GAYA BAHASA, DIKSI, DAN IMAJINASI: ANALISIS METAFORIS TERHADAP TAFSIR JUZ AMMA ANAK KARYA RONI NUGRAHA

Authors

  • Hendi Rustandi Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v9i02.7651

Keywords:

Gaya Bahasa, Diksi, Imajinasi, Tafsir, Juz ‘Amma

Abstract

Artikel ini mengkaji gaya bahasa, diksi dan imajinasi: Analisis Metaforis Terhadap Tafsir juz ‘amma Anak Karya Roni Nugraha. Berbeda dengan tafsir anak pada umumnya yang cenderung kuat dalam visualisasi, tafsir anak karya Roni Nugraha lebih mengedepankan aspek gaya bahasa, imajinasi dan diksi. Hasil kajian menunjukkan bahwa tafsir Juz ‘amma untuk anak cenderung dominan menggunakan gaya bahasa perumpanaan dibanding metafora. Di samping itu, tafsir juz ‘amma untuk anak, walau pun berelasi dengan dunia tafsir yang dianggap ilmiah dan serius, namun karena diberikan keterangan untuk anak, maka dalam tafsir tersebut banyak ditemukan diksi humor dengan harapan pembaca tidak cepat jenuh. Di samping diksi humor dan didaktik, diksi kritik sering digunakan Roni untuk mengkritik sikap intoleran, gaya hidup, tidak disiplin dan menyia-nyiakan waktu. Sementara imajinasi dalam tafsir juz ‘amma dimunculkan dalam upaya untuk menumbuhkan kesadaran pada kasih sayang Tuhan, kuasa dan keesaan Tuhan, untuk menumbuhkan sifat empati, dan untuk menumbuhkan rasa takut


Translated with DeepL.com (free version)

References

Atoh, Nazri Bin, and Zubir Bin Idris. 2013. “Simile Sebagai Kesantunan Berbahasa Dalam Syair Siti Zubaidah: Simile as a Language Modesty in Syair Siti Zubaidah.” PENDETA 4: 78–95.

Burhanudin, Jajat. 2022. “The Popularizing of Sunni Doctrine in Southeast Asia: Sifat Dua Puluh in Malay Kitab Jawi in the 19th Century.” Afkar: Jurnal Akidah & Pemikiran Islam 24 (2): 275–312.

Hadani, Hikmi. 2023. “Studi Komparatif Tafsir Juz ’amma For Kids Karya Abdul Mustaqim Dan Juz ’Amma Untuk Anak Karya Roni Nugraha.” STAI Al-Hidayah Tasikmalaya.

Hajar, Pamadhi. 2012. “Pendidikan Seni: Kansep, Habitus, Dan Kurikulum Pendidikan Seni Di Sekolah.” Yogyakarta: UNY Press.

Ikhlas, Nur, and Martunus Rahim. 2021. “Arus Panteisme Jabariyah Dalam Masa Pandemi COVID-19.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 2 (1): 64–78.

Indiarti, Wiwin. 2017. “Nilai-Nilai Pembentuk Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol.” Jentera: Jurnal Kajian Sastra 6 (1): 26–41.

Intizham, Kemas Muhammad, and Adang Saputra. 2020. “Kemukjizatan Al-Qur’an Perspektif Muhammad Abdullah Darrāz.” Suhuf 13 (2): 229–46.

Karim, Bisyri Abdul, and M Hasibuddin M Hasibuddin. 2021. “Revolusi Mental Melalui Pendidikan Islam Berbasis Metode Tazkiyatun Nafs.” Education and Learning Journal 2 (1): 10–18.

Lestari, Laila Tri, and Sari Ani. 2022. “Gaya Bahasa Simile Dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra.” HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora 14 (2): 37–48.

Mahirah, B. 2018. “Prinsip Dasar Islam Tentang Manusia.” Inspiratif Pendidikan 7 (2): 421–36.

Maulida, Nela Julia, Siti Rohana Hariana Intiana, and Muh Khairussibyan. 2022. “Analisis Gaya Bahasa Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 (4): 2261–69.

Miskahuddin, Miskahuddin. 2019. “Kematian Dalam Perspektif Psikologi Qur’ani.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif 16 (1): 80–91.

Mitang, Marius Peng. 2020. “Wacana Humor Kritik Sosial Dalam Stand up Comedy Indonesia Season 4 Di Kompas TV: Tinjauan Pragmatik.” Sintesis 14 (1): 78–93.

Muhammad, Afifi. 2003. Tafsir Quran Untuk Anak-Anak. Bandung: Mizan.

Munir, Saiful. 2013. “Diksi Dan Majas Dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno WS: Kajian Stilistika.” Jurnal Sastra Indonesia 2 (1).

