PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA; Studi Kasus Pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor

Authors

  • Muhammad Khoiruddin Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai hubungan Program Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Program Tahfidzul Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor (2) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. (3) Terdapat pengaruh antara Program tahfidzul Qur’an dan Motivasi belajar terhadap Prestasi aademik Mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di Universitas Djuanda Bogor dengan melibatkan Mahasiswa PKD dan PKP. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002

Chalil, Moenawar. Kembali Kepada Al-Quran dan As-Sunnah, Jakarta: Bulan Bintang, tt.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka :1995 cet.IV

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Depag RI, 2008

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya: UsahaNasional, 1994

Harahap, S. Penegakan Moral Akademik Didalam dan Luar Kampus, Jakarta: Raja Grafindo: 2006

Ibn MÄjah, Sunan Ibnu MÄjah,Kairo: Dar al-Kutub,1998

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta:Gaung Persada Press, 2009

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Ciawi: LPQ Kemenag RI : 2010

Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Maslow. Abraham, Motivation and Personality, New York: Harper & Row, 1954

McClelland, David.C, The Achieving Society, New York: Van Nostrand Reinhold, 1961

Nawabuddin, Abdurrab & Bambang Saiful Ma’arif, Teknik Menghafal Al-Quran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989

Qattan, Manna al-, MabÄḥist fÄ« ‘ulÅ«m al-Qur’Än, Libanon: Dar el-Kutub tt.

Ranupandojo dan Husnan, Psikologi Motivasi, Yogyakarta: LKIS :1990

Sa’dulloh, Sembilan Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Depok: Gema Insani Press:2009

Sudjana, Metode Statistika, Bandung : Penerbit Tarsito, 1996.

Suryabrata, Sumadi Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002

__________, Metodologi penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

_________, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos, 1999

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara, 1988

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2006

Tatiana,Endang dan Budi W. Soetcipto, Model Prestasi Akademik Mahasiswa: Potensi Akademik dan Gaya Belajar, Jurnal USAHAWAN, No. 04 TH. XXXIV April 2005

Warson, Ahmad, Kamus Al-Munawwir Edisi kedua, Surabaya : Pustaka Progressif 1997

Zen, Muhaimin, Tata Cara Problematika Menghafal Al-Quran dan Petunjuk-petunjuknya, Jakarta: Litera Antar Nusa: 1998

__________, Metode Pengajaran Tahfidz Al-Qur’an di pondok Pesantren, Tsanawiyah, Aliyah dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Percetakan Online:2012

http://musiconlinecairo.multiply.com/journal

http://wwwbruderfic.or.id

http://www.unida.ac.id

Published

06-09-2018

Issue

Section

Articles

Citation Check