EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN HARTA WAKAF UANG TUNAI

Authors

  • Mugni Muhit STAI A;-Hidayah Bogor/ Prodi Perbankan Syari'ah, Indonesia
  • Jajang Herawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Hasan Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Atang Abdul Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3664

Abstract

Abstrak Penelitian ini fokus mengenai efesien dan efektifiktas pengelolaan wakaf tunai yang ditelaah secara kualitatif dengan menggunakan kajian Pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif analitis kritis. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya, artikel dan buku referensi dengan pokok bahasan berkenaan dengan wakaf dan wakaf tunai dari sudut pandang efisiensi dan efektivitasnya. Obyek yang diteliti yaitu tata kelola wakaf yang dilakukan Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Non Profit danPemerintah. Berdasarkan telaah literatur yang telah dilakukan, maka didapatkan bahwa pengelolaan wakaf yang paling efesien jika dikelola oleh Lembaga Keuangan Syariah, sebab faktanya Lembaga Keuangan Syariah ini memiliki job deskripsi dan tupoksi yang jelas dan tegas, sumber daya insani yang relatif kompeten, akuntable, serta jejaring aksesibilitas yang memadai dan amanah. Kata Kunci : Efektifitas, Efisiensi, Wakaf Tunai, Lembaga Keuangan Syariah

References

Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Wakaf Uang. Jurnal Asy Syir’ah, Vol. 44, No. II tahun 2010.

Al-Umar, Fuad Abdullah. 2007. Istisma al-Amwa, al-Mauqufah (al-Syurut al-qtisa diyah wa al-Mustalzamat al-Tanmiyah), Kuwait: al-Amanah al-‘Amah li Al Awqaf.

Dafterdar, Hisam. 2008. The Role Of Islamic Institution in Developing Awqaf, makalah dipresentasikan dalam International Seminar of Awqaf 2008 di Johor Malaysia.

Direktorat Pemberdayaan Wakaf dan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2008, Paradigma Baru Wakaf di Indonesia, Jakarta.

Furqon, Hasan. 2010, Institusi Lembaga Pengelola Wakaf Produktif Yang Ideal. Jakarta.

Hasan, Sudirman. 2010. Wakaf Uang dan Implementasinya di Indonesia

Huda, Nurul Nova Rini, Yosi Mardoni, Desti Anggraini, Khamim Hudori. 2016. Manajemen Pengelolaan Wakaf di Indonesia Timur. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan ISSN 1411-0393 Akreditasi No. 80/DIKTI/Kep/2012.

Hasanah, Uswatun. Perkembangan Wakaf di Dunia Islam. Dalam Bahdin Nur Tanjung & Farid Wajdi (ed), Wakaf & Pemberdayaan Umat, (Jakarta, Sinar Grafika: 2010.

Kahf, Monzer. 2006, al-Waqf al-Islamy. Tathwuruh, IdÄratuh Tanmiyyatuh. Suriah Muhammad, Ibrahim Nuruddeen and Abba Mubarak. 2018. Islamic Financial Inclusion.

Said, dan Andi Muhammad Ali Amiruddin. For Women Empowerment: Imperative for Establishing Cash Waqf for Preventing Rural-Urban Girl-Salmah. Wakaf Tunai dan 54 Child Hawking in Kano, Nigeria.

Mubarak, Ibrahim Nuruddeen Muhammad and Abba. Islamic Financial Inclusion for Women Empowerment: Imperative for Establishing Cash Waqf for Preventing Rural-Urban Girl-Salmah Said, dan Andi Muhammad Ali Amiruddin. Wakaf Tunai dan 54 Child Hawking in Kano, Nigeria, 2018.

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Tumirin, Iwan Triyuwono, Aji Dedi Mulawarman, and Yeney Widya Prihatiningtias. 2017. Transcendental and Social Accountability in Productive Waqf Assets, Accounting and Finance Review, 2.

Usman, Nurodin. 2015. Studi Hadis-Hadis Wakaf Dalam Kitab Sahih Al-Bukhari dan Fath AlBari, Jurnal Cakrawala, Vol. X, No. 2, Desember

Wadjdy, Farid, 2008. Wakaf dan Kesejahteraan Umat (Filantropi Islam yang Hampir Terlupakan), Pustaka Pelajar, Yogyakakarta

Yusuf, Muhammad, 2009. Pemberdayaan Wakaf Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat, Badan Wakaf Nusantara. Semarang

Yafiz, Muhammad. Ekonomi dalam Arus Perkembangan Ekonomi Islam, (Medan, FEBI UIN-SU PRESS: 2015.

Zulfa, S.N. 2020. Pengelolaan Tanah Wakaf Produktif Untuk Kesejahteraan Umat Islam Dalam Perspektif Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum.

Published

2023-01-05

How to Cite

Muhit, M., Herawan, J., Ridwan, A. H., & Hakim, A. A. (2023). EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN HARTA WAKAF UANG TUNAI. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(001), 15–34. https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3664

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>