STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MASTUHU: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam

Ali Maulida, Muhamad Priyatna, Unang Wahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu Pendidikan Islam dalam perspektif Mastuhu. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan Teknik pengumpulan data kajian literatur bersumber primer dan sekunder. Adapun hasil penelitiannya bahwa dunia pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi bergantung kepada pembangunan bidang-bidang lainnya. Perwujudan clean governance, peningkatan kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keamanan, penegakan hukum, dan stabilitas politik adalah sebuah kemestian pendidikan bagi keberhasilan. Kajian tema ini sangat berguna untuk memahami cara bagaimana strategi peningkatan mutu Pendidikan islam melalui pengembangan daya-daya positif dan menghilangkan daya negative, melaksanakan sebuah Pendidikan adalah ibadah, terjalin hubungan baik dan guru, pesantren dipandang sebagai tempat mencari ilmu, penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan Pendidikan, nilai Pendidikan dengan system asrama, dan Pandangan hidup jangka panjang dan menyeluruh, bagi orang yang benar-benar percaya kepada Allah

 


Keywords


strategi, pendidikan Islam, evaluasi

References


Fadjar, Malik. (1998). Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI.

Nata, Abuddin. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maulida, Ali. (2016). “Dinamika dan Peran Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Islam Sejak Era Kolonialisme Hingga Masa Kini”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.05 No.09 Januari, Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hidayah Bogor.

Mastuhu.(1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

________. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21.Yogyakarta: Safiria Insania Press.

________.(1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

________. (2004). “Dilema Pendidikan”, UNISIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, No. 53/XXVII/111. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Nizar, Samsul, ed. (2008). Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tafsir, Ahmad.(2008). Strategi Meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

http://www.nu.or.id/post/read/10262/in-memoriam-prof-dr-mastuhu-med

https://docplayer.info/31628410-Profil-ban-pt-ban-pt-badan-akreditasi-nasional-perguruan-tinggi.html

https://pid.baznas.go.id/badan-amil-zakat-nasional/


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.437 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.