PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP SEJAHTERA 4 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Fauzi Rahman STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.950

Keywords:

peran, guru, pendidikan, agama Islam, akhlak.

Abstract

ABSTRAK

Di zaman majunya teknologi saat ini justru semakin membawa masyarakat Indonesia sedikit demi sedikit mulai melupakan pendidikan, terutama dibidang pendidikan akhlak. padahal, sejatinya pendidikan akhlak adalah salah satu faktor terpenting untuk keberhasilan siswa di dalam melakukan proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: pertama, peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina akhlak siswa Kelas VIII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor yaitu (a) memberikan motivasi; (b) memberikan keteladanan; (c) menasehati siswa; dan (d) mengadakan program islami di luar kelas. Kedua, faktor pendukungnya yaitu (a) kerjasama antara orang tua dan guru; dan (b) faktor lingkungan. Ketiga, faktor penghambatnya yaitu (a) rasa malas; (b) fasilitas sekolah yang belum memadai; (c) kurangnya tenaga pengajar; dan (d) kurangnya pengawasan. Keempat, solusinya yaitu (a) memberikan motivasi kepada siswa; (b) menambah fasilitas sekolah; (c) menambah tenaga pengajar; dan (d) menambah tugas guru dalam mengawasi siswa.

References

Sumber dari Jurnal/Penelitian

Hifdzil A, Suryadarma, dan Yoke. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali At-Ta’dib: Tarbiyah Insan Kamil, 10(2).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maya, R. (2018). Implikasi Relasasi Eksploratif (Alaqah Al-Taskhir) dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis atas Pemikiran Majid Irsan Al-Kilani. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 08(01).

Nevihwa, Maya, R & Yasyakur, M. (2018). Peran Perhimpunan Remaja Masjid At-Taqwa (Permata) dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Masyarakat Kampung Ciampea Ilir Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Sumber dari Al-Qur’an dan Buku

Daradjat, Zakiah. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hawi, Akmal. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil Al-Qur’an. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Moleong, Lexy. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sayid, Abdulbasith Muhammad. (2019). Nabi Sebagai Guru. Sukoharjo: AL-QOWAM.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

How to Cite

Rahman, F., Maya, R., & Ginanjar, M. H. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP SEJAHTERA 4 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 45–53. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.950

Citation Check