PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK (Studi pada Peserta Didik Kelas Utsman di Sekolah Tahfiz Al-Qur’an Ruhama Kota Bogor Tahun 2019/2020)

Authors

  • Winda Liandari Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.888

Keywords:

pola asuh, ruhama, tahfiz, kuantitatf

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an anak. Meskipun orang tua telah mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah yang memiliki program tahfiz seperti Sekolah Tahfiz Al-Qur’an Ruhama. Namun dari pengasuhan orang tua sendiri masih kurang dalam memberikan perhatian dan ketegasan kepada anak, yang menghambat anak belum maksimal untuk menghafal Al-Qur’an.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an anak di Sekolah Tahfiz Al-Qur'an Ruhama Kota Bogor Kelas Utsman usia 6-8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 194 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti berpedoman pada Suharsimi Arikunto. Berdasarkan tata cara pengambilan sampelyang akan diambil adalah 15% x 194 siswa = 29. Dengan demikian peneliti mengambil 29 siswa dari populasi siswa Kelas Utsman Sekolah Tahfiz Al-Qur’an Ruhama Kota Bogor.Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara pola asuh orang tua terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an anak, yaitu rhitung lebih besar dari rtabel (0,408 > 0,367) berarti ada dalam tingkat hubungan sedang bernilai posistif dan koefisien signifikansi sebesar 2,32. Jadi dapat dikatakan “H0†ditolak dan “Ha†diterima yang berarti ada pengaruh.

References

Abdulwaly, C. 40 Alasan Anda Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2017.

Arinal Haq, Hanifah. “Peran Orang Tua terhadap Anak dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an Darussunnah Banaran Sragen.†Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017.

Hikmah, Lailatul. “Pengaruh Intensitas Ibadah Mahzah terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang.†Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2016.

Iqbal Ahmad Gazali, M. Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Qur`an. Indonesia: Islamhouse.com, 2010.

Irawati, Mayu. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Nusantara Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.†Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2018.

Maya, Rahendra. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Konsep Al-Tadabbur.†Al-Taddabur: Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 01, no. 01 (2014): 2.

Mufaro’ah, Titin Sumarni, dan Ika Kurnia Sofiani. “Pengaruh Gawai dalam Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis).†Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2019): 100.

Siswanto, Heru, dan Dewi Lailatul Izza. “Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PAI Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.†Darajat: Jurnal PAI 1, no. 1 (2018): 83.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.

Sulaiman, Kharis, dan Hasridan Maryam. “Studi Perbandingan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Kaisa dan Metode Wafa dalam Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dasar di Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari.†Tadarus:Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 4 (8M).

Taqdir Qodratillah, Meity. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011.

Wahidin, Unang. “Peran Strategis Keluarga Dalam Pendidikan Anak.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (2012): 7.

Downloads

Published

2019-02-20

How to Cite

Liandari, W., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK (Studi pada Peserta Didik Kelas Utsman di Sekolah Tahfiz Al-Qur’an Ruhama Kota Bogor Tahun 2019/2020). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 165–173. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.888

Citation Check