ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN PELAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA PADA PRIMKOPPOL MAPOLDA JABAR

Authors

  • Ayu Edelyn Putri Cantika Institut Manajemen Koperasi Indonesia
  • Adrin Nuradha Diana Institute Manajemen Koperasi Indonesia, Indonesia
  • Ira Novia Sibarani Institute Manajemen Koperasi Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.781

Abstract

Adanya sistem pengendalian manajemen dianggap penting dalam sebuah organisasi, karena dengan adanya pengendalian manajemen mampu meminimalisir beberapa masalah yang kemungkinan besar terjadi. Sebuah sistem pengendalian manajemen yang baik seharusnya dapat membantu dalam proses pembuatan keputusan dan memotivasi setiap individu dalam sebuah organisasi agar melakukan keseluruhan konsep yang telah ditentukan. Sistem pengendalian manajemen dapat diterapkan dimana saja, termasuk didalam sebuah koperasi. Koperasi di Indonesia bisa dikatakan mengalami perkembangan yang biasa saja, yang disebabkan beberapa hal. Salah satunya ada kurangnya penerapan sistem pengendalian manajemen didalamnya. Keberadaan koperasi di Indonesia memiliki peran penting bagi setiap lembaga dan anggota yang menjalankannya, salah satunya untuk membangun perekonomian sehingga keberhasilan pengelolaan koperasi menjadi hal yang sangat penting. Oleh karenanya dibutuhkan sistem pengendalian manajemen, kualiatas pelayanan koperasi, dan tingkat kepuasan anggota koperasi.
Kata kunci: Sistem pengendalian manajemen, koperasi, pelayanan koperasi, kepuasan koperasi.

Author Biography

Ayu Edelyn Putri Cantika, Institut Manajemen Koperasi Indonesia

Anggota:

1. Ayu Edelyn Putri Cantika

2. Adrin Nuradha Diana

3. Ira Novia Sibarani

References

Apriyani, Dwi Aliyysh.â€Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.â€Jurnal Administrasi Bisnis, 2017.

Chandra, Riny.â€Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Indojaya Agri Nusa.â€Jurnal Samudera Ekonomi dan Bisnis, 2017.

dkk, Sari Sanubari.â€Pegaruh Kualitas Pelayanan Kaaryawan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Abdi Praja IPDN.â€Jurnal Ekjonomi dan Kewirausahaan,t.thn.

Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.

Sumber dari Internet

Unkown.Gudang ilmu.Maret 20165. Pengertian Kepuasan Pelanggan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi nya Menurut Para ahli (diakses Februari, senin 2020)

Published

2020-10-19

How to Cite

Cantika, A. E. P., Diana, A. N., & Sibarani, I. N. (2020). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN PELAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA PADA PRIMKOPPOL MAPOLDA JABAR. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 288–312. https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.781

Citation Check