KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN

Sihabudin Afroni, Rumba Triana

Sari


Komunikasi merupakan dasar eksistensi suatu masyarakat dan menentukan pola struktur masyarakat. Hubungan antar manusia dibangun atas dasar komunikasi. Dalam komunikasi manusia saling mempengaruhi, sehingga dengan demikian terbentuklah pengetahuan tentang pengalaman masing-masing orang. Komunikasi dapat membentuk manusia saling pengertian, menimbulkan persahabatan, memelihara kasih sayang, mempengaruhi sikap yang akhirnya dapat menimbulkan tindakan nyata riil.

            Dalam kegiatan pendidikan pada umumnya dan dalam proses kegiatan belajar pada khususnya, komunikasi merupakan salah satu faktor utama yang turut serta dalam penentuan pencapaian tujuan pendidikan, atau kata lain dapat dikatakan bahwa komunikasi merupakan sarana atau media dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Maka untuk mencapai interaksi belajar mengajar perlu adanya komunikasi yang jelas  antara guru (komunikator) dengan siswa (komunikan). Sehingga terpadu dua kegiatan yang berdaya guna dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan dimana siswa dapat sukses dalam tugas belajarnya, begitu pula guru dapat berhasil mengajar dan mendidik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

            Pada dasarnya motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi adanya komunikasi guru atau pengajar. Seorang pengajar yang tidak piawai atau  jarang melakukan komunikasi dengan muridnya akan atau dapat mengalami kegagalan dalam proses belajar mengajar. Pengajar adalah pihak yang paling bertanggungjawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran, sehingga pengajar dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar menghasilkan proses pembelajaran yang efektif.

Dalam berbagai kasus masih banyak ditemukan aktifitas belajar mengajar  yang belum efektif dikarenakan faktor buruknya komunikasi di dalam dan di luar kelas. Diantaranya masih ditemukan siswa yang rendah motivasinya. Bila tengah berlangsung proses belajar mengajar banyak siswa yang mengantuk dan mengobrol dengan teman sebangkunya. Apabila diberikan pertanyaan oleh guru hanya sebagian siswa saja yang dapat menjawab, apabila diberikan kesempatan untuk bertanya hanya satu dua orang saja yang berani untuk bertanya.

            Menurut Luna Cahya seorang pemerhati pendidikan, bahwa disadari atau tidak, kita harus mengakui bahwa para siswa seringkali punya pandangan yang terpolarisasi terhadap cara mengajar guru-gurunya. Sederhananya, ada guru yang dipandang oleh para siswa sebagai guru yang cara ngajarnya asik, seru, mudah dipahami. Guru-guru seperti ini seringkali menjadi idola murid-murid bahkan jam pelajarannya ditunggu-tunggu oleh para siswa. Sementara itu, di sisi lain ada juga guru yang dipandang siswa sebagai guru yang cara mengajarnya membosankan, bikin ngantuk, materinya tidak menarik, dll. Dua bentuk polarisasi dari cara pandang siswa terhadap gurunya ini memang seringkali ada, bahkan bersifat kolektif. Kalau ada beberapa anak yang menganggap gurunya ini membosankan, masa satu kelas akan kompak menganggap guru tersebut  membosankan.

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Maragi, Ahmad Mustofa, Tafsir Al-Maragi, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar, Semarang : PT. Karya Toha Putra Semarang,1974. Hlm. 185

Al Bayanuni, Muhammad Abdul Fath, Al Madkhal il ‘ilmi al dakwah, cet ke-3, Beirut: Risalah Publisher, 2001

Anwar, Arifin, Strategi Komunikasi, Bandung : Armico, 1984,.

Asy Syaukani, Muhammad ibn Ali ibn Muhammad, , Tafsir Fath al-Qadir. Jilid 5, Beirut: Dar alFikr, t.th..

Basori, Effektifitas Komunikasi Pembelajaran Online dengan Menggunakan E-Learning pada Perkuliahan Body Otomotif, Jurnal “Jiptek”, Vol VII, No 2, Juli 2014.

Dahlan, Muh. Syawir. Etika Berkomunikasi dalam Al Qur’an dan Al Hadits, Jurnal Dakwah dan Tabligh, Vol. 15 No. 1 Juni 2014, hal 118-120

Daryanto, Teori Komunikasi, Malang: Gunung Samudera, 2014.

DeVito. Joseph A. The Interpersonal Communication Book. 6th ed. New York: Karper Collins, 1992.

Effendy, Onong Uchiyana, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : RT Rosdakarya, 2000.

----------, Dimensi-dimensi Komunikasi, Bandung : RT Rosdakarya, 2005.

Hanafi, Abdullah Memahami Komunikasi Antar Manusia, Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

Haryanti, Nik Ilmu Pendidikan Islam, Malang: Gunung Samudera, 2013.

Ibn Katsir, Imad al-Din Abu Al-Fida` Ismail ibn Katsir Al-Qurasyi Al-Dimasyqa, Tafsir Al-Qur`an Al-Azhim, Jilid 4, Beirut: Dar al-Fikr, 1400H/1980 M.

Iriantara, Yosal, Komunikasi Pembelajaran , Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas., Bandung: Simbiosa Rekatama Utama, 2014.

Karwadi, Upaya Guru Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 1 No. 1, Mei-Oktober 2004.

Kholil, ,Syukur, Komunikasi Dalam Perspektif Islam, Antologi Kajian Islam Bandung: Cita Pustaka Media, 2005..

Majid , Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mulyana, AZ. Rahasia Menjadi Guru Hebat, Surabaya: Grasindo, 2010.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar , Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Rakhmat , Jalaluddin. Psikologi Komunikasi, Bandung : PT Rosdakarya, 2005.

Ruslan, Rosady, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Sapril, Komunikasi Interpersonal Pustakawan, dalam Jurnal Iqra , IAIN-SU, Vol 05 No.1, tahun 2011.

Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.

Suryadi, Edi Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Modul 2, Bandung: Lembaga Penelitian UPI, 2004.

Sutirman, Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran, Jurnal “Efisiensi” No. 2 Vol VI. Yogyakarta: UNY, Agustus 2006.

Tafsir , Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1991.

Tutiasri, Ririn Puspit. a Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok, dalam Jurnal Channel, UAD Yogjakarta, Vol 4 No 1, April 2016.

Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Grasindo, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i2.264

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats