ANALISIS PROYEKSI PENINGKATAN KONSUMSI PRODUK HALAL DI BERBAGAI SEKTOR EKONOMI INDONESIA HINGGA TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6495Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proyeksi peningkatan konsumsi produk halal di Indonesia hingga tahun 2025 menggunakan metode studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, diperkirakan konsumsi produk halal akan meningkat secara signifikan mencapai total US$282 miliar, menandai peningkatan sebesar 53% dari nilai konsumsi pada tahun 2020. Sektor makanan dan minuman menjadi kontributor terbesar dalam pertumbuhan ini, dengan proyeksi meningkat dari US$135 miliar pada tahun 2020 menjadi US$204 miliar pada tahun 2025. Selain itu, sektor media dan rekreasi juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Meskipun sektor pariwisata mengalami dampak negatif akibat pandemi, diharapkan sektor ini akan pulih seiring dengan pemulihan industri pariwisata pasca-pandemi. Langkah BPJPH Kemenag dalam menetapkan label halal nasional telah memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan industri halal di Indonesia, mencerminkan ketahanan pasar produk halal di tengah dinamika ekonomi global dan nasional. Pertumbuhan konsumsi produk halal di Indonesia tidak hanya memperkuat ekonomi domestik tetapi juga meningkatkan investasi dan peluang ekspor bagi negara, menunjukkan bahwa industri halal di Indonesia memiliki prospek yang cerah dan berpotensi untuk terus berkembang di masa mendatang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sofwan Jauhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).