Al-‘Ilm fî Binâ’ Al-Daulah. Kairo: Mu’assasah Iqra’.
Al-Sirjânî, Râghib. (2009) Mâdzâ Qaddama Al-Muslimûn li Al-‘Âlam: Ishâmât Al-Muslimîn fî Al-Hadhârah Al-Insâniyyah. Kairo: Mu’assasah Iqra’.
Al-Thayyâr, ‘Abd Allâh ibn Sâbih ibn Shâlih. (1421 H.). Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî Mufassiran. Damam: Dâr Ibn Al-Jauzî.
Al-‘Umrân, ‘Alî ibn Muhammad. (1425 H.). Al-Musyawwiq ilâ Al-Qirâ’ah wa Thalab Al-‘Ilm. Mekkah: Dâr ‘Âlam Al-Fawâ’id.
Al-Zhufairî, Khâlid ibn Dhahwî. (2020). Manhaj Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî fî Al-Radd ‘alâ Ahl Al-Ilhâd. Hauliyyah Kulliyyah Al-Da’wah Al-Islâmiyyah, 22(2), 1125-1177. https://doi.org/10.21608/bfdc.2020.149392.
Alameri, Abdrabuh Musa Abduallah, Yaqoub, Thualkift Mohammed and Ahmadi, Abdulatif. (2018). Manhaj Muwâzanât Nabî Allâh Yûsuf ‘alaihi Al-Salâm: Dirâsah Muqâranah baina Tafsirai Al-Sa’dî wa Ibn ‘Âsyûr. Majallah Al-Qalam, 5(11), 65-132. https://search.emarefa.net/detail/BIM-952847.
Bilal, Doha Adel dan Balhadad, Deema Saleh. (2023). Rhetorical Indications in Al-Saadi's Interpretation of Surat Al-Baqara. Journal of the University of Babylon for Humanities, 31(5), 181-200. http://www.journalofbabylon.com/index.php/JUBH.
Faisal, Muhammad. (2020). Pendekatan Tafsir Maudhu’i dalam Metode Dakwah. At- Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 145-156. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.356.
Hadlori, Muhamad Abid, Saket, Saeed Abdullah Saeed, dan Tsauri, Sidiq Samsi. (2020). Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Qur’an Al-Karim: Tinjauan Q.S. Al-Baqarah: 83 dalam Tafsīr Taisir Karīm Ar-Rahman fī Tafsīr Kalam Al-Mannan. Zad Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, 2(1), 18-36. https://doi.org/10.55759/zam.v2i1.31.
Huda, M. Thoriqul dan Luthfiah. (2019). Toleransi Menurut Abdurrahman bin Nashir Al-Sa’di. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(1), 23-44. https://doi.org/10.30868/at.v4i01.390.
Imran. (2019). Tradisi Literasi Islam dan Budaya Baca Masyarakat Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 9(1), 249-262. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4223.
Iyâzî, Al-Sayyid Muhammad ‘Alî. (1333 H.) Al-Mufassirûn: Hayâtuhum wa Manhajuhum. Teheran: Mu’assasah Al-Thibâ’ah wa Al-Nasyr Wizârah Al-Tsaqâfah Al-Irsyâd Al-Islâmî.
Mansyur, Masykur H. (2021). Iqra’ Sebagai Bentuk Literasi dalam Islam. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.35706/hawari.
Maya, Rahendra. (2017). Al-Ahwâl Al-Syakhshiyyah Perspektif Al-Sa’dî: Studi Terhadap Kitab Manhaj Al-Sâlikîn wa Taudhîh Al-Fiqh fî Al-Dîn. Al-Mashlahah: Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam, 5(09), 711-723. http://dx.doi.org/10.30868/am.v5i09.191.
Maya, Rahendra. (2017). Penafsiran Al-Sa’dî Tentang Konsep Al-Taskhîr. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(03), 1-24. http://dx.doi.org/10.30868/at.v2i03.192.
Maya, Rahendra. (2018). Pemikiran Al-Sa’dî Tentang Kriteria Pegawai Profesional (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-Hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Ad-Deenar: Jurnal Perbankan Syariah, 2(01), 1-25. http://dx.doi.org/10.30868/ad.v2i01.236.
Maya, Rahendra dan Sarbini, Muhammad. (2018). Atensi Al-Qur’an Terhadap Anak Yatim: Studi Al-Tafsîr Al-Wasîth Karya Wahbah Al-Zuhailî. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(02), 157-184. http://dx.doi.org/10.30868/at.v3i02.315.
Maya, Rahendra dan Syafri, Ulil Amri. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 239-256. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.705.
Miftahusolih, Ahmad, Fajrianto, Heggy, dan CH, Taufik. (2021) Konsep Persaudaraan dalam Al-Qur`an. Zad Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, 3(1), 45-62. https://doi.org/10.55759/zam.v3i1.56.
Muslim, Mushthafâ. (2005). Mabâhits fî Al-Tafsîr Al-Maudhû’î. Damaskus: Dâr Al-Qalam dan Dâr Al-Basyîr Jeddah.
Nazhifah, Dinni & Karimah, Fatimah Isyti. (2021). Hakikat Tafsir Maudhu’i dalam al-Qur’an. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1(3), 368-376. http.368-376. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i3.13033.
Nofmiyati dan Miftahuddin. (2020). Kaedah Tafsir Abdur Rahman Al-Sa’di dalam Kitab Al-Qawa’id Al-Hisan li Tafsir Al-Qur’an. Madania: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 10(1), 29-38. http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v10i1.10817.
Nursidik, Ihsan & Maulana, Muhammad Erpian. (2021). Tinjauan Kritis terhadap Metode Tafsir Maudhu’i. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1(4), 423-428. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i4.13015.
Tamin AR, Zaini dan Mollah, Moch. Kalam, (2021). Sejarah Sosial Literasi di Indonesia: Dari Tradisi Islam hingga Perumusan Kebijakan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 6(1), 24-41. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/120.
Yamani, Moh. Tulus. (2015). Memahami Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhu’i. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 273-291. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i2.3352.
Zakaria, Aceng. (2015). Tekstualisme dalam Tafsir Teologi (Perspektif Al-Sa’di Tentang Sifat Allah dalam Al-Qur’an). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(02), 221-261. http://dx.doi.org/10.30868/at.v2i02.100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).