UPAYA GURU PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDI PERKERTI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPIT NURUL FAJAR DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Heru Pramoko Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al HIDAYAH, Indonesia
  • Moch Yasyakur Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al HIDAYAH, Indonesia
  • Wartono Wartono Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al HIDAYAH, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1004

Keywords:

upaya, guru, membaca, Al-Qur’an, siswa.

Abstract

Guru PAI dan Budi Pekerti adalah garda terdepan dalam membina dan mengawal  peserta didiknya, untuk mengkuti ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan sunah. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif lapangan  mengetahui   upaya guru PAI dan Budi Pekerti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Upaya guru antara lain pemberikan motivasi, adanya pelajaran tahsin, pembagi kelompok belajar, dan pemberikan pelajaran tambahan; (2) Faktor pendukung antara lain lingkungan yang baik, semangat guru dalam mengajar, Pemberian hadiah, adanya pengajian tambahan dan akhlak yang baik; (3) Faktor penghambat antara lain rasa malas siswa, kondisi siswa terkadang membuat pembelajaran kurang kondusif, waktu pembelajaran sedikit, dan kurang terbiasa membaca Al-Qur’an di rumah; (4) Solusinya antara lain memotivasi, memberikan nasehat, pengawasan orang tua, dan adanya pengajian tambahan.

References

Sumber dari Jurnal/Karya Ilmiah

Dapartemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Maya, R. (2013). Esensi dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam 03(02).

Nisak Aulia, C., (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Pemulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2).

Rahman Hakim, A., Sarbini, M., Maulida, A. (2019). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Hidayah Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam. 2(1).

Saipul Hamdi, A. dan Bahruddin E. (2014) Metode Penelitian Kualitatif Aplikatif dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

T, Ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

W, Unang. (2012) Budaya gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.

Zen, Muhaimin.(2013) Tahfidz Al-Qur’an Metode Lauhun. Jakarta: Transpusaka.

Temuan

Hasil Wawancara Dengan MS Pada Hari Jum'at 26 Februari 2020 Pada Pukul 09:00 WIB.

Hasil Wawancara Dengan MS Pada Hari Selasa 26 Februari 2020 Pada Pukul 09:00 WIB.

Hasil Wawancara dengan CM hari Selasa 10 Maret 2012 pada Pukul 10:00 WIB.

Hasil Wawancara dengan MS hari Selasa pada 10 Maret pada Pukul 11:00 WIB.

Hasil Wawancara dengan Siswa hari Kamis 20 Februari 2020 pada Pukul 08:00 WIB.

Observasi Penelitian Lingkungan SMPIT Nurul Fajar Dramaga yang Dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2020

Observasi Penelitian Pembelajaran Membaca Al-Quran yang Dilaksanakan. ( 24 Februari 2020 dilingkungan kelas dan masjid SMPIT Nurul Fajar Dramaga Bogor)

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Pramoko, H., Yasyakur, M., & Wartono, W. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDI PERKERTI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPIT NURUL FAJAR DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 82–89. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1004

Citation Check