ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN PELAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA PADA PRIMKOPPOL MAPOLDA JABAR
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.781Abstract
Adanya sistem pengendalian manajemen dianggap penting dalam sebuah organisasi, karena dengan adanya pengendalian manajemen mampu meminimalisir beberapa masalah yang kemungkinan besar terjadi. Sebuah sistem pengendalian manajemen yang baik seharusnya dapat membantu dalam proses pembuatan keputusan dan memotivasi setiap individu dalam sebuah organisasi agar melakukan keseluruhan konsep yang telah ditentukan. Sistem pengendalian manajemen dapat diterapkan dimana saja, termasuk didalam sebuah koperasi. Koperasi di Indonesia bisa dikatakan mengalami perkembangan yang biasa saja, yang disebabkan beberapa hal. Salah satunya ada kurangnya penerapan sistem pengendalian manajemen didalamnya. Keberadaan koperasi di Indonesia memiliki peran penting bagi setiap lembaga dan anggota yang menjalankannya, salah satunya untuk membangun perekonomian sehingga keberhasilan pengelolaan koperasi menjadi hal yang sangat penting. Oleh karenanya dibutuhkan sistem pengendalian manajemen, kualiatas pelayanan koperasi, dan tingkat kepuasan anggota koperasi.
Kata kunci: Sistem pengendalian manajemen, koperasi, pelayanan koperasi, kepuasan koperasi.
References
Apriyani, Dwi Aliyysh.â€Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.â€Jurnal Administrasi Bisnis, 2017.
Chandra, Riny.â€Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Indojaya Agri Nusa.â€Jurnal Samudera Ekonomi dan Bisnis, 2017.
dkk, Sari Sanubari.â€Pegaruh Kualitas Pelayanan Kaaryawan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Abdi Praja IPDN.â€Jurnal Ekjonomi dan Kewirausahaan,t.thn.
Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.
Sumber dari Internet
Unkown.Gudang ilmu.Maret 20165. Pengertian Kepuasan Pelanggan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi nya Menurut Para ahli (diakses Februari, senin 2020)
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).