EPISTEMOLOGI HUKUM ISLAM DALAM HUKUM POSITIF DI INDONESIA

Authors

  • Tanuri Tanuri Institut Pembina Rohani Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/am.v12i01.5611

Abstract

Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, namun juga memiliki keragaman agama yang signifikan. Selain Islam, terdapat juga komunitas Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, dan agama-agama minoritas lainnya. Prinsip dasar yang mendasari pluralisme agama di Indonesia tercantum dalam Pancasila, yaitu dasar negara Indonesia.  Sementara dalam epistemologi hukum Islam, terdapat beberapa prinsip penting yang menjadi landasan bagi pemahaman dan penafsiran hukum Islam. Beberapa prinsip tersebut yaitu : Al-Qur'an dan Hadis.  Selain prinsip-prinsip di atas, epistemologi hukum Islam juga mencakup penelitian dan penggunaan berbagai metode seperti ushul fiqh yaitu metode penggalian hukum dari sumber-sumber utama Islam), ijtihad adalah penalaran hukum oleh cendekiawan Islam, dan istinbat yaitu penarikan kesimpulan hukum dari prinsip-prinsip umum. Penting untuk dicatat bahwa epistemologi hukum Islam terus berkembang seiring waktu dengan kontribusi ulama dan cendekiawan Islam dalam memperkaya pemahaman dan metode pemahaman hukum Islam

Author Biography

Tanuri Tanuri, Institut Pembina Rohani Islam Jakarta

Hukum Islam

References

Adya Winata, Koko, I Solihin, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. “Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual.†Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3, 2020. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index.

Asmara, Musda, and Reti Andira. “Urgensi Talak Di Depan Sidang Pengadilan Perspektif Maslahah Mursalah.†Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (2018): 207. https://doi.org/10.29240/jhi.v3i2.626.

Choiri, Moh Miftachul. “Quo Vadis Pendidikan Multikultural Dalam Era Global Di Pesantren.†Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 9, no. 2 (2011): 192–204. http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/875.

Gumanti, Retna. “Maqasid Al-Syariah Menurut Jasser Auda (Pendekatan Sistem Dalam Hukum Islam).†Jurnal Al-Himayah 2, no. 1 (2018): 1–2. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah/article/view/582.

Hanafi, Sari. “Islamization of Knowledge and Its Grounding: Appraisal and Alternative.†Vol. 1, 2022.

Hanik, Umi. “Pluralisme Agama Di Indonesia.†Jurnal Pemikiran Keislaman 25, no. 1 (2014): 44–63. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i1.154.

Harfin Zuhdi, Muhammad. “RADIKALISME AGAMA DAN UPAYA DERADIKALISASI PEMAHAMAN KEAGAMAAN.†Akademika 2, no. 1 (2017): 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph.

Harlina, Yuni. “Tinjauan Usia Perkawinan Menurut Hukum Islam (Studi Uu No. 16 Tahun 2019 Perubahan Atas Uu No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan).†Hukum Islam 20, no. 2 (2020): 219–38.

Islam, Jurnal Hukum. “Memahami Dialektika Antara Perilaku Agama Dan Politik†6, no. 2 (2021): 295–312.

Kedudukan, Meninjau, Pelaku Riddah, Dan Hukuman, Mati Meninjau, Kedudukan Pelaku, Riddah Dan, Hukuman Mati, et al. “MENINJAU KEDUDUKAN PELAKU RIDDAH DAN HUKUMAN MATI BAGI PELAKU RIDDAH BERDASARKAN HUKUM ISLAM DAN HAK ASASI MANUSIA DALAM SUDUT PANDANG ISLAM.†Journal of Islamic Law Studies. Vol. 4, 2021. https://scholarhub.ui.ac.id/jilsAvailableat:https://scholarhub.ui.ac.id/jils/vol4/iss1/7.

Koem, Fadliyanto, and Ajub Ishak. “Kontestasi Dalam Pembaharuan Hukum Islam : Telaah Kritis Polemik Penggunaan Akal Dan Wahyu.†Al Himayah 6, no. 2 (2022): 29–43.

Latif Fauzi, Muhammad. “Konsep Negara Dalam Perspektif Piagam Madinah Dan Piagam Jakarta.†Al-Mawarid 13, no. 0 (2005): 85–101.

Miswanto, MA, Agus. USHUL FIQH Jilid 2: METODE. Ushul Fiqh: Metode Ijtihad Hukum Islam, 2019.

Muhammadun. “KONSEP IJTIHAD WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN RELEVANSINYA BAGI PEMBARUAN HUKUM KELUARGA DI INDONESIA.†Jurnal Ilmiah Indonesia 4, no. 2 (2019): 1–13.

Mutakin, Ali. “Teori Maqashid Al Syari’Ah Dan Hubungannya Dengan Metode Istinbath Hukum.†Kanun, Jurnal Ilmu Hukum 19, no. 3 (2017): 547–70.

Pali, Cicilia, Bagian Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sam, and Ratulangi Manado. “Gambaran Kebahagiaan Pada Lansia Yang Memilih Tinggal Di Panti Werdha.†Jurnal E-Biomedik (EBm). Vol. 4, 2016.

Ridwan, Hambali Thal;ib, and Hamza Baharuddin. “Sistem Perwalian Dalam Perspektif Hukum Perdata Islam Dengan Hukum Perdata Sipil.†Journal of Lex Theory 1, no. 2 (2020): 116–28.

Rohman, Fathur. “Eksistensi Pluralisme Di Indonesia: Menyikapi Pro Kontra Pluralisme Dalam Agama.†Modeling 9 (2022): 248–59.

Published

2024-06-26

How to Cite

Tanuri, T. (2024). EPISTEMOLOGI HUKUM ISLAM DALAM HUKUM POSITIF DI INDONESIA. Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 12(01). https://doi.org/10.30868/am.v12i01.5611

Citation Check