AKULTURASI NILAI-NILAI ISLAM DI MINANGKABAU DALAM PERSPEKTIF SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/am.v13i02.7139Keywords:
Acculturation, Islam, Minangkabau, Historical PerspectiveAbstract
Indonesia merupakan negara berbhinneka, beragam agama, suku, adat dan budaya, bahasa. Setiap daerah mempunyai ciri khas budaya dan bahasa yang berbeda satu sama lain. Keberagaman itulah yang membuat Indonesia menjadi indah, bukan sebaliknya membuat kita menjadi terpecah. Setiap suku dan adat mempunyai sejarah ciri khas tersendiri. Minangkabau yang merupakan salah satu suku bangsa mempunyai budaya dan bahasa yang berbeda dari daerah lainnya. Minangkabau dikenal sebagai salah satu suku bangsa yang kental dengan keIslamannya. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai Islam mempengaruhi adat di Minangkabau ditinjau dari perspektif sejarah. Hal ini penting supaya tidak ada kesalahpahaman dalam mengenal Islam dan adat Minangkabau. Metode pencarian data yang digunakan adalah studi kepustakaan serta diuraikan dengan cara deskriptif analitis. Inti dari gagasan penelitian ini adalah jangan sampai ada yang gagal paham dalam memahami sejarah.
References
Al-Brasvi, Muhammad Athivah. Ruhut Tarbiyah Wa Al-Ta’lim. Saudi Arabia: Darul Ahwa, n.d.
Al-Nahlawi, Abdurrahman. Ushulut Tarbiyah Al-Isam Wa Asalibuha. Beirut: Dar al-Fikr, 1979.
Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII Dan Abad XVIII Melacak Akar Pembaharuan Pemikiran Islam Di Indonesia. Edited by Mizan. Bandung, 1994.
Coser, Louis. Functions of Social Conflict, 1956.
Daulav, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indinesia. Jakarta: Kencana, 2009.
Elposito, John. Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, Jilid III,. Bandung: Mizan, 2001.
Faturrahman, Oman. Tarekat Syatariyyah Di Minangkabau. Jakarta: PPIM UIN, 2008.
Handrihadi. “Sejarah Perkembngan Pendidikan Islam Di Nusantara (Suatu Kajian Terhadap Tokoh Dan Lembaganya).” Al-Urwatul: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (2023).
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam: Lintas Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Hati, P.C. “Dakwah Pada Masyarakat Minangkabau (Studi Kasus Pada Kaum Padri).” Islamic Communication Journal 3, no. 1 (2018).
Kartodirjo, Sartono. Pemberontakan Petani Banten 1888. Jakarta: Ombak, 1956.
Khairani, M. “Tinjauan Yuridis Kejahatan Perang Menurut Hukum Internasional.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 1, no. 12 (2021).
Lenggulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.
Madjoindo, Batuah dan. Tambo Minangkabau. Jakarta: Balai Pustaka, 1956.
Merry, Kurnia. “Eksistensi Bengkulu Dari Masa Kolonial Hinggan Kemerdekaan.” Analisis Sejarah 7, no. 1 (2018).
Mustofa, Abdullah Alv. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Untuk Fakultas Tarbiyah. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999.
Nafis, A.A. Alam Terkembang Jadi Guru : Ada Dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Pemprint, 1984.
Nizar, Samsul. Lembaga Pendidikan Nusantara Melacak Akar Pertumbuhan Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Di Minangkabau Sampai Kebangkitan Perang Paderi, Dalam Abudin Nata, Sejarah Pertumbuhan Perkembanagan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.
Parpatiah, Yus Dt. Mau Kemana Minangkabau. Jakarta: Citra Harta Prima, 2023.
Putra, Yerri S. Minangkabau Di Persimpangan Generasi. Padang: Pusat Studi Humaniora dan Fakultas Sastra Universitas Andalas, 2007.
Samad, Duski. Konstitusi Tarekat Di Minangkabau. Padang: TMF Press, 2006.
Shihab, Alwi. The Muhammadiyah Movment and It’s Controversy with Cristian Missin in Indonesia, Ihsan Ali-Fauzy (Penerjemah), Membendung Arus: Respon Gerakan Muhammadiyah Terhadap Gerakan Penetrasi Kristen Di Indonesia Cet.I. Bandung: Mizan, 1998.
Sir Thomas Arnold Yang Juga Mengutip Dari W.P. Groeneveldt, Notes on the Malay Archipelago and Malacca. dikumpulkan Sumber dari Cina, 1880.
Siti Aisyah Abbas, Nur Rahma Asnawi. “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Di Sumatera (Studi Kajian Terhadap Tokoh Dan Lembaganya).” Adh-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6, no. 1 (2020): 1–15.
Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah. Jakarta: LP3ES, 1986.
Sunanto, Musrifah. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Yunus, Mahmud. Sejatah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1992.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Indra Mahyuzi, Beni Firdaus, Endriyenti Endriyenti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.



