Pendidikan Akhlak Pada Anak Oleh Pengasuh Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah Pontianak

Authors

  • Wahab Wahab Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN Pontianak), Indonesia
  • Dewi Nurhayati Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN Pontianak), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1349

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Anak, Pengasuh

Abstract

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan akhlak pada anak oleh pengasuh Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah Pontianak adalah mengajarkan anak asuh tawakkal kepada Allah, cara mensyukuri nikmat dan karunia Allah, cara memuliakan dan menghormati tamu, cara berinteraksi dengan tetangga, sikap menolong antarsesama, dan cara mengayomi dan memelihara lingkungan. Metode pendidikan akhlak yang digunakan oleh pengasuh Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah Pontianak adalah menggunakan metode nasehat, metode pembiasaan, metode ganjaran apabila berbuat baik, metode ganjaran apabila berbuat kesalahan, metode teladan, metode pergaulan yang baik dan metode tidak langsung melalui televisi. Faktor-faktor yang memperngaruhi pendidikan akhlak pada anak di Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah Pontianak terdiri dari dua faktor baik sebagai pendukung maupun sekaligus penghambat yaitu: 1. Faktor internal sebagai pendukung adalah dari kebiasaan anak asuh dan sebagai penghambat adalah kebiasaan anak asuh. 2. Faktor eksternal sebagai pendukung adalah dari faktor pendidikan dan kawan sebaya dan sebagai penghambat adalah kawan sebaya dan lingkungan pergaulan.

References

Aat Syafaat dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencengah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.

Abudin Nata. 2011. Akhlak Tasawuf. Jakarta. PT. GrafindoPersada

Abuddin Nata. 2001. Pemikiran Para Tokoh pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Abdul Mun’im al-Hasyimi. 2009.Akhlak Rasul Menurut Bukhari Dan Muslim. Jakarta: gema insani

Ahmad Muhammad al-Hufy. 2015. Rujukan Induk Akhlak Rasulullah. Mesir: Pustaka Akhlak.

Abu Muhammad Iqbal. Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Jawa Timur: Jaya Star Nine.

Abu Ahmadi. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Ali Abdul Halim Mahmud. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Amru Khalid. 2005. Menjadi Mukmin Yang Berakhlak. Qisthi Press

Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

Asmaran. 2002. Pengatar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Basri Hasan. 1996. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Blukar

Burhan Bungin. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chabib Thoha. 2002. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang Pustaka Pelajar

Dadang Kahmad. 2000. Metode Penelitian Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Depertemen Agama Republik Indonesia, 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Jumanatul „Ali-Art.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Imron Fauzi. (2012), Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Ibn Miskawaih. 1997. Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung: Mizan

Imam Ghazali. 2010. Kuliah-Kuliah Akhlak (Imam Ghazali). Bandung Sega Arsy.

John W. Santrock. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga

Lexy J. Moleong, (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. PustakaSetia

Mohammad Daud Ali. 2004. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Mohammad E. Hasim. 2004. Kamus Istilah Islam. Bandung: Penerbit Pustaka.

Muhammad Rabbi Muhammad Jauhari. 2006. Keistimewaan Akhlak Islami. Bandung: PUSTAKA SETIA.

Muhammad Sastrapradja. 1978. Kamus Istilah pendidikan dan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Muhammad Solihin dan Rosyid Anwar. 2005. Akhlak Tasawuf Manusia, Etika, dan Makna Hidup. Bandung: Penerbit Nuansa.

Muhammad Hasyim Syamhudi. 2015. Akhlak Tasawuf Dalam Konstruksi Piramida Ilmu Islam. Malang: Madani Media.

Muhammad Muhyidin. 2011. Remaja Puber Di Tengah Arus Hedonis. Bandung: Mujahid Press.

Nasharuddin. 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Nana Sudjana. 1999. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: sinar Baru Algensindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Ahid. 2010. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nur Uhbiyati. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Nogarsyah Moede Gayo. 2004. Kamus Istilah Agama Islam. Jakarta: Progres.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridhahani. 2013. Transformasi Nilai-Nilai Karakter / Akhlak Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Rosihon Anwar. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rosihon Anwar. 2008. Akidah Akhlak. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rosady Ruslan. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Saad Riyadh. 2007. Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah. Jakarta: GemaInsani

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwito.2004. Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Yogyakarta: Blukar.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Solihin dan Rosihon Anwar. 2002. Kamus Tasawuf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahraini Tambak. 2014. 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsu Yusuf. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Totok Jumantoro dan Samsul Munir Amin. 2013. Kamus Ilmu Tasawuf.

Jakarta: AMZAH.

Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta: Kencana

Zahruddin dan Hasanuddin Sinaga. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Zakiyah Daradjat. 1992.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.

Published

10-10-2022

Citation Check