Murdowo, Susapto. 2007. “Imajinasi Sebagai Roh Kreatif Intelek Dalam Proses Kreasi Penciptaan Karya Seni.” Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni 5 (2).

Nazar, Muhammad, Mardjoko Iris, and Sindy Febrianisa. 2023. “Penggunaan Metafora Dalam Tarjuman Al-Ashwaq Karya Ibnu €˜ Arabi (Tinjauan Semantik).” Tafhim Al-’Ilmi 15 (01): 113–26.

Noviyanti, Saskia, Siti Ansoriyah, and Shafruddin Tajuddin. 2023. “Peran Gaya Bahasa Dalam Membangun Wacana Pada Novel Rasa Karya Tere Liye: Kajian Stilistika.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 9 (2): 1226–44.

Nugraha, Roni. 2016a. Ngungudag Guratan Takdir. Bandung: PAZ Publishing.

———. 2016b. Santri Badeur. Bandung: PAZ Publishing.

———. 2018. Bertasbih Bersama Alam. Bandung: PAZ Publishing.

———. 2023. Tafsir Juz ’Amma Untuk Anak. 3rd ed. Bandung: FAZ Publishing.

———. 2024. “Bias Islam Modernis Dalam Pendidikan Akhlak: Studi Terhadap Naskah Pendidikan Budi Pekerti KHE Abdurrahman.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4 (6): 993–1012.

Nugraha, Roni, Arief Hidayat, Ella Kamilawatie, Ihsan Kamil, and Iwan Ridwan Nurhakim. 2024. “Relasi’Abid-Ma’bud Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Budi Pekerti.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 5 (3): 561–70.

Nur, Sri Wahyuni, Alimuddin Alimuddin, Nadhirah Nagu, and Afdal Madein. 2024. “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dan Akuntansi Cinta Terhadap Kinerja Manajerial.” POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 6 (1): 37–52.

Nuralim. 2021. “Segmentasi Tafsir Anak: Studi Komparatif Antara Tafsir Li Al-Athfal Sa’ad Riyad Dengan Tafsir Juz ’amma Untuk Anak Karya Roni Nugraha.” STAI Persis Bandung.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Sri, Muliana Muliana, Nanda Zuliana, Rita Silpina, Syah Rani Pane, Yoga Satria, and Zikry Jawilovia. 2024. “Gaya Bahasa Simile Dalam Kumpulan Puisi Balada Orang-Orang Senja Karya Sobirin Zaini.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 (3): 1519–29.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyad, Sa’ad. 2010. Tafsir Qur’an Lil-Athfal. Mesir: Dar Ibnul Jauzi.

Rizki, Deta Utami, and Julius Julius. 2024. “Efforts of the Tahfidz Extracurricular Program in Enhancing the Quran Reading Skills of Students.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (3): 6486–94.

Rusmana, Dadan, and Fajar Hamdani Akbar. 2021. “Dari Literasi Hingga Ideologi: Kajian Tafsir Al-Quran Para Aktivis Ormas Persatuan Islam.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6 (2).

Saifunnuha, Mukhamad, and Hamka Hasan. 2022. “Ragam Tafsir Di Indonesia:(Analisis Metodologis Tafsir Juz ‘Amma for Kids Karya Muhammad Muslih Dan Tafsir Da’Awi Karya Atabik Luthfi).” SUHUF 15 (1): 83–105.

Suryanto, Eko, W Wiyono, and Agus Setiyono. 2017. “Pembentkan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Melalui Kegiatan Hizbul Wathan (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 2 Sukoharjo).” HISTORIKA 20 (1).

Thalib, Muh Dahlan. 2015. “Takdir Dan Sunnatullah (Suatu Kajian Tafsir Maudhu’i).” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 13 (1): 28–38.

Wahyuni, Dessy. 2016. “Kreativitas Berbahasa Dalam Sastra Anak Indonesia.” Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra 7 (2): 127–46.

Zahro, Nafiatuz. 2015. “Tafsir Visual Kajian Resepsi Atas Tafsir Dan Ilustrasi Dalam Tafsir Juz ‘Amma for Kids.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 16 (1): 123–41.

Yusra, Oktarina, "Berpikir Positif Pada Hadits Ana 'inda Zhanni 'Abdi bi dalam Perspektif Gramatika dan Balaghah," Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5, no. 1 (2022): 157-180.

Yusron, Isman Rahmani, "Otak Emosi dan Otak Sosial: Fondasi Perspektif Neurosains dalam Perkembangan Sosial dan Emosi," Academia.edu, (2018): 1-8.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Rustandi, H. (2024). GAYA BAHASA, DIKSI, DAN IMAJINASI: ANALISIS METAFORIS TERHADAP TAFSIR JUZ AMMA ANAK KARYA RONI NUGRAHA. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 9(02), 273–294. https://doi.org/10.30868/at.v9i02.7651

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.