Analisis Konversi Bank BUMD Menjadi Bank Syariah Implikasinya Pada Peningkatan Market Share Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus Bank Aceh Syariah dan Bank NTB Syariah)

Authors

  • Sugeng Ribowo Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah, Indonesia
  • Irfan Bahar Nurdin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2287

Keywords:

Aceh Sharia Bank, Sharia NTB Bank, Conversion, Market Share.

Abstract

Tulisan ini menjelaskan secara deskriptif dan analaitis terkait konversi Bank BUMD menjadi Bank Syariah. Bank yang dimaksud adalah Bank Aceh Syariah dan Bank NTB Syariah. Kedua Bank ini terbukti memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan market share bank syariah di Indonesia. Penulis berpendapat bahwa pola konversi ini lebih efektif meningkatkan market share bank syariah karena secara otomatis seluruh nasabah bank konvensional sebelumnya menjadi nasabah bank syariah, kemudian persepsi masyarakat terhadap bank syariah otomatis mengalami peningkatan, trust masyarakat semakin tinggi. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif analitik dengan pendekatan fenomenologi dan teori perubahan perilaku, data-data yang dianalisis adalah data-data skunder yang sudah dipublish di web OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Bank Aceh Syariah, dan Bank NTB Syariah. Hasil Penlitian menunjukkan bahwa konversi bank konvensional BUMD menjadi BUS (Bank Umum Syariah) terbukti efektif meningkatkan market share bank syariah di Indonesia. Bank Aceh Syariah berada di peringkat ketiga dengan kontribusi 5% dari 100% sebaran market share pada tahun 2021 dan Bank NTB Syariah berada diperingkat ke delapan dengan kontribusi 2% dari 100% sebaran market share pada tahun 2021. Berdasarkan pengamatan pola konversi ini akan diikuti oleh beberapa bank BUMD di antaranya Bank Nagari, Sumatera Barat, Bank Kepri, Kepulauan Riau, dan Bank BJB, Jawa Barat dan Banten

Author Biographies

Sugeng Ribowo, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah

Perbankan Syariah

Irfan Bahar Nurdin, STAI Al-Hidayah Bogor

Perbankan Syariah

References

Ardini, Lutfia. 2020. "Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia: Analisis Efisiensi Bank, Aksesibilitas Bank dan Dana Pihak Ketiga." Skripsi 60.

Asriningrum, Cahya. 2019. "Analisis Pengaruh NPF, DPK, Dan ROA Terhadap Market Share Bank Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2018)." Skripsi 60.

Erwin Saputra Siregar, Fitri Ana Siregar. 2020. "Menakar Potensi Bank Syariah Di Indonesia Pada Masa Covid-19." Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman 2579-8650.

Firman, Rachmad Nor. 2019. "Laju Percepatan Perkembangan Perbankan Syariah Melalui Penerapan Tata Kelola Syariah." Journal of Sharia Economics 165-182.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Budi Utama.

Hartati, Ismail Nurdin dan Sri. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rizky Estu Handayani, Wening Purbatin Palupi Soenjoto. 2020. "Perspektif dan Kontribusi Ekonomi Islam Terhadap Pembangunan Ekonomi Nasional." AMAL: Journal of Islamic Economic And Business (JIEB) 58-73.

Setiawan, Iwan. 2020. "Analisis Peran Perbankan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Bank Syariah Versus Bank Konvensional." Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis 52-60.

Sodik, Sandu Siyoto dan Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suyitno. 2018. Metode Penelitian Kualitatif (Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya). Tulung Agung: Akademia Pustaka.

Agustina, D., Putri, M. A., & Ramadhan, M. G. (2021). Pemetaan Riset Strategi Pemasaran Bank Syariah: Analisis Bibliometrik. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 225–242.

Andespa, R. (2017). Pengaruh Budaya dan Keluarga terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis :Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 35–49.

Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK JATENG SYARIAH. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 43–52. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.296

Febriansah, R. E. (2020). Buku Ajar Teori Pengambilan Keputusan. In Sumartik (Ed.), Buku Ajar Teori Pengambilan Keputusan (September, Issue 0). Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-62-9

Financial Services Authority. (2020). Snapshot Perbankan Syariah Indonesia 2020. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-Indonesia-Maret-2020

Firmansyarh, M. A. (2018). Perilaku Konsumen. CV. Budi Utama.

