STRATEGI PROMOSI PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA MELALUI SISTEM DIGITALISASI (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG TAJUR)

Authors

  • Feby Rizki Perdana Universitas Ibn Khaldun Bogor Indonesia , Indonesia
  • Qurroh Ayuniyyah Universitas Ibn Khaldun Bogor Indonesia , Indonesia
  • Ibdalsyah Universitas Ibn Khaldun Bogor Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6464

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara dengan populasi pengguna internet yang sangat potensial jika ingin mempromosikan suatu produk barang atau jasa dengan internet. Bank Syariah Indonesia merupakan bank syariah yang meskipun merupakan gabungan dari tiga bank syariah milik pemerintah yang sudah lama beroperasi, namun masyarakat perlu diinformasikan kembali mengenai produk jasa dan pembiayaannya, termasuk di dalamnya pembiayaan kepemilikan rumah atau pembiayaan griya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis, mengetahui, serta mengkaji strategi promosi produk pembiayaan griya melalui sistem digitalisasi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tajur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk dapat mengembangkan aktivitas promosi agar tetap dapat berjalan dengan efektif harus melakukan beberapa tahapan di antaranya mengidentifikasi target pasar, menentukan tujuan promosi, menetapkan anggaran, dan membuat rencana program. Rencana program dilaksanakan dengan cara mengidentifikasi masalah, merencanakan program (penciptaan konten dan penentuan platform), implementasi program (menciptakan awareness, pola update, dan interaksi dengan follower), mengembangkan relasi, monitoring, dan evaluasi. Selama proses penyusunan hingga pengembangan produk pembiayaan yang ditawarkan bank syariah, karyawan diminta untuk terus berinovasi menyesuaikan perkembangan teknologi terutama media untuk berkomunikasi yang sedang digunakan masyarakat. Selain itu dengan mengikuti perkembangan teknologi, layanan informasi yang diberikan pada nasabah dengan mudah, cepat dan efisien untuk menerima dan mencari informasi yang dibutuhkan.

Published

2024-04-22

How to Cite

Perdana, F. R., Ayuniyyah, Q., & Ibdalsyah. (2024). STRATEGI PROMOSI PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA MELALUI SISTEM DIGITALISASI (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG TAJUR) . Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(01). https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6464

Citation Check