Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Usaha Souvenir Tas Hajatan Ud. Rama Kudu Jombang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2214Keywords:
kualitas pelayanan, bauran pemasaran syariah, loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh kualitas pelayanan, bauran pemasaran syariah, dan kepuasan pelanggan atas variabel kesetiaan dari pelanggan pada usaha souvenir tas hajatan UD. Rama Kudu Jombang. Metode yang digunakan yaitu analisa kuantitatif asosiatif. Penggunaan non probability sampling yang penelitian ini terapkan. Penelitian ini menggunakan skala Likert dalam metode pengumpulan datanya yang berupa kuesioner. Terdapat 40 responden sebagai pelanggan yang membeli tas hajatan UD. Rama. Dari hasil penleitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan bauran pemasaran syariah menunjukkan adanya pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap variabel kesetiaan dari pelanggan souvenir tas hajatan. Sedangkan, kualitas atau mutu dari pelayanan memiliki pengaruh yang cukup signifikan atas loyalitas atau kesetiaan dari pelanggan souvenir tas hajatan.
References
Arief, Mts. (2020). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Fatihudin, Didin, and M. Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV Budiutama.
Gunawan, Wahyu Tri. (2013). Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Texas Chicken Manado. Jurnal Emba, 1(4).
Hurriyayati, Ratih. (2020). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfabeta.
Kusumawati, Andriani. (2011).Analisis Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square (MATOS). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1).
Mohammad, Roni, and Endang Rahim. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultal Amai Gorontalo), 2(1).
Panjaitan, Januar Efendi, and Ali Lili Yuliati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNe Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11 (2).
Setiawan, Supriyadi. (2018). Loyalitas Pelanggan Jasa. Katalog Dalam Terbitan, 2018.
Sholeha, Ludviyatus, Sutrisno, and Joko Widodo. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12(1).
Simarmata, Hengki Mangiring Parulian, Erika Revida, Iskandar Kato, Hijrayanti Sari, Sudung Simatupang, Andriasan Sudarso, Muhamad Faisal, et al. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen Dan Loyalitas. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Usman, Hardius, Nurdin Sobari, and Emil Azman Sulthani. (2020). Islamic Marketing. Depok: Rajawali Pers.
Yulyana, Riksa, Asep Ramdan Hidayat, and Ratih Tresnati. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki Pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani. Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).