PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA; Studi Kasus Pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.249Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai hubungan Program Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Program Tahfidzul Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor (2) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. (3) Terdapat pengaruh antara Program tahfidzul Qur’an dan Motivasi belajar terhadap Prestasi aademik Mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di Universitas Djuanda Bogor dengan melibatkan Mahasiswa PKD dan PKP. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment.
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002
Chalil, Moenawar. Kembali Kepada Al-Quran dan As-Sunnah, Jakarta: Bulan Bintang, tt.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka :1995 cet.IV
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Depag RI, 2008
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya: UsahaNasional, 1994
Harahap, S. Penegakan Moral Akademik Didalam dan Luar Kampus, Jakarta: Raja Grafindo: 2006
Ibn MÄjah, Sunan Ibnu MÄjah,Kairo: Dar al-Kutub,1998
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta:Gaung Persada Press, 2009
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Ciawi: LPQ Kemenag RI : 2010
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Maslow. Abraham, Motivation and Personality, New York: Harper & Row, 1954
McClelland, David.C, The Achieving Society, New York: Van Nostrand Reinhold, 1961
Nawabuddin, Abdurrab & Bambang Saiful Ma’arif, Teknik Menghafal Al-Quran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Qattan, Manna al-, MabÄḥist fÄ« ‘ulÅ«m al-Qur’Än, Libanon: Dar el-Kutub tt.
Ranupandojo dan Husnan, Psikologi Motivasi, Yogyakarta: LKIS :1990
Sa’dulloh, Sembilan Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Depok: Gema Insani Press:2009
Sudjana, Metode Statistika, Bandung : Penerbit Tarsito, 1996.
Suryabrata, Sumadi Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002
__________, Metodologi penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
_________, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos, 1999
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara, 1988
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2006
Tatiana,Endang dan Budi W. Soetcipto, Model Prestasi Akademik Mahasiswa: Potensi Akademik dan Gaya Belajar, Jurnal USAHAWAN, No. 04 TH. XXXIV April 2005
Warson, Ahmad, Kamus Al-Munawwir Edisi kedua, Surabaya : Pustaka Progressif 1997
Zen, Muhaimin, Tata Cara Problematika Menghafal Al-Quran dan Petunjuk-petunjuknya, Jakarta: Litera Antar Nusa: 1998
__________, Metode Pengajaran Tahfidz Al-Qur’an di pondok Pesantren, Tsanawiyah, Aliyah dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Percetakan Online:2012
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).