PERNIKAHAN ADAT JAWA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Authors

  • Eka Yuliana IAIN KUDUS, Indonesia
  • Ashif Az Zafi IAIN KUDUS, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/am.v8i02.745

Abstract

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral bagi kehidupan manusia. Pelaksanaan pernikahan terutama dalam adat jawa berkaitan erat dengan tradisi, namun tradisi atau kebiasaan dalam pernikahan terkadang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip  yang ada dalam agama islam dan bertentangan dengan syariat. Dengan adanya  permasalahan tersebut dapat mengetahui pernikahan menurut adat jawa dan pandangan islam terhadap pernikahan adat jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulannya menggunakan metode dokumentasi. Peneliti juga menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan gejala dan fenomena yang sedang terjadi. Ketika masyarakat menggelar pernikahan adat jawa bermaksud untuk melestarikan budaya leluhur tetapi terkadang mengesampingkan sudut pandang dari hukum islam, agama islam sendiri memperbolehkan suatu budaya untuk berkembang asalkan tidak melenceng dari hukum islam yang ada dan apabila tradisi yang dilaksanakan masyarakat melenceng dari hukum islam seharusnya tidak dilaksanakan karena termasuk perbuatan syirik.

References

DAFTAR PUSTAKA

SHOVA, Momo.The Wedding Ceremony as an Expression of Modern Identify-A Case Study of Cental Java.

Sukarno ..(2008).The Study on International Meaning in Javanese Wedding Pranatacara Genre.

Hidayati. Local Wisdom of Kembang Mayang In Wedding Tradition of Jawa Ethnic.

Wulansari, Dewi. (2010). Hukum Adat Indonesia Suatu Pengantar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wulansari, Dewi. (2010). Hukum Adat Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hardikusuma, Hilman. (1990). Pengantar Ilmu Hukum Adat Indonesia. Mandar

Muhammad, Bushar. (1997). Asas-asas Hukum Adat suatu pengantar. Jakarta: Pradnya Paramita. Soerojo Wignjodipoera, Pengantar dan Asas-Asas Hukum Adat, (Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 1995)

Artati, Agoes, Kiat Sukses Menyelenggarakan Pesta Perkawinan Adat Jawa(Gaya Surakarta dan Yogyakarta), (Jakarta: Grammedia Pustaka Utama, 2001)

Rifqi,Ahmad. Simbolisme Pernikahan Adat Jawa, https://kejawenpringgitan.suaramerdeka.com, Dikutip pada tanggal 14 Maret 2020

Soerojo,Wignjodipoera.Pengantar dan Asas-Asas Hukum Adat, (Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 1995

Mulya Sari,Titin.dkk. Perkawinan Adat Jawa Perspektif Hukum Islam. DalamJurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, vol:5/No:10 2017.

Published

2020-11-18

How to Cite

Yuliana, E., & Zafi, A. A. (2020). PERNIKAHAN ADAT JAWA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 8(02), 315–326. https://doi.org/10.30868/am.v8i02.745

Citation Check