DIALEKTIKA RASULULLAH TERHADAP AL-QUR`AN

Authors

  • Ade Wahidin Dosen Tetap Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Al Hidayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v3i02.316

Abstract

Al-Qur’an yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad untuk seluruh manusia merupakan anugerah terindah dan salah satu manifestasi kasih sayang Allah kepada para hamba-Nya. Manusia bukan hanya diperintahkan untuk membacanya, tetapi juga diperintahkan untuk memahaminya. Seseorang dapat memahami Al-Qur’an dengan baik dan benar, salah satunya dengan merujuk kepada sumber tafsir yang otoritatif. Sumber tafsir terbaik yang paling otoritattif setelah Al-Qur’an adalah al-Sunnah. Yaitu menafsirkan ayat Al-Qur’an dengan hadits-hadits Nabi Muhammad. Hal ini disebabkan Nabi memiliki kedudukan paling tinggi sebagai penyampai risalah Allah dan penafsir ayat-ayat- Nya

References

Al-Qur’ân al-Karîm dan terjemahannya.

al-Ahdal, A. a.-Ḥ.-L.-S. (2006). Aá¸wÄ â€˜AlÄ al-TsaqÄfah al-IslÄmiyah. Sana‟a: Dar al-Quds.

al-Ä€milÄ«, A. J.-Ṭ. (2000). JÄmi’ al-BayÄn FÄ« Ta`wÄ«l Al-Qur`Än. TaḥqÄ«q: Ahmad Muhammmad Syakir, Muassasah al-Risalah.

al-Asqalânî, A. i. (2000). Fath al-Bârî Syarh Shahîh al- Bukhârî. Riyadh: Dâr al-Salâm.

al-BÄtilÄ«, K. i.-A. (1432 H/ 2013 M). al-TafsÄ«r al-NabawÄ«: Muqaddimah Ta`ṣīliyyah Ma’ DirÄsah ḤadÄ«tsiyah Li AḥÄdÄ«ts al-TafsÄ«r al-NabawÄ« al-á¹¢arīḥ. Riyadh: Dar Kunuz Isybilia.

al-DimashqÄ«, A. a.-F.-Q.-B. (1999). TafsÄ«r Al-Qur`Än al-‘Aẓīm. TaḥqÄ«q: SÄmÄ« ibn Muḥammad SalÄmah, DÄr al-Ṭaibah.

Al-Dzahabi, M. H. (1976). at-Tafsir wa al-Mufassirun. Kairo: Sar al-Kutub al-Arabi.

al-Dzahabī, M. Ḥ. (2003). al-Tafsīr Wa al-Mufassirūn. Kairo: Maktabah Wahbah.

al-ḤarrÄnÄ«, A. i.-Ḥ. (2005). Majmū’ al-FatÄwÄ. TaḥqÄ«q: AnwÄr al-BÄz, Dar al-Wafa.

al-Jauziyah, M. i. (2004). MiftÄh DÄr al-Sa’Ädah wa MansyÅ«r WilÄyah Ahl al-‘Ilm wa al-IrÄdah. Riyadh: Dâr Ibn Affân.

al-Khail, S. i. (2010). Maá¹£Ädir al-DÄ«n al-IslÄmÄ«: Wa Abraz MaḥÄsinah Wa MazÄyÄh. Riyadh: DÄr al-Āṣimah.

al-Qaththan, M. K. (1992). MabÄhits FÄ« UlÅ«m Al-Qur’Än. Riyadh : al-Maktabah al-Ma’arif.

al-RÄzÄ«, M. i.-Q. (1995). MukhtÄr al-á¹¢iḥḥÄḥ. TaḥqÄ«q: MaḥmÅ«d KhÄá¹­ir. Beirut: Maktabah Libanon.

al-Sabt, K. (2013). Kaidah Tafsir Terkait Dengan Metode Tafsir: Terjemahan dari Buku Qawaid al-Tafsir Jam’an Wa Dirasatan. Terj. Ahmad Thib Raya. Tangerang: Yayasan Lentera Hati.

al-ShaibÄnÄ«, A. A. (2001). Musnad al-ImÄm Aḥmad ibn Ḥanbal. Tahqiq: Syu‟aib al-Arnauth, Muassasah al-Risalah.

al-ṬayyÄr, M. i. (2001). Syarḥ Muqaddimah FÄ« Uṣūl al-TafsÄ«r Li Ibn Taimiyah. Riyadh: Dar Ibn al-Jauzi.

al-TirmidzÄ«, A. Ī. (1998). Sunan al-TirmidzÄ«. TaḥqÄ«q: BasyÄr AwÄd Ma‟rÅ«f, Dar al-Gharb al-Islami.

al-Yamanī, M. i.-S. (1414 H). Fath al-Qadīr. Dar Ibn Katsir: Beirut.

Eldasi, T. I. (n.d.). Ahlusunnah Waljamaah Metode Beragama Para Salaful Ummah. Bogor: Pustaka al-Faruq, Tanpa Tahun.

M. Toha Anggoro, e. a. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thahan, M. (2013.). Ilmu Hadits Praktis. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Ulama‟i, A. H. (2002). Normativitas dan Historisitas Hadis: Sebuah Telaah Tafsir Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam Terhadap Kosa Kata Al-Qur`an. Semarang: CV. Bima Sejati bekerja sama dengan IAIN Walisongo Press Semarang.

al-Musnid, Muhammad ibn Abd al-AzÄ«z. TafsÄ«r Al-Qur’Än bi al-Sunnah, http://www.aloglaa.com/index.php?section=article&SubjectID=291, Senin, 20 November 2017 pukul 14.39 WIB.

Downloads

Published

2018-11-07

How to Cite

Wahidin, A. (2018). DIALEKTIKA RASULULLAH TERHADAP AL-QUR`AN. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(02), 185–210. https://doi.org/10.30868/at.v3i02.316

Issue

Section

Articles

Citation Check