Hasibuan, A. N. (2018). STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING DI PT.BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH PADANGSIDIMPUAN. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 2(1). https://doi.org/10.31958/imara.v2i1.1032

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Metra, R. Y., & Dewi, Y. A. (2020). MEMILIH BERTRANSAKSI DENGAN BANK MUAMALAT EMOTIONAL EFFECT , RATIONAL DECISIONS OF CUSTOMERS CHOOSING TO TRANSACT WITH THE MUAMALAT BANK. 8(September), 357–364.

Mohammad Yusuf, & Reza Nurul Ichsan. (2021). Analysis of Banking Performance in The Aftermath of The Merger of Bank Syariah Indonesia in Covid 19. International Journal of Science, Technology & Management, 2(2), 472–478. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i2.182

Mulazid, A. S., Fadilah, L., & Sesunan, Y. S. (2018). The Effect of Marketing Mix, Brand Image, and Service Quality on Customer Loyalty In Bank BNI Syariah. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 2(2), 127. https://doi.org/10.28918/ijibec.v2i2.1370

Nengsih, T. A., Arsa, A., & Putri, P. S. (2021). Determinan minat menabung masyarakat di Bank Syariah : Studi empiris di kota Jambi. In Journal of Business and Banking (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599

OJK. (2016). Standar Produk Buku 1: Musyarakah Buku 2: Musyarakah Mutanaqishah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Buku-Standar-Produk-Musyarakah-dan-Musyarakah-Mutanaqishah.aspx

OJK dan BI Sambut Positif Konversi Bank NTB Syariah | Republika Online. (n.d.). Retrieved January 7, 2022, from https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/18/09/13/pezjox370-ojk-dan-bi-sambut-positif-konversi-bank-ntb-syariah

Pahlefi, P. I. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Dengan Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Bank Syari’ah Mandiri KCP Medan Setia Budi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi., 1(1), 1–89. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/748

Qanun Aceh Dongkrak Pangsa Pasar Perbankan Syariah - Finansial Bisnis.com. (n.d.). Retrieved January 7, 2022, from https://finansial.bisnis.com/read/20210208/231/1353557/qanun-aceh-dongkrak-pangsa-pasar-perbankan-syariah

Rep, W. I. B., Puspaningtyas, L., Damhuri, E., Bumn, M., Thohir, E., Foto, B., Merger, K. B., Syariah, B. R. I., Syariah, B. N. I., & Mandiri, B. S. (2021). 7 Alasan Pentingnya Merger Bank Syariah BUMN | Republika Online. 22–24. https://www.republika.co.id/berita/qi6gay440/7-alasan-pentingnya-merger-bank-syariah-bumn-part1

Rizal, S., Violin, V., Wardiana, E., & Abdullah, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 25–33. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.232

Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020-2025. (n.d.). Retrieved January 17, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Roadmap-Pengembangan-Perbankan-Syariah-Indonesia-2020-2025.aspx

Royani Pasi, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, 1(2), 189–201.

Sujian Suretno. (2019). Pelaksanaan Musyarakah di Bank Syariah Mandiri. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Suretno, S. (2020). Kepatuhan Syariah pada Produk Musharakah di Bank Syariah Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.15408/idi.v9i1.14826

Suretno, S., & Bustam, B. (2020). PERAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NASIONAL MELALUI PEMBIAYAAN MODAL KERJA PADA UMKM. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(01), 1. https://doi.org/10.30868/ad.v4i01.752

Suretno, S., & Yusuf, R. (2021). Mahalnya Pembiayaan di Bank Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(02), 179. https://doi.org/10.30868/ad.v5i02.1679

Syamsuri, S., Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & ... (2021). Analisis Qanun (Lembaga Keuangan syariah) Dalam Penerapan Ekonomi Islam Melalui Perbankan Syariah di Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi …, 7(3), 1705–1716. https://doi.org/10.29040/JIEI.V7I3.3662

Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Maqasid

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). Retrieved January 5, 2022, from www.hukumonline.com

Warsah, I., Ahmad, U., Yogyakarta, D., Daheri, M., & Morganna, R. (2019). MUSLIM MINORITY IN YOGYAKARTA: BETWEEN SOCIAL RELATIONSHIP AND RELIGIOUS MOTIVATION Yusron Masduki. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(2). https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6873

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 48. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2812

Published

2022-03-20

How to Cite

Ribowo, S., & Nurdin, I. B. (2022). Analisis Konversi Bank BUMD Menjadi Bank Syariah Implikasinya Pada Peningkatan Market Share Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus Bank Aceh Syariah dan Bank NTB Syariah). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(01), 11–36. https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2287

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.