Pengaruh Literasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Mahasiswa Ekonomi Islam Se Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3963Keywords:
Literasi Halal, Keputusan Pembelian, KosmetikAbstract
Di era globalisasi seperti ini banyak sekali muncul produk kosmetik baru yang belum diketahui status kehalalannya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian terhadap produk kosmetik halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan dampak literasi halal terhadap keputusan pembelian mahasiswa ekonomi Islam Jawa Timur terhadap produk kosmetik halal. Teknik penelitian kuantitatif asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari survei yang diberikan kepada mahasiswa Jawa Timur yang mempelajari ekonomi Islam. Non-probability sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Purposive sampling, pendekatan non-probabilitation sampling, diterapkan dalam penelitian ini dengan ukuran sampel sebanyak 103 responden. Regresi linier sederhana adalah teknik analisis yang digunakan dalam penyelidikan ini, dan program SPSS versi 25 digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan dari hasil analisis data yang dilakukan maka, temuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang menguntungkan antara variabel keputusan pembelian dengan variabel literasi halal. Oleh karena itu, tingkat keputusan pembelian meningkat seiring meningkatnya literasi halal.
Â
References
Arief. 2022. “Asosiasi Sebut 85% Kosmetik Yang Beredar Di RI Kategori Barang Ilegal.†2022. https://katadata.co.id/maesaroh/berita/61ee824b03717/asosiasi-sebut-85-kosmetik-yang-beredar-di-ri-kategori-barang-ilegal.
Astuti, An Ras, and Ruqiah. 2020. “Bisnis Halal Dalam Perspektif Etika Islam: Kajian Teoritis.†AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya 1 (2): 142–56. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i2.1139.
Hair, Joseph, William Black, Barry Babin, and Rolph Anderson. 2018. On Multivariate Data Analysis Joseph F . Hair Jr . William C . Black Eight Edition.
Indonesia, Bisnis. 2021. “MEMPERCANTIK PARAS BISNIS KOSMETIK LEWAT PENJUALAN ONLINE.†https://bisnisindonesia.id/article/mempercantik-paras-bisnis-kosmetik-lewat-penjualan-online.
Kusnandar. 2021. “RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar Di Dunia.†2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia.
———. 2022. “10 Provinsi Dengan Presentase Muslim Terbesar Tahun 2021.†2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/10-provinsi-dengan-persentase-muslim-terbesar-tahun-2021.
Oktafiani, Dea, and Yahya. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Surabaya.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 7 (9): 1–16.
Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Cv. Wade Group.
Rosyada, Mohammad. 2022. “Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal.†Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 13 (2): 213–18. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.868.
Salehudin, Imam. 2010. “Halal Literacy and Intention of Muslim Consumers to Switch from Products Without Halal Label: An Instrument Development and Validation in Indonesia.†SSRN Electronic Journal II (1): 1–17. https://doi.org/10.2139/ssrn.2004762.
Sayekti, Nidya Waras. 2014. “Jaminan Produk Halal Dalam Perspektif Kelembagaan.†Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Vol. 5 No. (November): 193–209. http://id.portalgaruda.org/?ref=author&mod=profile&id=583667.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Setyowati, Anis, and Moch. Khoirul Anwar. 2022. “Pengaruh Literasi Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun.†LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 16 (1): 108–24. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v16i1.108-124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).